• Wishlist

Perbaiki Image, Volkswagen akan Ganti Logo

Perbaiki Image, Volkswagen akan Ganti Logo

Upaya ini ditempuh untuk melupakan masa kelam skandal dieselgate dan menyongsong era elektrifikasi. Rencananya, logo Volkswagen baru diperkenalkan tahun depan, mengganti logo lama yang terakhir diupdate pada 2012. Seperti diberitakan Bloomberg, pengenalan logo baru bertepatan dengan peluncuran beberapa model mobil listrik.


Volkswagen akan Ganti Logo


Menurut Jochen Sengpiehl, Chief Marketing Officer VW, “terlalu Jerman” dan kurang pendekatan emosional kepada para konsumen. Ia ingin logo baru bisa bekerja layaknya monitor smartphone." Merek Volkswagen sedang tidak dalam bentuk terbaik dibandingkan tahun lalu, bukan hanya karena skandal diesel”, ujarnya.


VW juga lebih fokus pada penggunaan platform digital dan media sosial untuk kegiatan pemasaran mereka. Terutama dalam memberi edukasi serta pemikiran skeptis konsumen untuk beralih ke kendaraan bertenaga baterai. Terlebih, pengaruh dieselgate sangatlah besar yang berdampak merosotnya kepercayaan konsumen terhadap produk-produk VW. Dengan mengubah logo, menjadi strategi branding baru untuk menyegarkan citra mereka yang sedang anjlok.


Tak mudah mengubah desain logo yang selama ini terpasang, sejak pabrikan ini berdiri pasca-Perang Dunia II. Logo berupa garis bersinggungan membentuk huruf “V” di atas dan “W” di bawah sudah begitu melekat dan mudah dikenali. Perubahan terakhir 6 tahun lalu, hanya mengganti efek tiga dimensi, tapi tampak seluruhnya masih sama saja. Melihat sejarahnya, desain seperti ini sudah dipakai sejak 1939. Tentunya harus dipikir matang bila ingin merombak secara signifikan.


“Tantangan terbesarnya, bagaimana bisa membuat orang-orang masuk ke dunia elektrik,” kata Sengpiehl. “Kami ingin orang bersenang-senang. Kami butuh lebih berwarna.”


Perencanaan sudah berjalan lama. Ada beberapa mobil listrik yang diperkenalkan. VW punya beberapa mobil konsep Battery Electric Vehicle (BEV), yang tiga di antaranya dipajang dalam satu panggung di Los Angeles Auto Show lalu. Pertama sebuah hatchback seukuran Golf bernama I.D; sebuah minivan yang mengingatkan VW Combi bernama I.D. Bruzz, dan I.D. Crozz, sebuah crossover. Lalu ada konsep berujud sedan, VW I.D. Vizzion yang dijadwalkan meluncur di 2020. Jika semua sesuai rencana, ada 15 model BEV yang dijual VW pada 2025. (Odi/Van)


Sumber: Bloomberg


Baca Juga: Model Terbaru Volkswagen Siap Meluncur di IIMS 2018

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store