• Wishlist

Suzuki Baleno Facelift, Apa Saja Yang Berubah?

Suzuki Baleno Facelift, Apa Saja Yang Berubah?

Akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales resmi menyingkap selubung New Baleno. Persis seperti dugaan kami, ia mengenakan identitas RS. Daftar ubahan tidak banyak, hanya sedikit melengkapi dari model sebelumnya. Meski begitu, revisi eksterior membuat paras Baleno kian menggoda. Berikut dampak operasi plastik yang dijalani.



Eksterior


Suzuki menerjemahkan kata facelift secara harfiah lantaran efek hanya terpancar di muka. Jangan khawatir, update eksterior justru menambah rasa. Lihat saja dominasi ornamen hitam di bumper, sedikit mengingatkan pada Civic Turbo Type-R. Seluruh bagian hitam pada wajah dicetak berpatron sarang lebah. Ini menyuguhkan imaji kanal udara besar nan sporty, walau mayoritas bertugas sebagai elemen dekoratif. Dengan rancangan anyar, profil terlihat lebih proporsional.


Pendar cahaya terang dari proyektor LED, melengkapi ubahan grille hitam melebar. Di dalamnya terisi fungsi headlamp leveling serta DRL. Kala melongok bagian samping, ditemukan sepatu polished alloy 16 inci dengan dalaman hitam. Pelek dibalut ban 195/55 R16. Sisanya identik soal guratan tubuh.


Revisi eksterior ini tidak mengubah dimensi Baleno sedikitpun. Catatan di atas kertas masih berukuran 3.995 mm x 1.745 mm x 1.510 mm (P x L x T) dengan jarak antarsumbu 2.520 mm.



Granite Gray Metallic tidak lagi ditawarkan, namun disediakan pilihan kelir abu Metallic Magma Gray. Maka dari itu, total opsi warna tetap ada enam : Solid Fire Red, Metallic Magma Gray, Metallic Premium Silver, Pearl Arctic White, Prime Stargaze Blue, Pearl Midnight Black.


Interior dan Fitur


Corak kabin mendapat penyegaran untuk mengurangi efek monoton. Material fabric biru gelap mendominasi door trim dan jok bercampur kain hitam. Aksen abu sukses mempertahankan kesan elegan. Selain dari itu, ialah Baleno yang kita kenal. Sanggup mengakomodir lima penumpang dengan fleksibilitas pelipatan bangku belakang 60:40 demi keleluasaan penyimpanan barang.


Juga berlaku pada dasbor, komposisi dan fitur tidak ada yang berubah. Anda bisa menemukan head unit touchscreen 6,8 inci belum disematkan SmartPlay Studio. Kendati begitu, fitur konektivitas tersedia melalui Bluetooth. Kontrol sarana hiburan ini dapat dilakukan melalui lingkar kemudi, begitu pula untuk fungsi telepon. Tepat di bawah layar infotainment ditemukan panel AC otomatis berikut monitor digital.



Kenyamanan kabin ditunjang oleh fitur keyless entry dan start/stop engine. Pengemudi tak perlu repot berinteraksi dengan fisik kunci mulai dari masuk kabin sampai bisa berjalan. Setir dapat diatur kemiringan dan jangkauan (tilt & telescopic) guna mendapat posisi mengemudi ideal. Bantuan bagi pengemudi disediakan berupa sensor parkir empat titik di belakang.


Urusan keselamatan tidak ada penambahan. Tergolong wajar bagi mobil perkotaan Rp 200 jutaan. ABS + EBD membantu perlindungan kala melakukan manuver darurat. Jika kecelakaan tak dapat dihindari, Dual SRS Airbag siap meredam dampak benturan pengemudi dan penumpang depan. Bila memiliki buah hati, kursi bayi bisa paten terjangkar di ISOFIX. Sayang tidak ditambah kendali traksi maupun stabilitas.


Mesin dan Varian


Sektor dapur pacu mengandalkan unit 1.400 cc dari Ertiga lama berkode K14B. Jantung empat silinder ini sanggup gelontorkan tenaga sebesar 92,4 ps dengan momen puntir 130 Nm. Angka keluaran tenaga tidak begitu fantastis, namun perlu diingat bobot baleno tak sampai 1 ton. Tergolong pas untuk sebuah mobil perkotaan. Tersedia dua pilihan transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan sebagai penyalur daya ke roda depan. Konsumen hanya ditawarkan opsi transmisi saja tanpa tingkatan kasta.



Harga


Wajar bila facelift diikuti kenaikan harga. Dahulu ia dibanderol Rp 218 atau Rp 230,5 juta tergantung transmisi. Begitu mendapat penyegaran minim ini, nominalnya bertambah sedikit. Tepatnya Rp 3 juta. Jadi, titik harga jual resmi sekarang dimulai dari Rp 221 juta untuk transmisi manual, dan Rp 233,5 juta jika meminang transmisi otomatis. (Krm/Tom)


Baca Juga: Suzuki Baleno Facelift Resmi Meluncur, Tetap Tawarkan Value for Money Tinggi

Jelajahi Suzuki Baleno 2020

Suzuki Baleno 2020 Rp 227 - Rp 239,5 Juta Cicilan : Rp 5,18 Juta

Bandingkan & Rekomendasi