• Wishlist

SUV 7-Seater Mercedes-Benz GLS Facelift 2020 Segera Dirilis, Intip Sejarah Singkatnya

SUV 7-Seater Mercedes-Benz GLS Facelift 2020 Segera Dirilis, Intip Sejarah Singkatnya

Di ceruk SUV, Mercedes-Benz GLS teranyar segera dijual di Indonesia. Entah bulan mendatang atau di GIIAS 2020. Yang jelas ia terkonfirmasi bertandang. SUV 7-seater besar nan mewah andalan manufaktur bakal mendapat penyegaran paras dan fitur, mengikuti update di luar serta disesuaikan kebutuhan market sini.


Nah sebelum mengupas sosok glamor anyar, baiknya kita mulai berkenalan dengan sang pendahulu, Mercy GL. Kendaraan berpostur tinggi ini dilahirkan lantaran celah market yang belum terisi oleh lini produk Bintang Tiga Palang.


Mercedes-Benz GL-Class GL 350


Mercedes-Benz GL pertama jadi pelopor yang menciptakan segmen baru. Kembali lagi ke era 2006 saat peluncuran GL-Class generasi perdana. Tepatnya di North American International Auto Show (NAIAS), Detroit pada Januari. Pelanggan di AS termasuk yang pertama menikmati trendsetter baru pada musim semi. Sebetulnya bagi pecinta kendaraan lintas alam, G-Class sudah tak diragukan lagi kapabilitasnya.


Namun sang Geländewagen terlalu perkasa, macho, berpostur atletis penuh masa otot dalam tiap guratan tubuh. Mereka sadar, belum memiliki portofolio tepat di bawahnya yang punya keluwesan postur serta bantingan suspensi senyaman sedan. Lantas muncullah GL sebagai luxury off-roader dengan konfigurasi tiga baris dan tujuh kursi penumpang. Walau begitu, ia dibekali kemampuan guna melahap medan terjal dan jalan beraspal. Ia juga memanjakan penumpang dengan ruang kabin plus kenyamanan bak sedan mewah. Selanjutnya menciptakan tonggak sejarah peranti keselamatan Pre-Safe pertama di segmen pasar ini.


Baca juga: Ini Dia Wujud Mercedes-Benz C-Class Teranyar, Siap Mendebut 2021?


GL-Class ditukangi agar mencerminkan kekuatan juga eksklusivitas. Tampilannya lebih mengalir, bertenaga, wedge-shaped dan detail mencolok khas mobil mewah. Bodinya diklaim punya ukuran proporsional. Panjang 5.088 mm, lebar 1.920 mm, tinggi 1.840 mm. Parasnya pula yang dipakai dalam menaklukkan segmen pasar ini. Ia masuk dalam ciri-ciri generasi off-roader Mercedes. Kemudian berbekal teknologi 4Matic - penggerak empat roda permanen. Sistem penggerak untuk GL terdiri dari mesin V6 (GL 320 CDI - 165 kW/224 Hp). Jantung pacu V8 (GL 420 CDI - 225 kW/306 Hp, GL 450 - 340 Hp serta GL 500 sebesar 388 Hp.


Mercedes-Benz GLS 2015


Suksesor


Lalu sang facelift dikenalkan pada 2015. Desainer mengadaptasi rancangan anyar plus penyematan nomenklatur baru: Mercedes-Benz GLS. Untuk eksterior terjadi rombakan di bagian depan kendaraan. Sedangkan bagian belakang juga diperbarui. Terutama bumper, termasuk lampu buritan. Yang terlihat jelas di bagian interior adalah panel instrumen dengan media display saling terintegrasi. Konsol tengah dimodifikasi dengan sistem touchpad serta warna dan trim baru.


Enjin tersuguh ada dua tipe, V6 dan V8. Misal GLS 500 4matic menggunakan mesin direct-injection V8 biturbo. Lontaran daya sampai 455 Hp, lebih besar dari 320 kW (435 Hp) yang diproduksi model sebelumnya. Lalu torsi puncak sebesar 700 Nm. Sementara GLS 400 4Matic menggunakan mekanikal pacu direct-injection V6 biturbo. Membuncahkan tenaga 245 kW (333 Hp) dan torsi 480 Nm. Model top-of-the-line Mercedes-AMG GLS 63 4Matic dilengkapi dengan tenaga sebesar 430 kW (585 Hp) berikut torsi puncak 760 Nm.


GLS dan GLS AMG 2019


Jadi GLS yang kelak diluncurkan di sini, bakal memiliki paras baru. Roman depan dibalut desain kisi-kisi radiator baru lebih vertikal. Dan lebih jembar dengan aksen perlindungan bawah bodi lapis kromium. Pokoknya, detail itu sebagai ciri khas semua model SUV Mercedes-Benz. Kemudian peranti bantuan pengemudi terbilang lengkap. Tersedia Collision Prevention Assist Plus, Crosswind Assist dan Attention Assist. Selain itu, standar di GLS terpasang Brake Assist, sistem traksi 4ETS, ESP plus Curve Dynamic Assist. Untuk kabar peluncuran, tetap pantau OTO.com. (Alx/Tom)


Sumber: Media Daimler


Baca juga: Lombardi Kenalkan Mercedes-Benz Vito RSE dengan Partisi, Mendukung Physical Distancing 

Jelajahi Mercedes Benz GLS-Class

Mercedes Benz GLS-Class Rp 2,15 - Rp 5,23 Milyar Cicilan : Rp 49,03 Juta

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store