Soal Xenia Baru, Ini Kata Daihatsu

Soal Xenia Baru, Ini Kata Daihatsu

Daihatsu optimis low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang mereka pasarkan, Xenia, masih laku di Indonesia. Meski saat ini, beragam produk baru menyerbu seperti Wuling Confero dan Mitsubishi Xpander dengan beragam keunggulan.

Namun, Daihatsu juga tak tinggal diam. Kabarnya, mereka tengah mempersiapkan generasi baru Xenia, yang saat ini tengah dalam pengembangan. Terkait hal itu, kami coba tanyakan pada Sudirman MR, Wakil Presiden Direktur, PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Daihatsu DN Multisix Concept

"Xenia baru masih belum lah. Kami kan baru saja mengeluarkan beberapa produk seperti Terios dan sekarang Sirion," papar Sudirman MR, Vice Presiden PT ADM saat ditemui di Jakarta (12/2).

Melihat semakin banyaknya kompetitor, Xenia memang perlu pembaruan. Sejak lahir di 2003, mobil ini terakhir mengalami pergantian generasi di 2011. Lalu  di 2015 Xenia mengubah tampangnya menjadi lebih segar (facelift) serta mengadopsi mesin baru. Sepertinya sudah sepatutnya Xenia generasi ketiga dilahirkan agar bisa membuat mobil ini kembali bersaing di pasar low MPV yang kian sengit.

"Memang diakui persaingan di kelas mobil keluarga makin sengit. Tapi saya yakin Xenia tetap mendapat tempat di masyarakat. Kami masuk di level tengah-tengah, bisa cover dari atas dan cover yang dari bawah, kan memang selalu begitu. Tidak ingin selalu di atas, pasarnya kecil," tambah Sudirman saat ditemui di Jakarta.

Daihatsu DN Multisix Concept

Sama seperti Sudirman, Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra juga enggan membeberkan Xenia terbaru. Namun ia bilang, saat ini mobil itu tengah dalam tahap pengembangan. "Masih dalam tahap persiapan. Kalau sudah waktunya kita umumkan," tutur Amelia di tempat yang sama.

Penjualan Xenia pada 2017 mencapai 35.535 unit. Angka ini turun jauh bila dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 44.720 unit. Meski mengalami penurunan, penjualan Xenia tahun lalu menguasai 15 persen dari keseluruhan produk low MPV. Namun bila dilihat dari angka penjualan Xpander yang diklaim Mitsubishi telah mencapai 50 ribu unit, layak rasanya Daihatsu waspada agar penjualan Xenia tidak terganggu.

Mitsubishi Xpander memiliki keunggulan dari segi desain serta fiturnya. Selain itu, harga mobil ini juga terjangkau, berbanderol mulai Rp 198 juta. Sedangkan untuk produk baru di kelas low MPV lainnya, Wuling Confero bermodal ragam fitur serta harga yang terjangkau. Mobil ini dipasarkan dengan harga mulai Rp 128 jutaan untuk varian terendahnya dan 162,9 juta untuk tipe tertingginya. (Diro/RS)

Baca juga: Baru Meluncur, Daihatsu Sirion Langsung Diskon

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Jelajahi Daihatsu Xenia

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

GIIAS 2022

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Daihatsu Xenia Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Daihatsu Xenia

Bandingkan & Rekomendasi

Tren MPV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Daihatsu Xenia dari Carvaganza