jakarta-selatan
kali dibagikan

Saingi Uber, Volkswagen Dirikan Moia

  • 07 Des, 2016
  • 4280 Kali Dilihat

Volkswagen Group coba melakukan inovasi dalam memperluas lingkup bisnisnya. Kali ini, grup otomotif raksasa asal Jerman tersebut mendirikan perusahaan baru yang diberi nama Moia. Perusahaan ini memberikan layanan transportasi berbasis online dan diprediksi akan jadi pesaing Uber.


Moia secara resmi dibentuk Volkswagen Group di Berlin, Jerman. Pada tahap awal, Moia hanya akan berada di Berlin, namun Volkswagen berencana memperluas jaringan hingga ke kota dan negara-negara Eropa lainnya. Tidak hanya itu, Volkswagen Group juga tidak menutup kemungkinan akan membuka Moia di negara lain di seluruh dunia pada tahun-tahun mendatang.


"Moia adalah perusahaan yang berdiri sendiri di bawah naungan Volkswagen Group. Perusahaan ini akan mengembangkan dan memasarkan layanan mobilitas secara mandiri atau kemitraan dengan kota-kota besar serta sistem transportasi yang ada. Secara paralel, Group kami akan secara terus menerus berinovasi," papar Harms, CEO Moia.


Seperti diketahui, Uber merupakan perusahaan rintisan dan menyediakan jaringan transportasi di seluruh dunia. Perusahaan berbasis aplikasi tersebut berasal dari San Francisco, California, Amerika Serikat yang menghubungkan penumpang dengan sopir kendaraan sewaan serta layanan tumpangan.


Layanan transportasi online


Dengan kekuatan brand serta produk yang dimiliki, Moia diprediksi dapat menyaingi keberhasilan Uber di pasar transportasi dunia. "Tujuan dari didirikannya perusahaan ini ialah untuk dapat mengatur sendiri layanan on-demand pooling-nya melalui layanan aplikasi, atau yang biasa juga dikenal dengan connected commuting," jelas Harms.


Lebih lanjut ia menyatakan berharap kehadiran Moia akan menjadi penghubung solusi transportasi holistik dan membuat transportasi individu serta transportasi umum menjadi lebih efektif. Moia menargetkan akan menjadi penyedia layanan transportasi terkemuka di dunia pada tahun 2025 mendatang.


Kehadiran Moia menjadi merek ketiga belas yang berada di bawah naungan Volkswagen Group. Untuk melakukan pengembangan pada Moia, Harms menegaskan akan memanfaatkan segala kekuatan dan teknologi yang terdapat pada Volkswagen group, salah satunya ialah teknologi otonom yang saat ini sedang dikembangkan.


"Itu mungkin jadi salah satu aset terbesar yang kami miliki. Kami memiliki pengembang dan semua rencana ini bisa kita gunakan untuk industrialisme layanan kami dan membawa ke dalam sebuah pasar dengan skala lebih besar," ungkap Harms.


Sebenarnya, pembentukan Moia telah diketahui saat Volkswagen Group melakukan investasi pada perusahaan transportasi di London bernama Gett sebesar US$ 300 juta. Gett merupakan perusahaan taksi yang memiliki layanan di 100 kota di seluruh dunia termasuk 25 diantaranya di Inggris.


Baca Juga: Truk Autonomous Melaju 192 km Tanpa Pengemudi


Sumber: Leftlanenews, Autocar

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Volkswagen Caravelle

Lihat video terbaru Volkswagen Caravelle untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Volkswagen Pilihan

  • Populer
  • Komparasi