Rekap Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang Februari 2021

Rekap Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang Februari 2021

Bulan kedua di 2021, banyak mobil baru yang muncul ke permukaan. Honda yang akhirnya merilis sekaligus tiga model barunya, perakitan lokal dari SUV termewah BMW, hingga versi agresif dari hatchback paling populer dari Toyota, GR Yaris. Semua ini terjadi hanya dalam tempo sebulan, berikut rangkumannya.

Pajero Sport

Usai lama ditunggu, akhirnya Mitsubishi Indonesia melepas Pajero Sport Facelift 2021 di Indonesia. Kemunculan model gres kerap mengundang minat beli masyarakat, khususnya kalangan menengah ke atas. Pabrikan berharap bisa mengerek penjualan yang lesu akibat pandemi Covid-19. Nah, lantaran sejumlah ubahan, varian Exceed MT sebagai model termurah dilego Rp 502,8 juta on the road Jakarta. Berikut detail harga unit terbaru.

  • Mitubishi Pajero Sport Exceed MT Rp 502,8 juta
  • Mitubishi Pajero Sport Exceed AT Rp 517 juta
  • Mitubishi Pajero Sport GLX (4x4) MT Rp 567,8 juta
  • Mitubishi Pajero Sport Dakar AT (4x2) Rp 575,7 juta
  • Mitubishi Pajero Sport Dakar Ultimate AT (4x2) Rp 624,7 juta
  • Mitubishi Pajero Sport Dakar Ultimate AT (4x4) Rp 733,7 juta

Mitsubishi New Pajero Sport

Sebelumnya, kendaraan andalan Tiga Berlian ini mengusai pangsa pasar kelas medium SUV sebanyak 33,5 persen selama Desember 2020. Dengan munculnya model baru, mereka tetap optimis bisa mendorong torehan angka lebih baik. Kemudian pabrikan berjanji, terus memberi pelayanan optimal terhadap proses pemilikan kendaraan kepada konsumen. Kini New Pajero Sport tersedia dalam lima pilihan warna: Graphite Gray, Deep Bronze, Quartz White Pearl, Sterling Silver dan Jet Black Mica. Bila Anda memilih warna Quartz White Pearl maka ada selisih harga Rp 3 juta lebih tinggi.

"Pajero Sport diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia pada 2009. Kendaraan ini telah mendapatkan perhatian, penerimaan positif serta pengakuan dari konsumen, media dan institusi nasional. Hal ini dibuktikan dengan total populasi di Indonesia saat mencapai 164.773 unit. Dengan segala keunggulan yang dilengkapi pada New Pajero Sport. Kami berharap model ini mendapatkan penerimaan lebih baik lagi. Sekaligus dapat menjadi partner Anda dalam meraih pencapaian maupun mimpi. Serta melakukan petualangan untuk hidup yang lebih hidup. Live the adventure!" ungkap Naoya Nakamura President Director PT MMKSI secara virtual (16/2).

New Pajero Sport dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan komplet. Varian atas memiliki Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA). Kemudian ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH). Tidak hanya itu, perangkat lain senantiasa tersedia seperti tujuh SRS Air Bags, Active Stability & Traction Control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist. Kemudian ia juga didukung oleh teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body dan Rigid Lightweight body.

Untuk merangsang penjualan, MMKSI menawarkan program pembiayaan bunga rendah 0 persen sampai dengan tenor tiga tahun. Bagi pembelian Pajero Sport tersedia uang muka mulai 15 persen. Kemudian cicilan ringan mulai Rp 7 jutaan melalui pembiayaan di PT Dipo Star Finance. Gratis biaya jasa (sesuai dengan Service Manual Book) hingga 50.000 km atau empat tahun di seluruh varian baru. Gratis pula paket Smart Silver bagi perawatan atau servis rutin hingga 50.000 km atau empat tahun. Itu meliputi suku cadang dan Oli MMGO sesuai dengan service manual book. Lalu chemical item berupa diesel fuel system flush maupun engine flush.

Dengan layanan penjualan Pajero Sport. Pabrikan mengklaim, makin memudahkan konsumen dalam mendapatkan total biaya pemilikan yang lebih maksimal. Bahkan biaya kian efisien. Selain itu, pelanggan mendapatkan beragam layanan purnajual dengan tersedianya 155 outlet plus 6 jaringan diler resmi. Semua tersedia di penjuru Tanah Air.

Dua Opsi Mesin Pembeda Strata

Boleh dibilang penegasan strata didasari oleh dua enjin diesel berbeda. Trim GLX dan Exceed menganut pemacu paling boyo di keluarganya. Gendong mesin empat silinder 2,5 liter commonrail turbo berkode 4D56. Total tenaga hanya 136 PS di 4.000 rpm dan diawali torsi puncak 324 Nm di 2.000 rpm. Penyalurnya tersedia opsi manual atau otomatis lima percepatan.

Lain cerita versi kelas atas, Dakar dan Dakar Ultimate. Di balik bonnet tertanam jantung 4N15 dengan ruang bakar lebih kecil 2,4 liter. Namun kubikasi bukanlah segalanya, aransemen VGT-Intercooler menyuguhkan tenaga sekuat 181 PS di 3.500 rpm dan torsi 430 Nm dicapai di 2.500 rpm. Signifikan lebih besar dan disokong pula penyalur daya 8 kecepatan otomatis.

Kapabilitas menerjang medan berat Dakar Ultimate 4x4 dilengkapi sistem penggerak 4WD Super Select-II. Dial selector memudahkan pergantian dari 2WD ke 4WD pada kecepatan hingga 100 kpj. Sebagai catatan, perpindahan ke mode rasio pendek harus dilakukan dalam kondisi berhenti. Potensinya lantas didukung off road mode untuk menyesuaikan gigitan traksi sesuai medan. Tersedia seleksi Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock.

Nikmati Segala Kemewahan di Trim Atas

Jika mencari keberlimpahan fitur dan rasa berkelas, jelas wajib melirik varian dengan embel-embel Dakar. Basis Dakar sendiri dipastikan tampil paling mewah. Menjadi pembeda utama, seluruhnya telah mengadopsi serangkai penerangan LED teranyar. Headlamp LED dibarengi integrasi strip DRL. Di sisi terluar bumper, cornering lamp siap bantu bermanuver di malam hari. Begitu pula di buritan, lampu menjuntai khas yang kini terpangkas memainkan visual LED. Dari segi desain, seluruh opsi bermesin kuat ini mengenakan sepatu alloy two tone desain anyar berukuran 18 inci.

Urusan fitur eksterior, minimal di Dakar 4x2 sudah kebagian peranti peningkat gengsi berupa lubang di atap alias sunroof. Baru di model Dakar Ultimate permainan kelangkapan lebih ramai. Bukaan pintu bagasi dapat terlaksana dengan bantuan elektris. Bukan hanya itu, pengoperasiannya lebih praktis lewat sensor kaki. Tak ketinggalan fitur smart entry.

Kecanggihan pun ditambah, seluruh model Dakar ditanam kemampuan Mitsubishi Remote Control. Lewat aplikasi smartphone, gawai pengguna dapat dijadikan sebagai alat kendali sekaligus pemantau jarak jauh. Fungsionalitasnya didukung Operation Assist, membantu saat sinyal buzzer berbunyi atau kendaraan tidak dapat merespons remote control. Di samping itu, ada kemampuan menginformasikan status kendaraan baik itu kunci, lampu, info konsumsi BBM, hingga lokasi mobil. Belum selesai, masih ada sokongan pembuka pintu bagasi khusus Dakar Ultimate.

Dalam kabin, Pajero Sport terlihat semakin pintar dan kekinian di strata Dakar ke atas. Mereka kebagian panel instrumen LCD berukuran 8 inci dengan seleksi tiga display dan suguhan informasi komprehensif. Untuk sarana hiburan, head unit touchscreen disuntik fungsi Bluetooth, USB, dan konektivitas Smartphone-Link Display Audio.

Sistem pengoperasian kendaraan juga semakin modern. Paddle shifter tersedia bila ingin otoritas lebih untuk mencipta akselerasi. Lalu, kemajuan fitur diyakini bakal meringankan beban komutasi terutama di dalam kota. Bukan lagi hand brake manual, Mitsubishi jebloskan rem parkir elektrik plus penahan laju auto hold. Berkat hal ini, mobil akan menahan laju secara otomatis ketika sudah berhenti total. Spesifik Dakar Ultimate 4x4, Multi Around View Monitor menambah kemudahan berkendara.

Membedakan Dakar dan Dakar Ultimate adalah pemilihan warna kabin. Bahan kulit membungkus bangku, setir, dan shift knob. Kendati begitu, seleksi warna jadi pembeda utama. Model Dakar mengenakan bungkusan beige sementara Dakar Ultimate didominasi leather hitam.

Peranti perlindungan berkendara boleh dibilang paling menarik di trim teratas. Standar di Dakar, kantung udara tujuh titik siap melindungi kala terjadi tabrakan. Fitur berupa Active Stability & Traction Control (ASC + TC) bakal menjaga stabilitas saat bermanuver. Juga ditemani Hill Start Assist saat menanjak. Urusan Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake force Distribution (EBD) tidak perlu ditanya lagi.

Akan lebih canggih lagi kalau meminang model Dakar Ultimate. Pelindungnya termasuk segudang asisten berkendara aktif. Contoh Forward Collision Mitigation System (FCM), bantu mencegah benturan atau meminimalisir dampak celaka lewat peringatan dan pengereman otomatis. Mendeteksi rintangan di hadapan lewat kamera dan radar laser.

Bantuan lainnya tak kalah mendukung keselamatan. Blind Spot Warning plus Lane Change Assist bakal mendeteksi rintangan samping dan memberikan peringatan pada pengemudi. Versi penyegaran ini juga ditambah fungsi baru berupa Rear Cross Traffic Alert untuk mendeteksi objek berjalan dari samping berjalan. Bermanfaat ketika keluar dari tempat parkir, misalnya. Ada bantuan kemampuan offroad pada Model Dakar Ultimate 4x4 saat melibas turunan dengan eksistensi Hill Descent Control (HDC).

Opsi Basic GLX dan Exceed

Dari tingkatan trim, GLX boleh dibilang sebagai model paling basic meski harganya bukan yang termurah. Untuk standar perkotaan jelas polosan dan boleh jadi kurang bergaya. Tanpa rear spoiler dan mengenakan sepatu berukuran kecil. Berupa pelek 16 inci dibungkus ban 265/70R16. Meski begitu, posisinya mungkin ditetapkan sebagai pekerja keras, bukan komuter perkotaan, lantaran tertanam penggerak 4x4.

Exceed menjadi varian basic dengan lenggok yang lebih cocok untuk perkotaan. Mewakili Pajero Sport di titik termurah berpenggerak dua roda. Dalam urusan gaya mungkin tidak terlalu polosan berkat pelek 18 inci dan roof spoiler. Di luar diferensiasi tadi, mereka punya kesamaan di segi fitur. Terbilang standar berbekal headlamp, foglamp, dan DRL halogen. Perbedaan dari kasta Dakar yakni minus fungsi cornering lamp dan headlamp washer.

Dalam kabin, GLX paling utilitarian dan seakan menempatkan sisi kemewahan di nomor sekian. Jok dibalut material fabric dan tanpa perhiasan leather di roda kemudi dan shift knob. Panel instrumen paling moderat semi-high Contrast Meter menjadi sumber informasi berkendara. Jangan harap head unit touchscreen, baru sebatas model 2DIN dan paling banter hiburan radio dan USB.

Tipe Exceed dalam hal kenyamanan kabin mungkin lebih ‘manusiawi’ ketimbang GLX. Leather seat hitam membungkus jok, setir, tuas transmisi, dan rem tangan konvensional. Sistem infotainment touchscreen 7 inci tersuntik Bluetooth, USB, dan konektivitas smartphone.

Yang kurang impresif dari dua trim terendah Pajero Sport boleh dibilang pada sistem keselamatan. Memang ABS dan EBD sudah menjadi standar namun bantuannya belum disokong kontrol stabilitas elektronik. Pelindung celaka pun moderat namun cukup untuk memenuhi standar yakni Dual SRS Airbag. Untuk trim Exceed setidaknya terdapat ekstra berupa kamera parkir.

Porsche Taycan Turbo S

Kehadiran mobil listrik di Indonesia masih menjadi perdebatan. Satu pihak menyebut pasar dan konsumen Indonesia belum siap. Sementara pihak lain mengatakan tren dunia yang mengaarah pada mobil listrik sudah tidak bisa ditahan sehingga tak ada salahnya memperkenalkan teknologi tersebut pada publik Tanah Air. Karena penggunaan mobil tanpa setrum ini hanya menunggu waktu saja. Tak hanya mobil di segmen bawah, Eurokars Artha Utama agen pemegang merk Porsche di Indonesia secara resmi meluncurkan sportscar elektrik; Porsche Taycan 2020.

Porsche Taycan Turbo S 2021

Acara Sabtu (13/2) kemarin baru pembukaan saja. Pasalnya, Porsche Indonesia berencana untuk menghadirkan seluruh varian Porsche Taycan, yakni mulai dari base model Taycan 4S, Taycan Turbo dan Taycan Turbo S.

Soal harga, disebutkan jika rentang nilai jual untuk varian Taycan ini mulai dari Rp 2,5 Miliar – Rp 6 Miliar. Harga tersebut tergantung pada varian mana yang dipilih dan juga personalisasi apa saja yang digunakan untuk Porsche Taycan pilihan Anda. Yap, Porsche menghadirkan beberapa pilihan personalisasi mulai dari penggunaan material pada interior termasuk jok dan doortrim, warna cat eksterior, hingga pada penggunaan jenis rem yang sesuai dengan performanya.

Nah, unit pertama yang dikenalkan pada awal media adalah Porsche Taycan Turbo S. Ia dibekali dengan baterai 93,4 kWh yang mampu menghasilkan tenaga 623 hp dan torsi maksimal 940 Nm. Tenaga dan torsi tersebut dialirkan secara linear ke seluruh roda melalui transmisi otomatis dua speed. Meski demikian, Porsche Taycan Turbo S ini masih menyediakan fitur Launch Control yang mampu memaksimalkan torsi hingga 1.050 Nm.

Kemampuan

Menariknya adalah baterai yang digendong oleh Porsche Taycan Turbo S ini memiliki daya jelajah hingga 390 - 416 km. Jika dirataratakan dengan jarak tempuh masyarakat urban yang mencapai 20-30 km per hari. Artinya, pengisian baterai hanya perlu dilakukan 1-2 minggu sekali. Menarik. Pada mode charging dengan daya 11 kW, baterainya tersebut hanya membutuhkan 9 jam untuk pengisian dari nol hingga 100 persen.

Porsche Taycan memiliki konfigurasi 4-penumpang dengan jok bucket berlapis material kulit daur ulang. Meskipun Taycan merupakan sebuah supercar dengan tenaga listrik, namun posisi duduk pada baris keduanya terbilang cukup nyaman. Rasanya seperti berada di dalam kabin Panamera 4S yang merupakan sedan saloon yang memiliki ruang luas di baris keduanya.

Ternyata hal tersebut tidak mengherankan saat melihat data dimensi pada Taycan Turbo S, karena ia memiliki panjang 4,9 meter nyaris seukuran dengan Panamera yang mencapai 5 meter. Di samping itu, Taycan Turbo S memiliki jarak sumbu roda hingga 2,9 meter yang menguntungkan untuk rancang bangun di dalam kabin.

Fitur

Urusan kenyamanan penumpang Porsche cukup royal. Penumpang juga disuguhkan dengan layanan hiburan yang berpusat pada tiga layar hiburan yang tersedia di dashboard tengah dan konsol tengah. Terdapat dua layar hiburan berukuran 12,3 inci di dashboard tengah yang menampilkan radio satelit, navigasi, dan juga koneksi smartphone dengan Apple CarPlay.

Sedangkan layar pada konsol tengah berukuran 10 inci, menampilkan beberapa pengaturan yang berkaitan dengan informasi kendaraan seperti AC hingga informasi daya baterai yang digunakan. Hampir tidak ada tombol-tombol keras pada fitur tersebut, semua dioperasikan melalui layar sentuh dan perintah suara “Hey Porsche!”.

Porsche Taycan Turbo S dibekali dengan beberapa fitur-fitur driver-assitance seperti Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Lane departure warning, hingga pada pengereman otomatis yang disematkan pada Forward Collision Warning. Bahkan Porsche juga menyematkan fitur Porsche Stability Management pada Porsche Taycan Turbo S demi meningkatkan kestabilan kendaraan saat berakselerasi. Karena, Porsche Taycan Turbo S diklaim mampu mencapai 2,6 detik tanpa jeda.

The Beast BMW M2

Yang satu ini mungkin bukan mobil luncuran baru, namun modifikasi teranyar yang tak kalah menarik untuk ditilik. Dunia modifikasi mobil Tanah Air seperti diketahui memang terus berkembang. Salah satu modifikator tersebut adalah Mochamad Chandra Kurniawan biasa dikenal Charock (CRK). Sebelumnya, ia dikenal melalui kolaborasi KARMA Bodykit pada Porsche Cayman bersama Kiki Anugraha.

BMW M2 The Beast

Charock, pria muda yang juga pembalap dan pengusaha ini memodifikasi BMW M2 keluaran 2018 berkolaborasi dengan BTX Concept, bengkel kenamaan Bandung. Sportscar kesayangan yang sudah dimodifikasi secara keseluruhan ini dilabeli "The Beast M2". Bahkan, hasil modifikasinya sudah diakui dunia. Speed Hunters, salah satu media international ternama dalam bidang modifikasi datang khusus ke Indonesia untuk meliput mobil garapan CRK tersebut.

Rick Muda, penulis Speed Hunters mengatakan bahwa body kit khusus yang digunakan oleh BMW M2 ini cukup “Gila” pada tulisannya di website Speedhunters.

“Saya benar-benar dapat merasakan bahwa Charock sangat peduli dengan dunia otomotif Indonesia dan saya hanya bisa bertanya-tanya apa yang akan dihasilkan Charock pada mobil berikutnya!” ujarnya.

Tak dipungkiri, hasil modifikasi CRK yang menggaet Reindy Riupassa dari BTX Concept tersebut memang dapat dikatakan “Buas”. Hal ini terlihat dari penggunaan body kit lebar, velg besar dan ground clearance BMW M2 terlihat mepet dengan aspal. Fitment pda BMW M2 ini adalah satu satunya di Indonesia.

The Beast M2 ini dipasangkan full wide bodykit dari MTC Design atau Darwin pro. Tak hanya itu, bodykit ini dilengkapi dengan penutup kap mesin berbahan serat karbon. Demi menguatkan aura sporty, keseluruhan bodi dilapisi dengan Teckwrap ECH03 Matte Metallic Charcoal Grey oleh Wrapping Station.

Di sektor kaki-kaki, Charock memasangkan velg SV2 Forged Radix CRK Edition. Velg ini dipesan khusus untuk BMW M2. Ukurannya pun tidak main-main. Diameter 19 inci dengan lebar 10 inci di depan dan 11 inci di belakang. Ups, jangan salah lebar sih mungkin sudah biasa. Tapi, offsetnya minus 26 di depan dan minus 52 di belakang. Dilengkapi center bore 71,6 mm special untuk BMW M2. Gokil, bodi sudah lebar jadi semakin semok terlihat dari buritannya. Velg pun terlihat sangat celong karena penggunaan straight lips pada bagian outer lips.

Velg besar tersebut didukung pengereman dengan big brake kit dari M Performance. Sedangkan, untuk suspensi dipercaya air suspension by AirBFT dengan dual kompresor yang disertai management system.

Charock mengatakan The Beast M2 ini tidak hanya sekedar mobil modifikasi untuk ikut kontes. Selain tampilannya enak dilihat, mobil ini harus bisa digunakan untuk semua trek balap dan juga sebagai mobil harian.

"Terbukti dengan spek yang digunakan, sudah bisa sukses melahap lebih dari 1.156 kilometer perjalanan road trip Jakarta ke Surabaya lanjut ke Bali saat MOCI ultimate drive Desember lalu tanpa masalah," ujar Charock di Jakarta. (Minggu, 14 Februari 2021).

Modifikator memang tidak pernah puas dari bawaan pabrikan. Di sektor mesin, tenaga 405 Hp masih dirasa kurang baginya. Ia melakukan re-map ECU dengan dua tingkatan. Kemudian CRK memasangkan full sistem pembuangan dari Einsenmann. Tentunya ini sangat meningkatkan tenaga meskipun belum sempat diuji dengan dyno test.

Pengerjaan modifikasi ini memakan waktu 3 bulan. Menurut Charock, kendala terbesar dalam modifikasi mobil ini adalah pada saat pemasangan dan perhitungan dari kaki-kaki. Bagi pembalap muda ini, perhitungan kaki-kaki yang sangat presisi sangat dibutuhkan untuk dapat merealisasikan mimpinya akan mobil keren tersebut.

Sedangkan untuk interior, menggunakan jok Recaro M Edition Limited dan seluruh kabinnya dibalut dengan bahan Alcantara.

The Beast M2 CRK ini juga sengaja dibuat untuk tampil exclusive pada "Crazy Fast Indonesian" episode 2. Sebuah film pendek bergenre otomotif yang sempat viral beberapa waktu lalu lewat tayangan pertamanya. Film pendek tersebut merupakan garapan rumah produksi yang juga dimiliki oleh Charock yakni CRK Pictures.

Film pendek tersebut tidak hanya mengangkat tentang modifikasi mobil saja, namun juga mengangkat keindahan alam dan kemajuan kota-kota di Indonesia. Menariknya, film ini kerap melibatkan tokoh-tokoh otomotif dan selebgram ternama Indonesia.

“Dengan berkarya di dunia otomotif, baik itu perfilman, modifikasi, maupun sebagai pembalap, membuktikan bahwa passion saya memang ada di otomotif, dan saya berharap dapat terus berkontribusi pada perkembangan dunia otomotif di Indonesia, sehingga semakin diakui secara internasional,” tutupnya. (RAJU FEBRIAN)

Spesifikasi modifikasi BMW M2 2018

Eksterior :

  • Full wide bodykit MTC Design atau Darwin pro With carbon hood
  • Teckwrap ECH03 Matte Metallic Charcoal Grey oleh Wrapping Station.

Undercarriage :

  • Velg SV2 Forged Radix CRK Edition Depan 19 x 10 offset -26
  • Velg SV2 Forged Radix CRK Edition Belakang 19 x 11 et -52
  •  Ban Advan Neova AD08R depan 275 / 30 / 19
  • Ban Advan Neova AD08R belakang 305 / 30 / 19
  • Big brake kit M Performance
  • Air Suspension by AirBFT
  • Dual kompressor with management system

Interior :

  • Recaro M edition limited
  • Alcantara carbon interior

Engine :

  • Remap ECU by Gintani
  • Exhaust full system by Einsenmann

Toyota GR Yaris

Memang belum meluncur, namun nyatanya salah satu diler Toyota di Indonesia sudah membuka pemesanannya. Meski harganya belum jelas, 125 unit yang dijatahkan untuk Tanah Air sudah habis dipesan calon konsumen. Dari beberapa tenaga penjual, mereka memprediksi harganya berkisar Rp 800-850 jutaan, sementara di negara lain, Thailand misalnya, hot hatch ini dilego tak kurang dari Rp 1 miliar.

Toyota GR Yaris

Lantas, seperti apa spesifikasi mobil yang punya DNA balap sangat kental ini? GR Yaris dirancang dengan paduan mesin dan sistem penggerak membawa cita rasa reli yang lama absen dari lini produk Toyota. Percayalah bahwa GR terlahir berbeda meski dibangun berdasarkan generasi teranyar.

Mobil kencang nan menyenangkan mungkin tidak ada dalam portofolio Toyota sejak era 2000an. Semua cenderung hambar. Barulah sampai beberapa tahun ke belakang ini banyak produk bergairah diluncurkan. Mulai dari 86, Supra GR, termasuk edisi terbatas Yaris GRMN. GR Yaris pun melanjutkan gempuran mobil kencang berdarah reli – mengembalikan semangat homologasi ala Celica GT-Four yang pensiun 1999.

Kombinasi antara bobot ringan dan mesin hebat menjadi resep dasar untuk senyum lebar. Jantung pacu tiga silinder 1.6 liter sanggup gelontorkan 257 hp. Bahkan bisa sampai 268 hp untuk model JDM. Torsi maksimum mencapai angka 360 Nm. Ini digadang sebagai mesin tiga silinder paling bertenaga yang pernah melekat di mobil jalan raya. Daya sebesar ini kemudian didistribusikan oleh transmisi manual 6 percepatan ke dua sumbu.

Capaian performa turut mempertimbangkan soal bobot. Meski berpenggerak empat roda, catatan timbangan di atas kertas hanya 1.280 kg. Bila dikalkulasi, power to weight ratio sebesar 5 kg per bhp. Membuatnya sanggup berakselerasi ke 100 kpj di bawah 5,5 detik dengan batasan kecepatan maksimum 230 kpj.

Urusan handling, GR Yaris disokong sistem AWD GR-Four. Rancangan sistem memungkinkan pembagian tenaga 100 persen ke roda depan atau belakang. Kendati begitu, bias tenaga tidak diatur seekstrem itu. Melalui 4WD mode dial switch, pengemudi dapat menentukan tiga karakter berkendara. Saat posisi normal, distribusi torsi 60 persen disalurkan ke depan. Mode sport memprioritaskan poros belakang sebanyak 70 persen untuk bersenang-senang. Lantas bila ingin serius menjajal sirkuit, pilih saja Track Mode. Pembagian setara ke roda depan dan belakang cocok di saat kompetitif.

Kalau memilih circuit pack, permainan AWD lebih canggih lagi. Torsen Limited-Slip Differential di gardan memungkinkan pembagian lebih lanjut antara sisi kiri dan kanan.

Hal utama yang membuatnya terlahir beda adalah basis pembangun. Memang masih ada elemen dasar Yaris generasi teranyar namun hanya di bagian depan. GR Yaris didirikan secara spesifik dengan menggabungkan dua platform, GA-B (depan) dan GA-C (belakang). Ini ditujukan untuk pemasangan sistem penggerak. Suspensi belakang pun akhirnya dibuat tak sama, mengenakan komposisi double wishbone ketimbang torsion beam.

Rancangan eksterior berpintu dua dan beratap rendah digambarkan guna mendukung pengembangan versi reli. Nantinya, elemen desain ini akan membantu permainan aerodinamika versi kompetisi dalam mengeksploitasi udara. Polimer serat karbon serta aluminium dimanfaatkan untuk mempertahankan bobot ringan. Mesin diposisikan lebih mundur agar menciptakan keseimbangan optimal.

Produksi GR Yaris ini dilakukan di fasilitas terbaru Motomachi Factory. Di sana tersedia lini produksi khusus model GR. Di negara asal, hatchback versi ‘gila’ ini dibanderol 36.100 USD atau setara Rp 496 jutaan.

Honda CR-V 2021

Sesuai dugaan Honda memperkenalkan CR-V terbaru di Indonesia. Pekan lalu, PT Honda Prospect Motor meluncurkan SUV (Sport Utility Vehicle) legendarisnya di Indonesia itu lewat acara virtual di Channel Youtube Hondaisme. CR-V facelift yang sudah lama dinanti jadi salah satu produk yang diluncurkan oleh HPM pada acara virtual itu. Banderol yang ditawarkan untuk CR-V terbaru mulai Rp 489 Juta.

Honda CR-V 2021

Sekilas pandang memang perubahan pada Honda CR-V 2021 tidak begitu terlihat. Karena memang CR-V yang diluncurkan hari ini bukanlah generasi penerus dari sebelumnya. Tapi varian penyegaran dengan tambahan sejumlah fitur baru yang disematkan ke dalamnya. Meski begitu, tampilan luar mobil ini tetap mendapat ubahan. Pertama desain bumper depan yang baru. Begitupun dengan desain grille yang bernada hitam. Lampu utama LED reflektor dengan auto-leveling dan DRL (Day-time Running Light) tetap terpasang. Oh ya, Lampu sein CR-V sudah menggunakan jenis LED dengan kerlip sequential, yang mengalir sesuai arah kiri atau kanan.

Desain bumper belakangnya juga sedikit kena revisi. Knalpot ganda di setiap tepi masih ada tetapi sekarang punya desain yang lebih pipih. Tak seperti sebelumnya yang membulat. Begitupun dengan desain pelek alloy 18-inci yang terlihat lebih segar. Ubahan-ubahan itu bisa membedakan antara model sebelum dengan versi baru 2021.

Sementara ubahan pada interiornya tak begitu kentara. Perubahan paling siginifikan bisa dilihat dari penggunaan layar TFT berukuran 5-inci sebagai panel meter untuk menampilkan semua informasi berkendara. Selebihnya fitur interior lain seperti AC otomatis dual zone, jok kulit, panoramic power sunroof hingga audio switch di lingkar kemudi tetap tersedia. Audio steering switch di lingkar kemudi akan terhubung dengan display audio 7-inci yang dilengkapi sistem navigasi, koneksi Bluetooth dan lainnya. Ada 8 speaker yang akan mengeluarkan suara berkualitas dari head unit audionya itu.

Peningkatan paling signifikan dari mobil ini sebetulnya terletak di penambahan fitur kemudahan berkendara dan keselamatan. Misalnya, fitur Remote Engine Start yang bisa menghidupkan mesin dan pendingin kabin (AC) dari luar kendaraan. Fitur ini berguna saat mobil terparkir di bawah terik matahari. Jadi saat pemiliknya masuk, suhu kabin sudah nyaman dan mesin sudah dalam kondisi optimal untuk digunakan.

Lalu kemudahan akses CR-V juga dilengkapi dengan fitur Hands-Free Access Power Tailgate. Cukup ayunkan kaki ke kolong dan pintu bagasinya pun terbuka. Sudah biasa? Tunggu dulu, ada fitur Walk-Away Auto Lock yang otomatis menutup dan mengunci pintu bagasi saat penggenggam remote berjalan meninggalkan kendaraan.

Fitur penjamin keselamatan CR-V terbaru mendapat peningkatan paling berarti karena sudah dilengkapi fitur Honda Sensing. Ya, Honda Sensing merupakan paket lengkap berisi ragam fitur untuk mengurangi risiko kecelakaan. Termasuk di dalamnya CMBS (Collision Mitigating Braing System), LKAS (Lane Keeping Assist), RDM (Road Departure Mitigation), ACC (Adaptive Cruise Control) with LSF (Low Speed Follow) dan AHB (Auto High Beam). Belum lagi ada fitur Driver Attention Monitor yang akan menampilkan logo cangkir kopi di panel meter kalau mobil mendeteksi pengemudinya kelelahan, mengantuk.

Lantas dengan semua perubahan dan penambahan fitur ini berapa harga Honda CR-V terbaru saat ini? Berikut ini adalah daftar harga Honda CR-V terbaru dibanding dengan sebelumnya.

Harga Honda CR-V 2021:

  • Honda CR-V 2.0 L i-VTEC Rp 489.000.000
  • Honda CR-V 1.5L Turbo Rp 522.500.000
  • Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige Rp 577.000.000

Honda Brio RS Urbanite

Tak cuma CR-V yang dirilis Honda, kini Brio ketambahan satu model bernama Brio RS Urbanite Edition. HPM belum merilis harga Brio RS Urbanite Edition, lantaran masih menunggu regulasi PPnBM terbaru. Produksi dan pengiriman sendiri disebut baru berlangsung Maret. Kendati begitu, diekspektasikan lebih mahal dari Brio RS yang kini sudah tembus Rp 200 juta. Sebagai gambaran, Honda Brio RS standar diberi label Rp 188,5-204 juta tergantung transmisi (manual atau otomatis CVT).

Honda Brio RS Urbanite

"New Honda Brio RS Urbanite Edition terinspirasi dari gaya hidup anak muda modern yang ekspresif, stylish dan tentunya up to date. Jadi merupakan suatu model yang paling sporty dari seluruh jajaran di line up Honda Brio kami," papar Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM, Yusak Billy pada kesempatan konferensi pers digital (18/2/2021).

Boleh dibilang RS Urbanite Edition merupakan bumbu tambahan pada varian yang paling terasa sporty di keluarganya. Rasa itu pun jelas semakin kuat di Urbanite Edition. Salah satu elemennya berupa eksekusi perhiasan ekstra di sekujur tubuh. Misal di fasad depan, wajah agresif RS dengan permainan trim grille hitam dan aksen honeycomb diramaikan spoiler tambahan berkelir hitam di sisi terbawah. Ditempel utuh berlanjut hingga membingkai area apron. Terlihat lebih berhasrat –atau setidaknya bersolek – untuk menjadi pembalap dari lahir.

Tapi tak hanya itu, perhiasannya terus berlanjut hingga ke belakang. Di area samping, ditemui keberadaan side skirt hitam menjembatani kedua roda. Dari foto, desain tidak terlalu gondrong dan cenderung mirip model RS hanya saja dikelir hitam. Baru ketika melirik buritan, ornamen bokong dibuat benar-benar berbeda dan lebih sibuk. Berwujud seperti diffuser agresif dengan hiasan rongga plus bezel perak di sisi terluar.

Lalu, penyesuaian edisi istimewa berlanjut ke seleksi warna dan aksen tubuh. Jika sebelumnya opsi two tone hanya tersedia dalam perpaduan Phoenix Orange, kini Carnival Yellow juga kebagian atap hitam. Itu juga merupakan opsi warna pada Urbanite Edition. Di samping itu, penegas dwiwarna ikut berlanjut ke batok spion serta handle pintu.

Jika diingat kembali, seluruh eksekusi terlihat begitu mirip rancangan Honda Small RS Concept. Sempat dipamerkan pada gelaran Indonesia International Motor Show 2018. Kuat terasa pada aplikasi bodikit. Andai fender dan bonnet ikut dillubangi dan kemudian ditempel roof spoiler agresif, kurang mirip apa lagi?

Meski begitu, eksekusi Brio RS Urbanite Edition sebatas dandanan. Secara fitur, seluruh komponen identik dengan model RS standar. Misal di lampu depan, tetap tertanam unit pendar halogen dengan pancaran sinar via reflektor. Di belakang, lampu rem ketiga pada spoiler sudah memanfaatkan unit LED. Pun secara dimensi, dipastikan Brio Urbanite Edition tetap menawarkan kabin lapang dalam paket tubuh kompak.

Dalam kabin, diferensiasi Honda Brio RS terletak di sisi material dan aksen warna. Memainkan dominasi warna hitam dengan detail oranye. Ditemukan pada jahitan material serta lis penghias dasbor. Soal fitur pasti paling lengkap di keluarganya, Contoh sarana hiburan, menganut sistem infotainment touchscreen 6,2 inci lengkap USB, AUX, dan Bluetooth. Kontrol audio dan telepon dapat terlaksana lewat palang setir. Telinga pun lantas dimanja oleh keberadaan tweeter. Di samping itu, panel AC digital ditugaskan sebagai alat pengatur suhu dengan sensasi modern.

Tingkat keselamatan penumpang tetap sama. Mengandalkan rangka G-CON +ACE dengan perlindungan kabin berupa Dual SRS Airbag. Penjaga lain selama berkendara diisi oleh peranti pengereman ABS+EBD. Juga tidak berubah adalah potensi memacu. Tapi tidak perlu kecewa sebab di kelasnya, enjin Brio merupakan unit yang unggul. Tertanam jantung empat silinder 1.200 cc SOHC 16 Katup i-VTEC. Sanggup melontarkan tenaga sekuat 90 PS di 6.000 rpm dan diawali dorongan akselerasi 110 Nm di 4.800 rpm.

Honda Odyssey 2021

Usung konsep Amplified Confidence, Honda Indonesia juga meluncurkan New Odyssey. Dari segi tampilan sosoknya kini tambah sporty dengan tarikan garis tajam di roman depan. MPV premium yang didatangkan secara utuh atau CBU Jepang ini dilepas dengan harga Rpp 888 juta on the road Jakarta. Dibanding model lawas, unit alami kenaikan Rp 112 juta. Lonjakannnya sangat tinggi, lantaran kini ia berbekal fitur canggih. Salah satunya perangkat macam Honda Sensing.

Honda Odyssey 2021

“MPV premium ini memiliki berbagai keunggulan. Sekarang New Odyssey memiliki tambahan perangkat Honda Sensing dan fitur canggih lain. Jadi saat dibawa mengemudi menyenangkan. Tak hanya fun to drive saja, tapi juga semakin aman bagi pengemudi maupun dan penumpang. Kemudian untuk target penjualan di kisaran 10 sampai 15 unit dalam sebulan. Untuk pengiriman unit ke konsumen nanti dilakukan pada Maret 2021. Semoga dengan produk baru, tahun ini bisa lebih baik bagi industri dan kita semua,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director Honda Prospect Motor secara virtual (18/2).

Odyssey 2021 mengadopsi sorot mata utama dan DRL LED. Bentuknya seolah bertumpuk dengan garis pemisah di tengah. Lalu kisi-kisi depan bergaya heksagonal berikut empat bilah horizontal. Semuanya dilapis kromium, termasuk bingkai atas tempat logo H tegak bernaung. Bumper bawah pun memiliki lubang asupan udara dengan dua garis. Sedangkan di buritan, garis lampu (L) berteknologi dioda ikut dilekatkan. Tak hanya itu, kini ia memiliki tailgate garnish guna menambah kesan mewah.

Reflektor berada di pojok bodi kanan dan kiri bawah. Di atasnya dipermanis dengan garis kromium. Sayap belakang senantiasa terpasang, untuk menyempunakan proporsi tubuh. Kalau dipandang, gaya macam itu tampak tak berbeda jauh dari model sekarang. Lantas yang membedakan ialah pola pelek 17 inci pakai 10 palang indah, dua warna. Honda juga membenamkan power sliding door berikut outer courtesy light guna menambah penerangan tambahan di malam hari.

Fitur berguna lainnya telah ditambahkan, berupa power gate. Perangkat memungkinkan Anda membuka dan menutup pintu belakang dengan gerakkan menendang di bawah bumper belakang. Dengan fungsi ini, pengguna tidak hanya dapat membuka dan menutup. Tetapi juga dapat menahan tailgate saat membuka atau menutup. Ketinggian bukaan bisa diatur sesuai kebutuhan. Selain itu, kondisi deteksi sensor pendeteksian telah diuji coba. Sehingga dapat mendukung berbagai gerakan tendangan.

Enjin konvensional Odyssey 2021 tak berubah. Ia menggunakan tipe bensin naturally aspirated 2,4 liter ( ruang bakar 2.356 cc) empat silinder segaris, i-VTEC DOHC, 16 Katup + DBW. Sistem suplai bahan bakar senantiasa pakai PGM-FI. Diameter langkahmnya 87 mm x 99,1 mm dengan perbandingan rasio kompresi 10,1:1. Jantung mekanis pemium bensin ini sanggup berdenyut hingga mencapai daya maksimum 173 PS di 6.200 rpm. Sementata momen puntir maksimum diraih 225 Nm pada 4.000 rpm. Distribusi tenaga menggunakan transmisi CVT yang diklaim sangat halus dan dapat menghemat efisiensi bahan bakar.

Tatanan kabin pun ikut berubah. Di bagian depan dilengkapi dengan berbagai fitur teknologi canggih. Misalnya One Push Ignition System, Paddle Shift, Hands-Free Telephone Switch, Tri-Zone Auto A/C with Smart Touch. Lalu tambah memikat lantaran ia memiliki meter cluster Interactive Thin Film Transistor (TFT) tujuh inci. Isinya bisa menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara. Kabin depan semakin istimewa berkat lapisan kulit di lingkar kemudi serta shift knob.

Kenyamanan ruang kabin lapang dilengkapi dengan Premium Cradle Seat + Ottoman. Ini diklaim sebagai yang pertama di dunia dan baris kedua terpanjang di kelasnya di Indonesia. Honda memberi LED Ambient Lamp untuk memberikan tambahan penerangan pada malam hari. Tidak hanya itu, konsumen bisa menikmati Power Sunroof, Side Sunshade, serta Rear Auto A/C with Smart Touch. Sementara pada baris ketiga dapat digunakan untuk menambah ruang penyimpanan. Itu berkat fitur 3-Steps Reclining Magical Storage.

Bagian pemanja telinga, Honda menyediakan head unit 8 inci. Monitor sanggup menampilkan NAVI Built-in System, Hands-Free Telephone Vehicle Setting, Bluetooth & Wi-Fi Connection. Kemudian Smartphone Connection untuk Audio serta Video. Guna menambah utilitas di dalam kabin. Ia memiliki New Auto Dimming Rear View Window, New Instrumental Panel Upper Box, New Driver Side Retractable Cup Holder. Terakhir New All Auto Up/Down Power Window.

New Honda Odyssey juga dilengkapi fitur keselamatan berteknologi. Amsal, Multi View Camera Assist guna membantu pengguna melihat keadaan sekitar. Tepatnya saat memarkir kendaraan dari berbagai sisi maupun tampilan. Bukan hanya itu, Smart Parking Assist System juga tersisip sebagai pemandu parkir. Setir dapat bergerak secara otomatis supaya memudahkan pengendara saat parkir paralel atau mundur.

Jika dibedah, fungsi Honda Sensing pada New Honda Odyssey meliputi: Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Ditemani pula oleh Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) serta Auto High Beam.

Pertama, Collision Mitigation Braking System (CMBS). Ia bekerja pakai milimeter wave radar unit. Terletak di belakang grille depan dan monocular camera di antara kaca spion tengah serta kaca depan. Keduanya terintegrasi, mendeteksi kondisi di depan mobil. Begitu Odyssey mendekati objek, ada peringatan visual dan audio. Anda diingatkan agar mengambil tindakan koreksi. Jika potensi tabrakan berlanjut, lantaran pengemudi tidak mengambil tindakan koreksi, CMBS mengambil alih. Ia segera menerapkan tahap pengereman otomatis, meski Anda tak menyentuh pedal rem sedikitpun. Jadi, perannya besar dalam mengurangi dampak tabrakan.

Yang kedua, Road Departure Mitigation (RDM). Fitur menggunakan kamera monokular untuk mengenali garis solid dan putus-putus yang terdapat di jalan raya, juga marka pembatas jalan. RDM menggunakan EPS untuk menjaga kendaraan tetap pada lajurnya. Misal, jika kendaraan terdeteksi keluar dari lajur dan melintasi garis solid pembatas jalan. Sistem bekerja melalui VSA, untuk mengembalikan kendaraan ke lajur semula. Setir sedikit memberi koreksi otomatis. Namun Anda yang tetap memegang kendali.

Ia masih satu bagian dari Lane Departure Warning (LDW). Fungsinya memberikan peringatan kepada pengemudi, jika kendaraan terdeteksi meninggalkan lajur tanpa mengaktifkan lampu sen. Sistem ini bekerja saat kendaraan melaju di antara kecepatan 72 hingga 180 km/jam. LDW menggunakan kamera yang sama, memberikan peringatan visual dan getaran sebelum sistem lainnya bekerja.

Terakhir, Adaptive Cruise Control (ACC) with Low-Speed Follow. Sangat berbeda dengan cruise control biasa. Ini memungkinkan Anda mengatur kecepatan dan jarak dengan kendaraan di depan, sesuai yang diinginkan. Kamera monokular terus-menerus mengukur jarak dengan kendaraan yang terdeteksi di depan. Lalu menyesuaikan kecepatan mobil untuk mempertahankan jarak yang telah ditentukan. Anda dapat memilih pengaturan jarak Short, Medium, Long atau Extra Long.

Guna mendukung keamanan dan keselamatan berkendara. Odyssey 2021 pakai struktur rangka G-CON + ACE™ untuk meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Sementara penghela laju kendaraan mengandalkan rem ABS + EBD + BA, Brake Override System. Lalu ketambahan Motion Adaptive EPS & VSA, Hill Start Assist (HSA) juga Emergency Stop Signal (ESS). Supaya kendaraan aman dari pelaku kejahayan. Ia telah ditambahkan New Walk-Away Auto Lock. Mobil secara otomatis terkunci saat pengguna berjalan menjauh dengan remote control. Minimal jarak 1,5 meter dari kendaraan.

Aksesori Modulo tetap disediakan HPM, agar tampilan lebih trendi. Perangkat itu antara lain Door Visor, Door Mirror Garnish, Select Knob Leather, Cargo Upper Cover dan Cargo Tray. Unit baru tersedia dalam dua pilihan warna: Platinum White Pearl atau Premium Sparkle Black Pearl. Honda juga menawarkan paket perawatan yang menjamin ongkos berkala (parts plus jasa) lebih terjangkau. Semua ditawarkan bebas dari kenaikan harga. Anda dapat memilih paket hemat satu berisi empat tahun atau 50.000 km. Kemudian paket hemat dua, delapan tahun atau 100.000 km. Pelanggan bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Maka tak heran, pabrikan melabel harga New Odyssey sangat tinggi, lantaran kelengkapannya lebih.

BMW X7 dan X3 CKD

SUV tampak disiapkan jadi primadona BMW Group Indonesia di 2021. Kita ketahui tiga varian baru BMW X diluncurkan belum lama ini. Tanpa jeda model bodi lain, dua anggota X pun langsung melanjutkan strategi peluncuran produk hari ini (24/2). Adalah sang flagship X7 dan tambahan baru di seri X3.

Memang tidak benar-benar baru dan bukan model asing. X7 sudah kita kenal hampir dua tahun sementara X3 versi teranyar baru saja mendapat penyesuaian varian basic. Jadi, apa yang membuatnya spesial?

BMW X7 xDrive40i Opulence

Bila sebelumnya “The President” dikirim utuh ke Indonesia, kini ia eksis dalam format rakitan lokal alias CKD. Tentu semua itu dibarengi penyesuaian harga. Lebih murah, kini X7 lokal dibanderol Rp 2,611 miliar (OTR Jakarta). Ada selisih sekitar Rp 100 jutaan ketimbang model CBU. Kendati begitu, bukan berarti dibikin lebih payah. Kehadirannya justru dibarengi peningkatan potensi memikat.

BMW X7 CKD

“Hari ini, BMW Indonesia siap buka babak baru dari BMW Story of Luxury, mengomunikasikan mengenai rangkaian kendaraan flagship dalam portofolio BMW, wujudkan pemahaman baru tentang kemewahan - yang menyatukan emosi, estetika inspirasional dan kenyamanan berkendara melalui peluncuran THE NEW X7. Produk flagship dari keluarga BMW X ini mewakili puncak kemewahan dan perlihatkan potensi pengembangan pasar kendaraan mewah di Indonesia. Model terbaru BMW X7 xDrive40 Opulence telah dilengkapi dengan sentuhan eksterior, fitur serta sistem semi-autonomous driving yang semakin canggih,” ujar President Director BMW Group, Ramesh Divyanathan.

Indikasi model CKD bisa dilihat dari nama trim. Bukan lagi xDrive40i Pure Excellence, kini menganut nama xDrive40i Opulence. Tapi sebetulnya tidak berbeda jauh, bumper dan grille besar dengan konten lis kromium di sekujur tubuh tetap ia kenakan. Sebagian dilabur finishing satin seperti pada roof rail dan garis aksen tubuh lain. Begitu pula ditemukan pada running board. Yang membuatnya berbeda terletak di kaki. Ganti sepatu, memanfaatkan pelek gambot 21 inci dengan wajah Y-Spoke style 752 Bicolour.

Pun di segi fitur tidak ditemukan pemangkasan kelengkapan. Sama sekali tidak ada langkah yang mengurangi keperkasaan sang Sports Activity Vehicle (SAV) flagship. Contoh pemanfaatan lampu LED adaptif plus teknologi mutakhir Laserlight. Akses pintar Comfort Access System termasuk bukaan bagasi elektris tanpa sentuhan diboyongnya. Juga di bagian akses, penegas kasta tertinggi bisa dinikmati seperti soft-close door serta kunci otomatis ketika menjauh.

Masuk kabin, komposisi enam bangku supermewah bisa ditemukan. Dua di setiap baris dengan eksklusivitas utama di posisi tengah berupa captain seat lengkap armrest dan bantalan terbungkus Alcantara. Urusan material jelas menggugah indera. Memanfaatkan pembungkus jok Vernasca Leather berpori, trim kayu gelap, bahkan karpet dasar lembut berbahan velour.

Ditambah pula ketersediaan banyak ‘mainan’ bagi pengemudi dan penumpang. Misa di depan, sistem iDrive termutakhir memungkinkan pengoperasian lewat gestur tangan dan asisten suara. Wireless charging mejeng berikut konektivitas smartphone Apple CarPlay tanpa perlu kabel. Di belakang, penumpang tengah kebagian Rear Seat Entertainment individual dengan dua buah tablet touchscreen 20,25 inci. Panoramic Sunroof besar mejeng di atap, lengkap penghias ambient light bernuansa lounge.

Suguhan kabin semakin komprehensif dengan kenikmatan pemanja telinga Bower & Wilkins Diamond Surround Sound System. Merupakan peningkatan dari sistem Harman Kardon pada model CBU. Ia menggendong 20 speaker dengan tenaga hingga 1.508 watt. Termasuk di dalamnya midrange speaker, sebaran 9 tweeter sampai ke atas kepala penumpang, serta 2 rohacell subwoofer. Permainannya disudahi cover aluminium berpola Fibonacci Effect.

Urusan kekuatan memacu, tidak ada perbedaan antara model CKD dan CBU. Dengan embel-embel xDrive40i berarti menggendong unit enam silinder TwinPower Turbo berkapasitas 3.000 cc. Lontaran tenaga sampai 340 hp di 5.500 – 6.500 rpm dibarengi torsi berlimpah 450 Nm sejak 1.500 rpm. Putaran diterjemahkan menuju keempat roda melalui sistem penggerak xDrive. Jembatannya sendiri adalah transmisi otomatis 8-kecepatan Sport Steptronic.

Walau berstatus flagship, kemampuan offroad tidak terkompromi. “xOffroad Package” disuntik ke balik tubuh untuk menyiapkan X7 sesuai medan yang akan dilalui secara otomatis. Ketinggiannya juga dapat diatur sedemikian rupa lewat suspensi udara dengan rentang jarak hingga 80 mm.

Soal asisten berkendara tidak perlu ditanya lagi. Perpaduan antara kamera dan radar melahirkan banyak asisten di pos tertentu. Bantuannya bejibun, mulai dari meminimalisir risiko celaka lewat peringatan hingga melakukan tindakan kendali aktif. Namun satu sorotan utama pada penyempurnaan model CKD adalah penambahan fitur Active Cruise Control with Stop&Go Function. Tak hanya bisa menyesuaikan irama laju dengan mobil di depan saat melaju cepat, kemungkinannya sampai membantu mengurangi stress dalam kemacetan. Rasa semi-otonom apalagi ditambah kemampuan parkir – paralel atau seri – dan mundur otomatis.

BMW X3 xDrive30i M sport

Lantas ada apa lagi dengan X3? Sebab diingat kembali, akhir Januari baru saja meluncur revisi opsi di vaian entry level sDrive20i. Ternyata, ini adalah varian baru. Kali ini mereka datangkan kasta atas X3 xDrive30i M Sport. Berstatus CKD, ia dipasarkan seharga Rp 1,294 miliar (OTR Jakarta).

BMW X3 CKD

“Pada hari ini juga kami kembali memperlihatkan komitmen BMW Group Indonesia untuk dukung industri otomotif Indonesia dengan memperluas lini produksi BMW di Production Network 2, Gaya Motor, Jakarta melalui peluncuran varian kedua dari BMW X3 yaitu BMW X3 xDrive30i M Sport. Varian terbaru ini hadir dengan desain eksterior dan interior BMW M Sport yang ikonik dan sporty, serta ragam fitur pintar terbaru,” tambah Ramesh.

Satu hal pembeda paling signifikan tergambar dari imbuhan xDrive30i. Penunjuk strata sebagai tipe dengan tenaga lebih besar dan sistem penggerak empat roda. Di balik bonnet tertanam pemacu bensin empat silinder 2,0 liter TwinPower Turbo plus sorotan teknologi seperti High Precision Direct Injection dan katup variabel Double-Vanos. Suguhkan gelontoran daya hingga 252 hp dan torsi 350 Nm menuju keempat roda lewat girboks otomatis 8-Speed Sport Steptronic dan sistem AWD xDrive.

Diferensiasi lain ditunjukkan oleh nama trim M Sport. Terpancar aura sporty dari pakaian spesifik M Sport Exterior Package yang kecenderungannya mengarah ke pengukir aspal. Permainan rongga besar menghiasi area bumper depan. Sama halnya di buritan, elemen bumper bak diffuser besar disandingkan dual exhaust pipe sehingga bikin bokong semakin terlihat agresif. Belum lagi M Aerodynamic Package demi aliran udara optimal terutama ke sisi pendingin sistem pengereman.

Komposisi eksterior ini dilengkapi fitur kekinian. Pendar lampu Adaptive LED plus selective-beam dipakai agar sinaran terang tidak menyilaukan pengemudi lain saat malam hari. Lampu kabut LED terpasang di bawah bumper dengan postur melintang. Untuk urusan akses dipastikan sesuai ekspektasi harga. Tertanam smart entry Comfort Access lengkap bukaan bagasi elektrik lewat ayunan kaki.

Paling menarik justru sepatunya. Pakai pelek 20 inci M Light Alloy Wheels Double Spoke style 699 M. Menyudahi karakteristik gahar X3 xDrive30i M Sport. Tapi bukan sebatas aura sebab kelengkapan di balik tubuh turut dibuat fungsional mendukung gaya. Seminimalnya dapat dilihat M Sport Brake bersemayam di balik roda. Merupakan konstruksi piringan ringan serta kaliper besar dikelir biru.

Tubuhnya menyembunyikan potensi yang dapat membuat sensasi berkendara semakin seru. Contoh redaman suspensi adaptif, bermain bersama variable sport steering. Memberikan nilai sporty pada bobot kemudi, kecepatan arah belok, dan disokong kekerasan bantingan sesuai kebutuhan.

Dalam kabin, sensasi motorsport tertuang dalam wujud sport seat khusus bangku depan. Ditambah pula M Leather steering wheel dan paddle shifter. Namun unsur mewah juga tidak dilupakan. Panorama glass roof mendominasi atap demi suguhkan cahaya alami ke kabin. AC tiga zona, display full digital, dan sistem iDrive termutakhir menjadi unsur kecanggihan nan berkelas. Telinga kemudian akan dimanja oleh sound system racikan Harman Kardon. Menganut aransemen 16 speaker berkekuatan 464 watt. (Tim OTO Group)

Baca Juga: 11 Supercar Keren yang Jadi Mobil Dinas Polisi