11 Supercar Keren yang Digunakan Polisi Dunia, Indonesia Pakai Apa?

11 Supercar Keren yang Digunakan Polisi Dunia, Indonesia Pakai Apa?

Kalau di film-flm kita seringkali melihat adegan polisi mengejar penjahat. Mobil polisi digambarkan punya kemampuan hebat dan tak kalah dengan mereka yang dikejar. Toh, itu gambaran di film. Aslinya, beberapa negara bahkan menggunakan supercar sebagai mobil polisi.

Jika bicara memanjakan polisi, makan Uni Emirat Arab (UEA) adalah biangnya. Sebagai kumpulan negara superkaya, pengguna supercar juga banyak di wilayah ini. Tak mau kalah, kepolisian Dubai melengkapi mobil patrolinya dengan Bugatti Veyron, Porsche 918 Spyder dan Lamborghini Aventador. Mobil-mobil tersebut ditujukan untuk berpatroli di area pariwisata dan menjadi mobil pameran di mal-mal Dubai.

Ternyata selain UEA, beberapa negara lain juga memakai supercar untuk memperkuat kepolisian. Kepolisian di Amerika Serikat dan negara-negara Eropa memang lumayan dimanjakan dengan mobil-mobil keren. Polisi Amerika mendapat Ford Explorers dan Dodge Chargers. Jerman punya Brabus, Porsche, Mustang. Indonesia juga tak mau kalah lho, pakai apa?

Porsche 911 Carrera

1. Porsche 911 Carrera (Austria)

Departemen Kepolisian Austria mendapatkan pinjaman Porsche 911 Carerra pada 2017. Merupakan bentuk dari kerja sama antara Kepolisian Austria dengan Porsche Austria. Bahkan, Direktur Porsche Austria, Dr. Helmut Eggert menyampaikan kemitraan ini telah terjalin begitu lama. Pada 1960-1970-an, kepolisian setempat sudah menggunakan Porsche sebagai mobil patrolinya.

Porsche 911 Carrera memiliki tampilan dengan warna biru tua, merah dan silver sesuai dengan tampilan mobil polisi Austria. 911 Carrera menggendong mesin 6-silinder 3.0-liter yang menghasilkan tenaga maksimal hingga 365 hp.

Baca juga: Dipastikan Unggul Soal Nilai Fitur dan Harga, Pertimbangkan dulu Hal ini Sebelum Beli Kia Sonet

BMW M5

2. BMW M5 Competition (Australia)

Pada 2019 lalu, kepolisian Victoria, Australia memborong 12 unit BMW M5 Competition. Ini merupakan sedan sport mewah yang memiliki tenaga hingga 617 hp dan torsi 750 Nm. Kemampuannya tersebut bersumber dari mesin V8 4.4-liter Twin Turbo yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan. Kemampuannya dalam menempuh 0-100 km per jam adalah dalam 3,3 detik. Sedangkan kemampuan berlari tercepatnya mencapai 190 mph atau sekytar 305 kph.

BMW Australia mengatakan BMW 530d yang dimiliki sebelumnya membuat terkesan kepolisian Australia. Itulah yang membuat mereka memborong M5 dengan tenaga dan perfoma yang lebih luar biasa. Sebagai informasi, bahwa BMW M5 Competition ini merupakan mobil polisi yang paling cepat di seluruh Australia. Mau coba-coba bikin ulah sama patwal Aussie?

Lamborghini Huaracan 2017

3. Lamborghini Huracan Polizia (Italia)

Mungkin supercar yang satu ini bisa bikin iri polisi-polisi di negara lain. Pasalnya produksi Huracan Polizia diurus langsung oleh CEO Lamborghini Stefano Domenicali, yang pernah jadi big boss tim Ferrari F1. Mobilnya ditugaskan menjadi mobil polisi lalu lintas di jalan tol Bologna, Italia dekat kandang mobil banteng tersebut.

Lamborghini Huracan Polizia didesain dengan motif polisi Italia berkelir biru dan putih. Kemudian terdapat aksen bendera kenegaraan di bagian samping mobil. Mesin yang digendong oleh sang Banteng adalah V10 5.2-liter, menghasilkan tenaga hingga 610 hp. Bahkan, ia mampu berakselerasi dari posisi diam ke 100 km/jam dalam 2,8 detik. Bagian dalamnya dilengkapi dengan peralatan standar polisi seperti tempat senjata, VFH radio, dan berbagai perangkat lainnya. Di bagian atas terdapat lampy merah dan putih alias strobo.

Baca juga: Daftar 10 MPV Favorit yang Bisa Jadi Pilihan di Awal 2021

Volvo V90

4. Volvo V90 (Swedia)

Dari daftar mobil mewah milik kepolisian ini, mungkin tunggangan yang paling adem dan tak mencolok adalah Volvo V90. Pasalnya, pabrikan dan kepolisian setempat lebih mengutamakan kendaraan yang memiliki tingkat keselamatan yang tinggi dan nyaman. Meski prioritasnya begitu, Volvo V90 bisa jadi mobil darurat dan kondisi yang membutuhkan pengendaraan kecepatan tinggi.

Dalam hal pengujian sebagai mobil patrol polisi, V90 sudah mendapatkan nilai tertinggi yakni 9,2 poin (dari poin 1-10) dan mampu melewati pengujian yang telah ditentukan. Test itu meliputi pengendaraan mobil dalam kecepatan tinggi, jalur dengan rintangan, pengujian rem, dan melakukan gerakan menghindar baik dengan rem ataupun tidak. Volvo V90 dibekali dengan mesin 4-silinder 2.0-liter Turbo, menghasilkan tenaga 316 hp yang dialirkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Volvo V90 diluncurkan pada awal 2017, dan polisi Swedia menjadi yang pertama menggunakannya secara resmi.

Brabus Rocket CLS

5. Brabus Rocket CLS (Jerman)

Demi mendukung kampanye lalu lintas di Jerman “Tune It! Safe!, kementrian lalu lintas Jerman bekerjasama dengan Brabus memproduksi Brabus CLS Rocket untuk kendaraan kepolisian Jerman. Basisnya Mercedes-Benz CLS Class yang dibekali dengan mesin V12 6.2-liter Twin Turbo. Menyemburkan tenaga hingga 730hp. Mobil ini mendebut pada Essen Motor Show 2006.

Tampilannya sudah disesuaikan dengan kendaraan dinas polisi Jerman dengan motif warna biru dan silver. Sayangnya, tak dioperasikan secara langsung oleh kepolisian Jerman, melainkan hanya untuk show car di ragam kegiatan. Okelah, setidaknya berbagai spesifikasi wah dimilikiya. Termasuk kemampuan berlari 225,19 mph atau 362,4 kph.

Baca juga: Kenali Sejarah dan Model Type R pada Mobil Honda

Lexus-LC500

6. Lexus LC500 (Jepang)

Setelah resmi menggunakan Nissan GT-R sebagai mobil patroli, kepolisian Jepang mendapat hibahan Lexus LC500 coupe sebagai kendaraan dinasnya. LC500 langsung mendapat tugas sebagai mobil unit lalu lintas di Tochigi, Jepang Timur. Di desain sesuai dengan identitas kepolisian, Lexus LC500 diberi sentuhan cat dua warna hitam putih pada eksterior dan lampu rotator di atas.

Dibekali dengan mesin V8 5.0-liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 10-percepatan. Hasilnya, mobil memiliki tenaga maksimal 400 hp dan torsi 539 Nm yang dapat melesat 0 - 100 km/jam hanya dalam 4,7 detik dengan kecepatan maksimal disebutkan berada di angka 168 mph atau 270 kph. Jadi buat kalian jangan ngebut-ngebut kalau nyetir di Jepang, nanti dikejar Polisi pakai Lexus.

Spyker C8 Spyder

7. Spyker C8 Spyder (Belanda)

Tak mau kalah, Belanda juga menyiapkan satu supercar untuk kepolisiannya. Belanda memilih menggunakan Spyker C8 Spyder convertible. Secara tampilan ia terlihat cukup unik untuk ukuran mobil patroli. Pasalnya mobil ini merupakan buatan pabrikan lokal dan diproduksi sangat terbatas. Meski demikian, mampu melesat hingga kecepatan maksimal di 300 km/jam.

Hal tersebut berkat mesin Audi V8 4.2-liter yang tertana di bawah kap mesinnya. Menghasilkan tenaga maksimal hingga 400 hp dan mampu melesat 0-100 km/jam dalam waktu 4,5 detik saja. Cukup cepat untuk mengejar berandalan di jalan raya. Harganya dikabarkan mencapai US$ 340 ribu atau sekitar Rp 4,75 miliar. Wah.

Baca juga: Kisah Lahirnya Hypercar Koenigsegg, Terinspirasi dari Film Kartun

Ford Police Interceptor

8. Ford Police Interceptor (Amerika Serikat)

Berbeda dengan beberapa negara lain, Amerika Serikat banyak memilih Ford sebagai kendaraan operasionalnya. Salah satunya adalah Ford Interceptor. Meskipun bukan sebuah sedan sport namun komposisi yang terkandung dalam Ford Interceptor ini cukup bikin geleng kepala. SUV yang memiliki tenaga maksimal 400 hp dan torsi 562 Nm. Bersumber dari mesin Ecoboost V6 3.0-liter Twin Turbo dan berpenggerak roda belakang.

Ford membuatnya khusus untuk dijadikan mobil patroli polisi AS, oleh karena itu tampilannya telah disesuaikan dengan kebutuhannya. Misalnya pemasangan semacam teralis di setiap jendela dan bumper tambahan di depannya. Ford Police Interceptor ini juga sudah melalui uji tabrak dengan kecepatan maksimal 120 km/jam.

Lykan Hypersport

9. Lykan Hypersport (Abu Dhabi)

Salah satu supercar yang memperkuat kepolisian Uni Emirat Arab (UEA) adalah Lykan Hypersport. Dipakai oleh kepolisian Abu Dhabi, sebagai salah satu propinsi terkaya di UEA. Supercar seharga US$ 3,4 juta (sekitar Rp 40 miliar) itu diproduksi W Motors yang berbasis di Dubai. Jumlahnya pun sangat terbatas dan mulai dikenal publik karena pernah dipakai suting film Fast and Furious.

Supercar ini memiliki tenaga 740 hp dan mampu melesat 0-100 km/jam dalam 2,8 detik. Kemampuannya itu didukung mesin 6-silinder 3.7-liter turbocharged yang dikembangkan oleh Ruf Automobile. Kalau nonton Fast & Furious pasti pernah lihat penampakannya.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Kendaraan LCGC Awal 2021 Berbanderol Murah

Aston Martin One-77

10. Aston Martin One-77 (Dubai)

Kalau bicara soal supercar polisi maka Dubai adalah pusatnya. Salah satu Emirat di UEA ini punya banyak. Lamborghini Aventador, BMW i8, Ferrari FF, Porsche 918 Spyder, McLaren MP4-12C, SLS AMG, bahkan Bugatti Veyron. Tapi ada satu model yang dimiliki kepolisian Dubai yang menarik yaitu Aston Martin One-77. Pasalnya ini adalah Aston Martin langka. Mobil ini dipinang kepolisian Dubai pada 2013 lalu dengan harga USD 1,8 Juta (sekitar Rp 24 milyar).

Keunggulan One-77 adalah produksi bodi alumuniumnya dikerjakan secara manual oleh tangan manusia dan sasis monokoknya terbuat dari serat karbon. Sesuai dengan namanya, hanya diproduksi 77 unit di dunia. Aston Martin menyematkan mesin V12 7.3-liter yang menghasilkan tenaga maksimal 750 hp dan torsi 750 Nm.

Hyundai Kona EV

Hyundai Kona EV (Foto: Instagram Prosignal Indonesia)

11. Hyundai Kona EV (Indonesia)

Bagaimana dengan Indonesia? Kita mungkin tak asing dengan Mitsubishi Galant, Toyota Fortuner, dan Mazda6. Terakhir ada nama mobil listrik Hyundai Kona Electric. Mobil tanpa emisi tersebut rupanya akan menjadi kendaraan dinas petugas Patroli dan Pengawalan (Patwal) Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar. Hal itu terlihat dari unggahan akun Instagram Prosignal Indonesia, Hyundai Kona listrik sudah diselimuti livery khas dinas Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas).

Hyundai Kona listrik khusus kendaraan Patwal itu merupakan satu dari tiga unit mobil pemberian Hyundai Motors Indonesia (HMID), yang dilaksanakan 29 Desember 2020 lalu.Dua unit akan digunakan sebagai kendaraan operasional kedinasan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum. Satu unit lainnya berupa Hyundai Kona akan digunakan sebagai operasional Patwal gubernur, demikian seperti mengutip keterangan resmi Humas Jabar.

Hyundai Kona listrik menggendong baterai dengan kapasitas 39,2 kWh. Di atas kertas dalam sekali isi penuh kemampuan jelajahnya hingga 345 km. Motor listriknya mampu menghasilkan tenaga hingga 134 dk dan torsi puncak 393 Nm. Klaim pabrikan, dari diam hingga kecepatan 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 9,7 detik dan laju maksimalnya hingga 155 km/jam.

Oh ya, Hyundai Kona listrik merupakan salah satu mobil listrik termurah di Indonesia, dipasarkan dengan harga Rp 674,8 juta. Sedangkan model lain yang lebih murah adalah Hyundai Ioniq listrik, yang harganya Rp 624,8 juta dengan spesifikasi hampir serupa Kona.

(Ndo/Raju)

Sumber: Ragam Sumber