jakarta-selatan
kali dibagikan

Nissan Makin ‘Gila’ dalam Produksi Q30 dan QX30

  • 16 Jun, 2015
  • 1221 Kali Dilihat

JAKARTA: Pasar otomotif saat ini sedang diserbu oleh mobil kecil premium, dan tampaknya Infiniti siap untuk terjun ke dalam persaingan yang ketat ini. Demi menantang sang rival, BMW Seri 1 dan Audi A3, merek mewah yang berada dibawah naungan Nissan Motor, Infiniti, akan memaksimalkan proyek pengembangan dan produksi dua model hatchback terbaru mereka. Adapun model terbaru yang akan segera memasuki jalur produksi tersebut adalah hatchback Q30 dan QX30 yang sebelumnya telah diperkenalkan tahun lalu oleh Nissan. Kali ini, keseriusan Nissan Motor dalam menggarap mengembangkan duo maut ini tidak main-main. Khusus untuk memproduksi kedua mobil premium tersebut, Nissan Infiniti dikabarkan akan merekrut 300 pekerja baru.

Model Q30 dan QX30 akan dibuat di pusat produksi Nissan di kota Sunderland, Inggris. Untuk menyiapkan kelahiran kedua model hatchback ini di segmen premium, pabrikan asal Jepang tersebut mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Carmagazine menyebutkan, Selasa (16/6/2015), Nissan Motor telah menginvestasikan dana 250 juta poundsterling atau sekitar Rp 2,5 triliun hanya untuk proyek pengembangan dan produksi dua model kendaraan tersebut.

Rencananya, Infiniti Q30 akan memasuki jalur produksi lebih dahulu ketimbang QX30. Mobil mewah tersebut akan diproduksi pada awal kuartal keempat tahun ini, sekitar Oktober dan November 2015. Berdasarkan klaim dari pihak Nissan, Infiniti Q30 akan diproduksi secara massal dan akan menjadi model dengan volume produksi terbanyak selama 23 tahun pabrik Sunderland beroperasi. Kedua model ini akan dilepas untuk pasar global, termasuk Amerika Utara dan China. Kabarnya, kapasitas produksi di pabrik Sunderland, direncanakan mencapai 60.000 unit setahun.

Sekilas informasi, versi produksi dari crossover QX30 dan Q30 ini rencananya akan dibangun pada platform MFA dari Mercedes-Benz, yang berarti bahwa keduanya tampaknya akan berukuran sama dengan A-Class dan GLA. Kendati demikian, tentunya Q30 dan QX30 memiliki perbedaan dalam hal interior maupun eksterior. Infiniti Q30 memulai debut perdananya di ajang Frankfurt Motor Show 2013, sebuah mobil yang menggabungkan konsep coupe, hatchback, dan crossover dengan karakter kontemporer dan mewah.  Sementara itu, Infiniti QX30 secara resmi diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show 2015 pada Maret yang lalu. Mobil tersebut merupakan kreasi terbaru dari Nissan, yang terinspirasi dari model Q30. Prototipe mobil ini hadir dengan balutan cat warna logam dan mendapatkan beberapa cladding bodi, desain eksterior yang macho, pelek ukuran 21 inchi, dan beberapa sentuhan desain lainnya yang berkarakter dinamis. Selain itu, desain interior QX30 juga berbeda dibandingkan dengan Q30 , dengan tata letak empat jok penumpang berbalut kulit ekslusif berwarna two-tone serta pencahayaan LED. Untuk urusan dapur pacunya, Infiniti QX30 akan dibekali dengan mesin empat silinder turbocharged kapasitas 2.0 liter yang dipadukan dengan transmisi otomatis tujuh percepatan.

  • Diterbitkan Oleh
    OTO

Promo Populer di Jakarta Selatan

Video Infiniti Q30

Lihat video terbaru Infiniti Q30 untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Infiniti Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi