• Wishlist

Mercedes-Benz G-Class Anyar Siap Mendebut

Mercedes-Benz G-Class Anyar Siap Mendebut

Sudah dikonfirmasi, generasi terbaru Mercedes-Benz G-Class mendebut pada 15 Januari. Tepatnya pada motor show di Detroit, Amerika Serikat. Konfirmasi datang langsung dari manufaktur melalui video yang dirilis. Sayang detailnya masih disamarkan pada video itu.

Untungnya, beberapa bocoran preview sudah pernah beredar di dunia maya dan memperlihatkan desain maupun sejumlah fitur untuk Glandewagen. Kami pun sudah pernah mengulas soal bocoran interiornya, yang menampilkan layar infotainment besar pada dasbor dan trim silver metalik. Jumlah tombol juga tak banyak pada dasbor G-Class baru nanti. Desainnya bersih dan berkelas, bak S-Class, hanya saja lebih bernuansa SUV. Dibandingkan G-Class yang masih beredar, generasi baru tentu lebih banyak teknologi elektronik. Tujuannya, agar G-Class bisa bertahan lebih lama lagi dari gerusan zaman. Mungkin sampai 50 tahun ke depan.

G-class meluncur

Meski secara penampilan hampir tak berubah, G-Class generasi baru punya banyak peningkatan. Konstruksi bangun ada aluminiumnya, jadi mengurangi bobot hingga 160 kg dan meningkatkan kekakuan torsi hingga 30 persen. Bandingkan dengan generasi sebelumnya yang sejak tahun 70'an menggunakan baja sebagai mayoritas material. Chassis juga dikembangkan dimensinya beserta suspensi baru dengan peredam yang dapat disetel. Chassis baru menjamin keselamatan lebih saat terjadi tabrakan, peningkatan performa berkendara di jalanan dan tentu saja kemampuan menderek hingga 3.500 kg beban, yang dimungkinkan karena menggunakan chassis ladder-frame.

Dengan chassis baru, kabin G-Class juga jadi lebih lega. Ada peningkatan hingga 150 mm untuk ruang kaki dan bagasi dengan daya muat 487 liter. Fitur safety juga tak ketinggalan dibenahi. G-Class baru punya Active Lane Keeping Assistant dan sistem Pre-Safe collision.

G-class semakin modern

Pilihan mesin menjadi peningkatan yang signifikan. Termasuk di dalamnya ada mesin diesel 6-silinder 2,9 liter dan mesin bensin turbocharger V8 4,0 liter dengan dua pilihan output. Transmisinya ditangani oleh 9G-Tronic dan ada tiga penguncian differential untuk mengarungi medan tak ramah serta low-range gear.

Ya, meski berbalut kemewahan, G-Class baru nanti masih merupakan alat praktis untuk off-road. Dilansir dari situs Autocar Inggris, G-Class anyar punya spesifikasi kemampuan off-road maksimal. Bahkan ada fitur pendukung 360 derajat kamera yang bisa melihat sekeliling mobil. Fitur itu jelas berguna saat berkelana off-road.

Sisanya harus bersabar karena detail desain eksterior, interior dan fitur dari G-Class generasi terbaru dibeberkan pada Detroit Motor Show atau dikenal juga dengan North American International Auto Show (NAIAS) yang digelar pada 13 - 28 Januari 2018. Kita nantikan saja. (Tom/Odi)

Baca Juga: Interior Mercedes-Benz G-Class Baru Tampil Modern

Sumber: Autocar, Automobilemag

Jelajahi Mercedes Benz G-Class

Mercedes Benz G-Class Rp 5,66 Milyar Cicilan : Rp 129,03 Juta

Bandingkan & Rekomendasi