jakarta-selatan

Komparasi Chevrolet Trax Lawan Honda HR-V

  • 18 Okt, 2017
  • 16713 Kali Dilihat

Segmen mini SUV (Sport Utility Vehicle) menjadi berkembang dalam beberapa tahun terakhir. Tak kecuali di Indonesia. Mobil-mobil di kelas ini, biasanya menjagokan desain yang atraktif dan kepraktisan khas SUV dalam dimensi yang ringkas. Dua di antaranya Honda HR-V dan Chevrolet Trax. Mana yang lebih layak Anda pilih?


Harga


harga trax dan hrv


HR-V di Indonesia dijual dalam dua pilihan mesin, 1,5 liter dan 1,8 liter. Harganya mulai Rp 272 juta untuk tipe terendah dan Rp 403 juta tipe termahalnya. Sementara Chevrolet Trax hanya dijual dalam satu pilihan mesin dan transmisi, 1,4 liter dengan transmisi otomatis 6-speed. Harganya, Rp 286 juta untuk tipe LT dan Rp 312 juta varian LTZ.


Melihat harganya saja, sudah jelas Chevrolet Trax punya nilai yang kompetitif. Karena Trax tak punya mesin 1,8 liter maka supaya adil kita singkirkan dulu Honda HR-V bermesin 1,8 liter. Harga varian termewah HR-V bermesin 1,5 liter Rp 332 juta (HR-V 1.5 E CVT Mugen), masih lebih mahal Rp 20 juta dari Trax. Bagaimana dengan performa mesinnya?


Performa


performa hrv lawan trax


Mesin Trax berkapasitas 1,4 liter dengan output 140 PS pada 4.900-6.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm pada 1.850-4.900 rpm. Sementara itu HR-V berkapasitas 1,5 liter, menghasilkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm. Menarik karena walau mesin Trax lebih kecil kapasitasya dari HR-V, tapi performanya justru unggul secara signifikan. Percaya atau tidak, bahkan performa mesin kecil Trax masih lebih baik dari performa mesin HR-V 1.8. Nih, mesin HR-V berkapasitas 1,8 liter cuma bertenaga 139 PS pada 6.500 rpm dengan torsi puncak 169 Nm pada 4.300 rpm.


Faktanya, Trax dengan kapasitas lebih kecil pasti menawarkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien, terutama saat menghadapi situasi stop and go atau macet. Sudah lebih irit, lebih bertenaga, harga Trax lebih murah lagi! Tapi tunggu dulu, bagaimana dengan fiturnya?


Fitur


Chevrolet Trax 1.4 LTZ AT 2017 (11)


Jangan dikira Trax yang harganya lebih murah punya fitur tak selengkap HR-V. Ternyata, justru sebaliknya! Sekarang kita bahas satu per satu. Dari luar, bagian depan HR-V bermesin 1,5 liter masih pakai lampu halogen dengan reflektor standar. Sementara Trax dibekali lampu model proyektor dengan LED Daytime Running Ligth (DRL) yang berpadu dinamis dengan dual port grille terbaru yang menawan. Untungnya, lampu belakang HR-V sudah LED sama seperti Trax.


Ke bagian samping, pelek yang dipakai Trax berdiameter 18-inci atau lebih besar 1-inci dari pelek HR-V 1.5 E CVT. Hasilnya, karet bulat yang membalut pelek Trax punya ukuran yang lebih besar pula. Ban Trax LTZ berukuran 215/55R18 sementara ban HR-V 215/55R17.


interior trax


Masuk ke bagian dalam, tanpa ampun Trax tak berhenti menggempur HR-V. Electric sunroof jadi sebabnya. Iya HR-V memang memiliki sunroof juga, tapi hanya untuk varian bermesin 1,8 liter. Jadi, HR-V 1.5 E CVT Mugen tak dibekali sunroof, sementara Trax 1.4 LTZ sudah. Nah loh!


Begitupun dengan sistem multimedianya. Trax memakai head unit audio MyLink berukuran 7-inci yang dapat mirroring dengan smartphone. Jadi bisa menampilkan aplikasi navigasi dari smartphone. Bahkan Trax sudah tersedia fitur voice command atau perintah suara. Sedang sistem multimedia HR-V 1.5 berukuran 6,1 inci dan belum bisa mirroring. Apalagi voice command.


Jok Trax dan HR-V sama-sama kombinasi kulit dan bahan fabric. Namun lingkar kemudi Trax LTZ sudah dibalut kulit sedang HR-V belum. Beruntung pada lingkar kemudi HR-V terdapat paddle-shift untuk mengoperasikan perpindahan gigi transmisi otomatis CVT (Continuous Variable Transmission) miliknya secara manual. Trax pakai transmisi otomatis tiptronic 6-speed dengan mode perindahan gigi manual lewat tombol +/- di tuas transmisi.



[caption id="attachment_68968" align="alignnone" width="650"]AC-kontrol Auto A/C Milik Honda HR-V[/caption]

 


Fitur bantuan seperti smart entry dan tombol start-stop engine dimiliki baik oleh Trax maupun HR-V. Begitupun dengan fitur cruise control tersedia pada kedua mobil ini.


Tapi tak ada gading yang tak retak, ternyata tak seluruhnya Trax lebih baik dari HR-V. Akhirnya, pemilik HR-V punya juga keunggulan yang bisa disombongkan ke pemilik Trax. Pertama, HR-V punya tombol pengaturan AC jenis touchscreen. Sudah otomatis lagi. Trax masih model konvensional dengan knob putar manual. Selain itu, HR-V juga menyuguhkan electric parking brake untuk kemudahan pengemudinya. Trax masih pakai cara tradisional, tarik tuas rem tangan.


Keselamatan, Keamanan dan Kesimpulan


Chevrolet TRax LT


Bagaimana dengan fitur keselamatan dan keamanan? Dua jempol kami berikan kepada Chevrolet karena lebih peduli pada keselamatan penghuni kabin. Trax melindungi penumpangnya dengan 6 airbags yang tersebar di dalam kabin. Sementara HR-V 1.5 cuma menyiapkan dua airbag khusus penumpang depan saja. Side and curtain airbags hanya tersedia pada HR-V 1.8 saja. Untungnya fitur keselamatan standar seperti rem ABS, EBD dan BA tersedia pada HR-V 1.5. Fitur ini juga ada di Trax.


HR-V Mugen


Sama seperti Trax, HR-V 1.5 didukung dengan Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist. Tapi, Trax sedikit lebih canggih dengan Hill Descent Control untuk menjaga kecepatan secara konstan saat menghadapi jalanan yang menurun. Kunci immobilizer antimaling dimiliki kedua compact crossover ini.


Nah, sudah tahu kan perbedaan yang dimiliki kedua mobil ini? Sekarang tinggal Anda sendiri yang menilai mana mobil yang memiliki value for money terbaik. (Rzk/Odi)


Baca Juga: Honda HR-V Lawan Suzuki SX4 S-Cross, Mana Lebih Unggul?

Komparasi Trax vs HRV

Chevrolet Trax
Rp292,5 - Rp318,5 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
VS
Honda HRV
Rp284,5 - Rp400 Juta
  • Tempat Duduk
  • Mesin
  • Tenaga
Trax vs HRV
kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Komparasi