Kerjasama Google dan Fiat-Chrysler Untuk Meluncurkan Mobil Otonom

Kerjasama Google dan Fiat-Chrysler Untuk Meluncurkan Mobil Otonom

Google dan Fiat Chrysler Automobiles (FCA) mengumumkan kerjasama mereka dalam membuat mobil otonom atau self driving car. Kerjasama ini menjadi yang pertama kalinya dilakukan oleh pabrikan mobil konvensional dengan perusahaan internet untuk mengembangkan mobil penumpang berjenis Minivan yang bisa bergerak secara auto pilot, yakni Chrysler Pacifica Hybrid.

Sejak Google mengembangkan sistem ini pada 2009, baru akhir-akhir ini Google memberikan sinyal untuk bekerjasama dengan pabrikan mobil penumpang terutama yang berpotensi sebagai mobil komersial seperti Minivan.

Mobil otonomus google

“FCA mempunyai tim ahli yang cekatan, dan Minivan Chrysler Pacifica Hybrid sangat cocok untuk teknologi Google self driving. Kesempatan untuk bekerjasama dengan insinyur FCA akan mempercepat upaya kami dalam mengembangkan mobil yang dapat melaju sendiri yang nantinya akan membuat jalanan lebih aman dan memungkinkan mereka yang tak bisa mengendarai mobil tetap bisa mencapai tujuan,” ujar CEO Google Self-Driving Car Project, John Krafcik dalam rilis yang diedarkan.

Mobil yang dapat bergerak sendiri berpotensi menghindari bahaya dari 33.000 kematian akibat kecelakaan di jalan raya, di mana 90% penyebabnya adalah human error. Kerjasama ini akan membantu kedua perusahaan untuk lebih memahami apa yang dibutuhkan untuk membawa mobil yang bisa bergerak sendiri, ke seluruh dunia.

Hal senada juga diungkapkan CEO FCA, Sergio Marchionne, “Bekerjasama dengan Google akan memberikan FCA kesempatan untuk bermitra dengan salah satu perusahaan teknologi paling maju di dunia untuk mempercepat pola inovasi di industri otomotif.” Pengalaman yang dimiliki kedua perusahaan akan menjadi dasar dalam mengembangkan solusi mobil autonom yang akan benar-benar memberikan manfaat pada penggunanya.

Dalam kerjasama ini 100 unit Chrysler Pacifica Hybrid yang dirancang khusus untuk Google akan diintegrasikan dengan sistem Google self driving untuk uji coba sistem ini di mobil penumpang. Google juga akan menyesuaikan sensor-sensor dan sistem komputer yang sudah ada di dalam Pacifica agar dapat menentukan pergerakan berdasarkan navigasi yang dirancang Google.

Kedua perusahaan akan menempatkan sebagian tim insinyur mereka di tenggara Michigan untuk merancang desain, menguji dan merakit mobil Chrysler Pacifica Autonomus. Saat ini, mobil otonom Google sedang di tes di empat kota Amerika Serikat. Khusus untuk Pacifica Hybrid, akan diuji terlebih dahulu di trek khusus di California, sebelum dilenggangkan di jalan raya.

Seperti dilansir Autoblog, proyek ini direncanakan rampung pada akhir tahun, dan masuk ke lini produksi secepatnya. Saat inipun kedua belah pihak masih terus melobi regulator baik itu pemerintah dan pihak terkait agar menetappkan regulasi khusus untuk mobil ini.

Baca Juga: Google Capital Berinvestasi Di Induk Perusahaan CarBay, GirnarSoft

Sumber: Autoblog

Jelajahi Chrysler 300

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Chrysler 300 Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Chrysler 300

Tren Sedan

  • Yang Akan Datang