Kelebihan Daihatsu Sigra Dibanding Toyota Calya

Kelebihan Daihatsu Sigra Dibanding Toyota Calya

Bak pinang dibelah dua, itulah Sigra dan Calya. Sangat mirip, namun tetap ada diferensiasi yang bisa dijumpai. Calya diposisikan di atas Sigra, soal kelengkapannya. Sudah jadi tradisi, seperti yang terjadi pada duet Avanza-Xenia dan Rush-Terios. Meski begitu, Sigra punya sejumlah kelebihan dibanding Calya.

calya tipe e

Pada facelift, baik Sigra dan Calya mendapat penyegaran, yang sebagian besar sama. Hanya berbeda satu dua poin. Tapi itu jadi kelebihan Sigra yang pertama. Pada tipe tertinggi, Sigra dilengkapi head unit layar sentuh. Tak terlalu besar dimensinya. Namun bisa mengakomodir kebutuhan hiburan dalam kabin.

Hebatnya lagi, layar itu bisa menampilkan tangkapan kamera di belakang. Ya, Sigra tipe R punya kamera parkir mundur. Sedang Calya tak punya. Malah, ada acuan garis untuk parkir pada kamera Sigra. Sungguh fitur mahal yang jarang bisa dijumpai pada mobil kelas bawah. Memang pemilik Calya bisa menambahkannya sendiri, contoh melalui after market. Tapi pada akhirnya, biaya ekstra harus direlakan. Hanya saja Calya tersedia audio steering switch. Pengaturan head unit makin mudah dan tidak ada di Sigra tipe manapun.

Soal biaya, harga juga jadi kelebihan Sigra. Secara umum, Sigra lebih murah dari Calya. Harga Sigra tipe R termahal Rp 156,75 juta, sedang Calya tipe G Rp 158,4 juta. Memang diferensiasinya hanya sekitar Rp 2 juta. Tapi dengan ekstra fitur kamera parkir mundur itu tadi, piala value for money jelas dipegang Sigra.

Tentang desain memang tak jauh berbeda. Belum lagi mempertimbangkan selera. Tapi wajah Sigra facelift, lebih menawan ketimbang Calya. Khususnya area bumper, dengan pahatan dan lipatan yang tak berlebihan. Area lampu kabut juga terlihat pas dan mirip punya Rush-Terios.

Interior pun begitu. Pemilihan warna kabin kombinasi abu-abu tua dan muda sangat aman. Calya memakai warna coklat, dengan maksud meningkatkan nilai elegan. Tapi agak janggal dipadankan warna cerah pada pilar dan langit-langit. Kalau warna eksterior, keduanya sama. Ada tujuh pilihan, tiga di antaranya warna baru metallic.

Yang terakhir, pilihan tipe. Calya baru cuma ada tiga pilihan: E MT, G MT dan G AT. Sigra, ada enam tipe, dengan tambahan opsi varian beda transmisi. Malah ada varian yang masih memakai mesin 3-silinder 1.000 cc, untuk efisiensi yang lebih irit bahan bakarnya. Berkat ragam pilihan itu juga, konsumen bisa menyesuaikan pilihan sesuai dana yang dimiliki.

Mengesampingkan pilihan mesin 1,0 liter, Sigra dan Calya dibekali dapur pacu yang sama. Mesin 4-silinder 1,2 liter dual VVT-i. Fitur safety-nya juga hampir sama. Selain kamera parkir mundur pada Sigra, ada dual SRS airbag, rem ABS+EBD, immobilizer, seat belt di tiap kursi dan sensor parkir. Harga Daihatsu Sigra anyar Rp Rp 114 - 156,75 juta, sedang Toyota Calya Rp 137,46 - Rp 158,4 juta. (Tom/Odi)

Baca Juga: Baru Meluncur, Daihatsu Sigra Sudah Kena Diskon

Komparasi Daihatsu Sigra vs Toyota Calya

Daihatsu Sigra
  • Rp 120,65 - Rp 163,4 Juta
Toyota Calya
  • Rp 146,19 - Rp 167,49 Juta
Sigra vs Calya

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
Mobil Daihatsu

Jangan lewatkan

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Daihatsu Sigra Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Daihatsu Sigra

Bandingkan & Rekomendasi