Kaleidoskop 2021: Mobil-Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang Tahun Ini

Kaleidoskop 2021: Mobil-Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang Tahun Ini

Perjalanan industri otomotif di 2021 bisa dibilang penuh tantangan. Indonesia masih belum pulih benar dari pandemi Covid-19 yang membuat penjualan otomotif sempat stagnan. Belakangan, menjelang akhir tahun, memang terlihat kenaikan.

Namun ini tidak menghentikan langkah pemegang merek otomotif untuk menghadirkan produk baru. Terlebih, dengan dukungan pemerintah dalam program keringanan PPnBM, industri otomotif kemudian beranjak bangkit. Ini terlihat dari catatan penjualan setelah program ini berjalan yang menjadi penanda positif kebangkitan industri otomotif Tanah Air.

Oto.com coba merangkum beberapa produk baru yang hadir di 2021. Tidak semua produk-produk tersebut terangkum dalam tulisan ini, namun Oto.com coba memilih dari beberapa model yang memberikan dampak signifikan pada pasar otomotif Indonesia. Tulisan ini juga dibagi per merek yang memuat beberapa produk yang hadir di tahun ini.

Toyota

Toyota Raize

Raize

Hadir pada awal Mei 2021, Raize menjadi produk yang benar-benar baru dari Toyota Indonesia. Raize ditawarkan dalam enam varian yakni 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T yang hadir belakangan. Ini juga menjadi pertama kalinya model Toyota ditawarkan dengan mesin turbo, transmisi CVT dan juga fitur Toyota Safety Sense. Saat ini Raize ditawarkan dengan dalam beberapa varian dengan banderol harga mulai Rp 202 jutaan sampai Rp 266 jutaan. Raize masuk dalam produk yang kena keringanan PPnBM.

Toyota Yaris GR Sport Toyota Yaris GR Sport

GR Sport

Model GR Sport dihadirkan untuk menggantikan TRD Sportivo. Terdapat beberapa model yang mendapatkan sentuhan GR Sport ini yakni Veloz, Rush, Yaris, Agya dan Fortuner. Meski hanya menyentuh sisi tampilan, namun setidaknya penggantian ini mampu menyegarkan model-model tersebut. Khusus untuk Agya dan Veloz bahkan dijual terbatas.

Toyota GR Yaris

GR Yaris

Ini adalah model yang dijual terbatas. Alokasi pertama sebanyak 127 unit dan langsung terjual habis. GR Yaris dihadirkan dengan kemampuan Yaris yang turun di ajang WRC dengan mesin 1.600 cc 3 silinder turbocharger dengan penggerak 4WD. Banderol awal sekitar Rp 800 jutaan kini di pasar mobil bekas tembus Rp 1 miliar lebih.

All new Avanza & Veloz

Avanza Veloz

Produk ini hadir di penghujung tahun dan menjadi produk yang dinanti masyarakat Indonesia. Pembaruannya menyeluruh dari eksterior, interior hingga fitur keamanan Toyota Safety Sense. Veloz ditawarkan dalam tiga tipe yakni Veloz MT, Veloz Q CVT, dan Veloz Q CVT TSS. Avanza, yang kini dipisahkan dengan Veloz, ditawarkan dengan mesin 1.3L dan 1.5L dibanderol mulai Rp 206 juta sampai Rp 264 jutaan untuk varian teratas dengan TSS.

Toyota masih menghadirkan sedan Camry Hybrid dengan pembaruan fitur di 2021.

Baca juga: Gaikindo: Industri Otomotif Mulai Meningkat, PPnBM 100 Persen Jadi Pemicunya

Daihatsu

Daihatsu Rocky 1.2L

Rocky

Produk kembar Raize ini memang dikembangkan oleh Daihatsu. Hadir dengan platform DNGA, Rocky menawarkan desain yang berbeda namun dengan fitur-fitur serupa dengan kembarannya. Hadir dengan mesin 1.0L turbo dan 1.2L, transmisi CVT serta manual, Rocky ditawarkan dengan varian yang lebih lengkap. Model 1.2L ditawarkan mulai Rp 178 jutaan sampai Rp 215 jutaan sedangkan model 1.0L turbo ditawarkan mulai Rp 215 jutaan sampai Rp 239 jutaan. Seperti Raize, Rocky juga mendapat kemudahan PPnBM.

Daihatsu Xenia 2021

Xenia

Seperti pembaruan pada produk kembarannya yakni Avanza, Xenia ditawarkan dengan berbagai ubahan. Varian termurah Xenia baru dibanderol Rp 190 jutaan dengan pilihan mesin 1.3L transmisi manual. Varian teratas dengan mesin 1.5L CVT ADS ditawarkan dengan harga Rp 244 juta. Beberapa fitur menari diantaranya collision warning function, hill start assist, pedal misoperation control, leading vehicle departure warning, lane departure warning dan lane departure prevention. Seperti pada Avanza, Xenia belum mendapatkan fitur cruise control.

Honda

Honda City Hatchback RS

City Hatchback

Model ini dihadirkan untuk menggantikan Honda Jazz yang tidak lagi dijual di Indonesia. Desainnya sporty untuk segmen hatchback dengan keunggulan pada sisi fitur. City hatchback masih menggunakan mesin 1.5L dengan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm. Model ini ditawarkan dalam dua varian yakni transmisi manual seharga Rp 292 juta dan CVT seharga Rp 302 juta. City hatchback juga masuk daftar penerima keringanan PPnBM.

Honda CR-V 2021

CR-V

Ini salah satu model yang ditunggu pembaruannya di 2021. CR-V terbaru hadir dengan fitur keselamatan Honda Sensing lengkap dengan adaptive cruise control sebagai fitur semi otonom. Desain eksteriornya tidak terlalu berubah namun interiornya mengalami perbaikan dalam hal kenyamanan. CR-V menggunakan mesin 1.5 turbo dengan tenaga 190 ps dan torsi 240 Nm. Selain itu masih ada varian mesin 2.0L dengan banderol 470 jutaan. CR-V ditawarkan hanya dengan transmisi CVT. Untuk varian turbo ditawarkan mulai RP 500 juta, Prestige Rp 550 juta dan terakhir varian Black Edition yang dibanderol lebih mahal Rp 15 juta dari varian Prestige.

Honda BR-V Yogya

BR-V

Hadir pertama kali sebagai konsep, All New BR-V diperkenalkan di 2021 sebagai model SUV tujuh penumpang dengan fitur keselamatan Honda Sensing yang sudah menyematkan adaptive cruise control. Model ini memang tidak dijual di 2021 dan baru secara resmi diantarkan ke konsumen pada 2022 mendatang. Mesinnya seperti milik City Hatchback yakni 1.5L bertenaga 121 ps. BR-V ditawarkan dengan transmisi manual serta CVT yang dibanderol mulai Rp 275 jutaan sampai Rp 339 jutaan.

Honda masih menghadirkan beberapa model di 2021 seperti Honda Brio RS Urbanite edition, Odyssey (yang kemudian diumumkan berhenti penjualannya baru-baru ini), City Sedan, serta Civic RS.

Baca juga: Otomotif 2022, Toyota: Optimistis Membaik dan Siap Produksi Hybrid di Indonesia

Hyundai

Hyundai Palisade

Palisade

Di awal tahun, Hyundai start dengan kehadiran SUV mewah Palisade. Hadir dengan desain yang futuristik serta fitur keselamatan terkini, Palisade menjadi kuda hitam di segmen SUV besar Indonesia. Mesinnya menggunakan diesel 2.2 CRDi dengan tenaga 147 ps ditambah dengan fitur pilihan berkendara dan traksi di berbagai kondisi jalan. SUV ini ditawarkan dalam tiga varian yakni Prime seharga Rp 788 juta, Signature seharga Rp 888 juta dan Signature AWD seharga Rp 1,035 miliar.

Hyundai Staria Signature 9

Staria

Ini model berikutnya dari Hyundai yang diperkenalkan di pertengahan tahun. Menawarkan bentuk desain futuristik, MPV pintu geser ini ditawarkan dalam pilihan tujuh tempat duduk dan sembilan tempat duduk. Hyundai Staria punya dimensinya yang besar, panjang lebih dari lima meter, membuat ruang kabin di bagian dalam jadi daya tariknya. Mesinnya menggunakan mesin yang sama dengan Palisade dan dibekali beragam fitur keselamatan semi otonom termasuik lane keeping assist dan lane following assist. Staria ditawarkan dengan harga Rp 888 juta untuk model 9 penumpang dan Rp 1,02 miliar untuk varian 7 penumpang.

Hyundai Creta

Creta

Model ini menjadi pamungkas di 2021 yang baru akan hadir di 2022. SUV kompak ini menjadi produk pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia. Desain dan fiturnya cukup canggih seperti kehadiran fitur Bluelink hingga pemesanan kendaraan yang dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen. Mesin Hyundai Creta berukuran 1.5L dengan daya maksimum 115 ps yang dipasangkan dengan transmisi manual serta IVT. Fitur keselamatannya cukup lengkap seperti hadirnya lane following dan keeping assist, rear cross traffic alert dan blind spot collision avoidance assist. Creta ditawarkan dalam beberapa varian yakni Active, Trend, Style dan tertinggi Prime dengan banderol harga mulai Rp 279 jutaan sampai Rp 399 jutaan.
Hyundai di 2021 juga memperkenalkan Santa Fe, serta pembaruan dari model EV Kona dan Ioniq. Produsen ini berencana menghadirkan model anyar EV di 2022 mendatang.

Mitsubishi

New Pajero Sport

Pajero Sport

SUV terpopuler Mitsubishi ini mendapatkan pembaruan dari sisi eksterior yang kini tampil lebih segar dan sporty. Selain itu terdapat pembaruan di sisi fitur seperti kehadiran adaptive cruise control, remote control connected with smartphone, super selec 4WD-II, mode off road dan paddle shift. Termasuk paket keselamatan seperti Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH). Mesin Pajero Sport menggunakan 2.4L MIVEC Turbo dengan tenaga 181 ps dan torsi 430 Nm. Pajero ditawarkan dalam beberapa varian seperti Ultimate 4x4, ultimate 4x2, Dakar, Exceed serta GLX. Banderol harganya mulai Rp 543 jutaan sampai Rp 698 jutaan.

MItsubishi Xpander dan Xpander Cross

New Xpander dan Xpander Cross

Mitsubishi menghadirkan penyegaran Xpander dan Xpander Cross di akhir tahun. MPV serta SUV berbasis MPV ini mendapatkan pembaruan dari segi eksterior dan interior. Paling terasa adalah kehadiran transmisi CVT untuk dipasangkan dengan mesin 1.5 Mivec DOHC. Mitsubishi juga melakukan penyempurnaan di sisi suspensi dan juga meninggikan ground clearence. Xpander ditawarkan dalam beberapa varian mulai dari GLS, Exceed, Sport dan Ultimate dengan banderol harga mulai Rp 228 jutaan sampai Rp 272 jutaan. Untuk Xpander Cross ditawarkan dalam tiga varian yakni MT, CVT dan Premium Package CVT yang dibanderol mulai Rp 268 jutaan sampai Rp 291 jutaan. Xpander dan Xpander Cross termasuk dalam model yang mendapatkan keringanan PPnBM

Mitsubishi thaun ini juga memperkenalkan edisi khusus Rockford Fosgate Black Edition untuk Xpander Cross dan Xpander.

Nissan

Nissan Leaf

LEAF

Pabrikan Nissan menghadirkan Leaf, mobil listrik murni di pertengahan 2021. EV ini ditawarkan dengan harga Rp 649 juta untuk opsi one tone dan Rp 651 juta untuk opsi two tone. Leaf membawa baterai lithium-ion 40 kWh dengan jarak tempuh 311 kilometer dalam sekali pengisian daya. Pihak Nissan memberikan pengisi daya portable serta Home Charger untuk mengisi daya dengan waktu lebih cepat. Mobil ini ditawarkan dengan fitur keselamatan seperti Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), Hill Start Assist (HSA), Anti-Lock Braking System (ABS) with Brake Assist (BA), Intelligent Around View Monitor (I-AVM) with Moving Object Detection (MOD), Driver Attention Alert (DAA) dan Electronic Parking Brake (E-PKB).

Baca juga: IIMS 2022 Hadirkan Beragam Merek Kendaraan dan Aksesori

Suzuki

Suzui Carry PU

New Carry PU

Suzuki menyegarkan tampilan mobil niaga andalan mereka di awal 2021. Penyegaran ini juga diklaim meningkatkan kemampuan angkut Carry hingga 1 ton. Mobil niaga ini mendapatkan fitur immobilizer, AC, power steering dan sliding seat. Harganya mulai dari Rp 152,5 juta untuk tipe FD, Rp 161 juta untuk tipe FD AC/PS, Rp 153,5 juta untuk tipe WD, dan Rp 162 juta untuk tipe WD AC/PS.

Ertiga Suzuki Sport FF

Ertiga Sport FF

Pada medio akhir tahun, Suzuki menghadirkan Ertiga Sport FF. Terdapat 13 ubahan baik di eksterior, interior dan fitur. Tampilannya lebih atraktif dengan bodi kit baru yang ditambah aksesn merah.All New Ertiga Suzuki Sport FF tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) dan otomatis (AT). Untuk warna, All New Ertiga Suzuki Sport FF hanya memiliki 1 pilihan warna yaitu White & Black (two tone color). Sementara untuk harganya sendiri adalah Rp 258.350.000 buat All New Ertiga Suzuki Sport FF M/T dan Rp Rp 268.150.000 untuk varian All New Ertiga Suzuki Sport FF A/T.

Renault

Renault Kiger

Kiger

Ini menjadi SUV kompak Renault di Indonesia. Pertama hadir di pertengahan 2021, tepatnya Agustus akhir. Kiger ditawarkan dengan desain modern khas Eropa serta fitur menarik seperti mode berkendara dan air filter. Mesinnya menggunakan 1.000 cc turbo dengan tenaga 100 ps dan torsi 152 Nm yang dipasangkan dengan transmisi CVT. Renault Kiger pertama diperkenalkan dibanderol dengan harga Rp278 juta on-the-road (OTR) Jakarta.

KIA

Kia Sonet 7 Seater

Sonet 7 Seater

SUV Sonet dengan kemampuan tujuh penumpang hadir di awal tahun. Model ini tidak mengalami ubahan dari segi desain, dimensi pun tetap sama namun dengan tambahan kemampuan angkut tujuh penumpang. Fiturnya mendapatkan tambahan AC di baris kedua. Mesinnya menggunakan 1.497 cc dengan tenaga 113 dk dan torsi 144 Nm yang dipasangkan dengan transmisi manual atau IVT. Terdapat 7 pilihan varian, mobil ini dibanderol dengan rentang harga mulai dari Rp 199,5 juta hingga Rp 296 juta.

Kia Grand Carnival

Grand Carnival

Kia menghadirkan pengganti Sedona yakni Grand Carnival. MPV ini dapat mengangkut 11 penumpang. All New Grand Carnival ditenagai mesin Smartstream R 2,2 liter, CRDi, DOHC, 16V, yang menyemburkan tenaga maksimal 202 PS dan torsi 441 Nm. Mesin tersebut disandingkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Fitur keselamatannya cukup lengkap termasuk kehadiran Advance Driver Assistance System (ADAS). All New Kia Grand Carnival hadir dengan pilihan warna Silky Silver, Flare Red, Aurora Black Pearl, Snow White Pearl dan Astra Blue dan dibanderol Rp886.800.000.

Kia juga menghadirkan varian Seltos Diesel dan Seltos GT Line sebagai varian teratas. Kedua tipe Seltos dibanderol Rp415 juta untuk varian GT Line 1.4 Turbo GDI, serta Rp389 juta untuk Seltos 1.5 CRDi.

MG MOTORS

MG HS I-Smart

MG HS I-Smart

MG HS ini sudah diperkuat dengan MG Pilot – ADAS yang menjadikannya mobil otonom. Model ini dibenamkan mesin turbo 1.5L, 64 color ambient lights, dan lima mode berkendara dengan tombol Super Sport. Hadir pula fitur-fitur keselamatan canggih, seperti salah satunya fitur Lane Assist System (LAS).Turut disematkan juga teknologi cerdas bernama MG i-SMART yang meliputi Smart Drive, Smart Check, Smart Command, dan Smart Connect. Saat peluncurkan model ini ditawarkan dengan harga Rp469,8 juta.

Pada 2021, MG juga memperkenalkan beberapa model untuk penjualan di masa depan seperti MG ZS EV dan MG 5 EV untuk pasar kendaraan listrik. MG juga memperlihatkan produk sedan mereka dalam diri MG 5 GT. Hadir juga edisi khusus MG ZS Liverpool edition.

Wuling

Wuling Almaz RS

Almaz RS

Model ini menjadi salah satu highlight Wuling di 2021. Almaz RS menjadi produk canggih dengan fitur anyar bernama Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Control (BCC), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Departure Warning (LDW), Traffic Jam Assistance (TJA), hingga Intelligent Cruise Assistance (ICA). Almaz RS diperkenalkan awal 2021, SUV ini juga menghadirkan fitur Wuling Indonesian Command (WIND) hingga inovasi WISE, yang terdiri dari Advanced Driving Assistant System (ADAS) dan Internet of Vehicle (IoV). Almaz RS hadir dengan dua varian yakni 7 penumpang dan 5 penumpang. Harganya dibanderol mulai Rp 340 jutaan sampai Rp 354 jutaan.

Sekian daftar mobil-mobil baru di 2021. Daftar ini tidak cukup lengkap untuk mengisi beragam produk anyar di tahun ini. Beberapa diantaranya ada DFSK dengan Gelora E, Land Rover yang baru kembali hadir dengan prinsipal baru, merek BMW dan MINI yang menawarkan banyak produk anyar meski di kondisi pandemi. Ada juga model Jeep yang juga hadir dengan pemegang merek baru, juga tidak lupa Mercedes-Benz yang menghadirkan model-model anyar produksi pabrik Wanaherang. Lalu ada Peugeot dengan pembaruan 3008, Audi dengan beberapa sedan ekslusif untuk pasar Indonesia, Mazda dengan beberapa model pembaruannya, Isuzu dengan kehadiran D-Max terbaru, serta merek-merek premium seperti Ferrari yang memperkenalkan Roma, Jaguar, serta Lexus yang memiliki banyak peminat.

Semoga di tahun depan semakin banyak produk menarik untuk pasar Indonesia, dengan teknologi yang canggih dan harga yang kompetitif. (Sta/Raju)

Baca juga: 6 Model yang Pensiun dan Tak Lagi Dijual Indonesia Sepanjang 2021

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil