Ini Harapan untuk Honda City dan Civic Baru yang Mungkin Dikenalkan Besok

Ini Harapan untuk Honda City dan Civic Baru yang Mungkin Dikenalkan Besok

PT Honda Prospect Motor (HPM) akan menghadirkan produk terbaru pada Kamis (28/10/2021) besok. Ini akan menjadi perkenalan kedua produk anyar Honda setelah sebelumnya memperlihatkan All New BR-V dengan perubahan besar. Honda memang selalu sibuk di akhir tahun dan kali ini tidak hanya satu produk yang dikenalkan namun akan ada dua. Berdasarkan video teaser yang diinformasikan di media sosial, kedua produk ini adalah model sedan City dan pembaruan sedan Civic.

Bukti ini hadir dari bentuk siluet stoplamp yang ditampilkan dari kedua model tersebut. Cukup menjelaskan informasi yang dibutuhkan masyarakat yang mengira produk yang akan dikenalkan ini adalah All New HR-V.

Lantas apa yang bisa kita harapkan dari kehadiran kedua sedan ini? Kehadiran produk sedan ini cukup penting sebab dengan berlakunya pajak emisi membuat produk sedan dapat bersaing dan kembali dilirik konsumen Tanah Air setelah beberapa dekade dianaktirikan akibat pajak yang berdasarkan bentuk. Ini juga berarti ada ekspektasi yang lebih tinggi terhadap harga yang akan ditawarkan Honda terhadap kedua produk ini.

Oh ya, sebagai pengingat, sedan City model saat ini ditawarkan dengan banderol harga Rp 350 jutaan dan untuk sedan Civic dibanderol Rp 533 jutaan. Harga produk terbaru pasti naik, tapi apakah memiliki value lebih?

Honda City Sedan 2022

Honda City

Pembahasan pertama coba kita lihat sedan City di Thailand. Sedan entry level ini dibekali dengan fitur Honda LaneWatch, electric parking brake serta pilihan teknologi hybrid pada penggeraknya yang dilengkapi fitur keselamatan Honda Sensing.

Desain eksteriornya kini lebih sporty juga mewah berkat penggunaan teknologi LED pada pencahayaan dan garis desain yang terbilang tegas. Interiornya mengingatkan pada City Hatchback yang sudah lebih dulu hadir dengan kesan sporty dan modern tidak lepas dari desainnya. Di Thailand, City dibekali layar sentuh8 inci dan layar MID TFT 7 inci yang memperlihatkan berbagai informasi seputar kendaraan.

Menariknya soal mesin, sedan City di Thailand menggunakan mesin 1.0L VTEC turbo dengan tenaga 122 HP dan torsi 173 Nm. Mesin ini dibekali transmisi CVT. Soal mesin ini HPM sepertinya masih menggunakan pilihan mesin yang ada di City Hatchback yakni 1.5L dengan produksi tenaga 121 ps dan torsi 145 Nm. Namun jika benar akan membawa masuk mesin turbo 1.0L tersebut ini akan jadi yang pertama di segmen entry level sedan.

Baca juga: Honda Perlihatkan Video Teaser, City dan Civic Terbaru Hadir Pekan Ini

Honda Civic Sedan 2022

Honda Civic

Beralih ke sedan Civic terbaru. Pembaruan pada sedan ini sudah dilakukan beberapa waktu sebelumnya di pasar Thailand. Ubahannya hadir pada desain stoplamp yang kini berubah lebih kalem namun tidak meninggalkan kesan sporty. Kesan sporty juga didapat di area depan yang mengugnakan desain headlamp meruncing dengan tambahan DRL untuk kesan modern.

Masuk ke interior, ubahan terbesar terasa di bagian ini. Desainnya gabungan modern, sporty dan elegan. Dashboard dengan kisi udara hadir sepanjang area penumpang hingga ke tengah. Layar sentuh 9 inci model floating jadi daya tarik di bagian tengah. Layar TFT di meter cluster justru punya ukuran lebih besar yakni 10,2 inci. Layar ini menghadirkan beragam informasi kendaraan.

Soal mesin tidak ada yang berubah. Honda masih menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan tenaga 178 hp dan torsi 240 Nm yang bertenaga. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi CVT dan kemungkinan tetap akan ditawarkan dalam satu varian seperti model terdahulu.

Fitur Civic sedan ini cukup melimpah. Sebut saja kehadiran teknologi Honda Sensing, fitur driver attention monitor, Honda LaneWatch, Hill start assist, auto brake hold, VSA dan walk away auto door lock.

Nah, kira-kira HPM akan menghadirkan kedua produk ini dengan sedikit penyesuaian atau cukup banyak fitur yang dipangkas? Semua itu akan terjawab besok Kamis dalam peluncuran kedua produk secara resmi. Semoga dari sisi harga tetap bersaing di kelasnya dan mendapatkan fitur yang semaksimal mungkin serta menjadi era baru bagi pasar sedan di Tanah Air. (Sta/Raju)

Baca juga: Honda Pastikan Ada Mobil Baru Berstatus World Premiere, Apakah HR-V Turbo?

Jelajahi Honda Civic

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda

Bandingkan & Rekomendasi