Ini Alasan Mitsubishi L300 Layak Jadi Andalan Pengguna Kendaraan Komersial

Ini Alasan Mitsubishi L300 Layak Jadi Andalan Pengguna Kendaraan Komersial

Segmen komersial terbilang unik. Urusan desain dan tampilan bukanlah hal yang penting, tak seperti mobil penumpang. Bagi pengguna kendaraan komersial, daya angkut dan performa mesin jadi yang utama. Itulah yang ditawarkan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Colt L300.

Yap, nama Colt seolah identik dengan pikap. Padahal masih ada beberapa merek lain yang hadir di segmen ini. Secara tampang, tak bisa dipungkiri L300 tampil sangat sederhana, kotak-kotak. Tapi tak ada masalah, meski ia tetap saja laris di pasar. Mitsubishi L300 mampu bertahan selama 4 dekade sejak pertama kali diperkenalkan pada 1981 di Indonesia. Bahkan jadi salah satu penyumbang penjualan terbesar di antara lineup Mitsubishi Tanah Air.

Pada Agustus 2021 lalu, penjualan ritail Mitsubishi tercatat total 8.521 unit dan pangsa pasar 12,2 persen. Pada segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 5.645 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 2.876 unit. Dari angka ini L300 mempertahankan posisi sebagai pemimpin segmen Small Pick-Up 4x2 dengan pangsa pasar sekitar 66 persen, dengan penjualan sebanyak 2.268 unit.

"Model kendaraan Mitsubishi Motors terbukti tetap menjadi pilihan karena kesesuaiannya dalam menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen di Indonesia,” ujar Naoya Nakamura, President Director PT Mitusbishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Mitsubishi Colt L300

Raihan ini tentu bukan tanpa sebab. Ada sejumlah alasan yang membuat ia bertahan empat dekade di Tanah Air. "Dengan kehadiran selama 4 dekade di Indonesia, Mitsubishi L300 telah memimpin segmen pasar kendaraan small pick-up nasional. Prestasi tersebut semakin membuktinya bahwa produk ini memenuhi kebutuhan dan juga harapan para konsumen sehingga mendapatkan kepercayaan yang tinggi dan menjadi market leader di kelasnya," kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Setidaknya ada beberapa alasan yang mendukung faktor keunggulan tersebut. Merunut fungsinya, kemampuan jadi hal paling penting bagi pelaku binis kemampuannya lebih utama. Desain kotak justru bisa memaksimalkan ruang angkut. Varian dasar atau L300 varian pikap memiliki panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.845 mm. Jarak wheelbase 2.200 mm dengan ground clearance 200 mm.

Kemudian bak belakang, untuk model pikap, memiliki dimensi cargo bed 2.430 mm x 1.600 mm x 360 mm (standard) atau 310 mm (flatbed). Hal ini berdampak pada daya angkut. Mitsuishi menyebutkan jika daya angkut L300 lewat 1 ton (1,26 ton), cukup besar untuk sebuah small pick-up.

Kedua mesin. Mitsubishi L300 pakai mesin diesel Astron 2,5 liter berkode 4D56. Mesin diesel itu dapat mengeluarkan daya puncak 74 PS pada 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm. Angka tenaga yang dihasilkan terlihat kecil. Namun dari sisi mobil niaga, fokusnya justru di momen puntir besar. Sebagai kendaraan untuk bekerja, ia harus punya kekuatan dalam menunjang beban dan kemampuan menanjak. Tenaga ini disalurkan pakai transmisi lima percepatan.

Baca juga: Mitsubishi L300 Cocok untuk UMKM, Simak Promo dan Simulasi Cicilannya

Mitsubishi L300 interior

Banyak pilihan. Yap, dengan desainnya yang sederhana memudahkan untuk melakukan karoseri. L300 bisa dijadikan macam-macam pilihan kargo bagi usaha UMKM termasuk bagi yang membutuhkan pick-up standard, flat deck, ataupun cabin chassis atau membawa boks.

Kemudian bagian kabin. Sama seperti luarnya, kabin L300 sangat sederhana. Meski demikian Mitsubishi sudah memasangkan power steering sehingga memudahkan pengemudi. Oh ya, L300 memiliki adius putar efektif 4,4 meter yang tentunya sangat membantu ketika menghadapi jalanan sempit.

Yang juga unik adalah tuas transmisi yang masih ditempatkan di bawah lingkar kemudi. Terlihat kuno tapi justru memberikan ruang yang luas antara pengemudi dengan penumpang sebelah kiri. Kemudian untuk hiburan, audio head unit termasuk untuk memutar MP3.

Terakhir harga jual. MMKSI mematok harga L300 di bawah Rp 200 juta. Tepatnya Pick-Up standar dilepas Rp 194 juta, Pick-Up Flat Bed Rp 194,5 juta dan Cab Chassis Rp 189,5 juta. Silahkan tentukan mana paling sesuai kebutuhan Anda. Harga yang masuk kategori kompetitif dengan segala poin-poin menarik bagi para pemilik UMKM di dalam negeri. (Raju)

Baca juga: Rupa-Rupa Promo dan Diskon Layanan After Sales Mitsubishi Bulan Ini

Jelajahi Mitsubishi L300

  • Tampak Depan Bawah Mitsubishi L300
  • Tampak samping L300
  • Tampak belakang serong L300
  • Tampak Depan Mitsubishi L300
  • Tampak Grille L300
  • Fog lamp depan L300
  • Lampu depan L300
  • Pelek L300
Mitsubishi L300
Rp 194 - Rp 194,5 Juta Cicilan : Rp 4,43 Juta

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Eclipse Cross
    Mitsubishi Eclipse Cross
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
Mobil Mitsubishi

Jangan lewatkan

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Pickup Truck

  • Yang Akan Datang