• Wishlist

Honda HR-V Listrik Segera Mengaspal

Honda HR-V Listrik Segera Mengaspal

Honda bakal memperluas jajaran produk listriknya. Setelah berencana melahirkan Brio bermesin listrik di India, kali ini HR-V yang mendapatkan sumber penggerak serupa.


Cina yang jadi tempat pertama peluncuran Honda HR-V EV (Electric Vehicle). Perkenalannya dilakukan tahun ini di ajang Beijing Auto Show. Varian baru ini melengkapi jajaran produk SUV (Sport Utility Vehicle) kompak yang sebelumnya dipasarkan menggunakan mesin bensin, diesel serta hybrid.


Namun hingga saat ini, spesifikasi yang diusung HR-V listrik belum diketahui. Honda pun belum membeberkan hal itu. Tapi pabrikan asal Jepang ini menyakini, peluncuran HR-V listrik bisa meningkatkan penjualan mereka di negara dengan penjualan mobil terbesar di dunia itu.



"Dua perusahaan partner (Dongfeng Honda dan Guangqi) Honda yang memproduksi dan menjual SUV kecil dengan teknologi listrik,” papar Yasuhide Mizuno, COO Honda Cina seperti dilansir Paultan dan Yahoo Japan. Ia juga manembahkan, Honda ingin memperkenalkan mobil ini secepatnya.


Peluncuran HR-V listrik, masuk dalam daftar kerja Honda yang berencana meluncurkan tiga produk berbasis EV tahun ini di Cina. Diperkirakan, saudara kembar HR-V, XR-V yang khusus dijual di negeri itu, juga mendapatkan penggerak listrik. Hal ini masuk akal karena antara keduanya adalah produk yang sama, hanya beda bentuk. Sedangkan satu produk lagi masih belum diketahui.


Hal ini juga sejalan dengan keinginan Honda global yang menghadirkan banyak produk listrik di tahun-tahun mendatang. Honda sedang berusaha keras menghasilkan produk bertenaga alternatif. Salah satu langkah yang ditempuhnya, menggaet perusahaan elektronik Hitachi, dan membentuk perusahaan baru untuk membuat motor listrik.


Selain itu, mereka juga sudah memperkenalkan Clarity terbaru, yang kini punya dua tipe sumber penggerak, plug-in hybrid dan EV murni berbahan bakar hidrogen.


Kenapa Di Cina Dulu?


Negeri Cina saat ini memang berusaha keras meredam tingkat polusi akibat kendaraan bermotor. Untuk mencapai hal itu, pemerintah Cina bahkan menekan produsen mobil dunia yang memasarkan produknya di Cina untuk menghadirkan banyak kendaraan listrik di sana. Sehingga tingkat polusi dapat turun. Menurut data yang dirilis lembaga konsultan AlixPartner, hal itu tampaknya berhasil.


Pada kuartal kedua tahun lalu, penjualan mobil listrik di Cina menembus angka sekitar 14 juta unit. Bahkan ini menjadikan Cina sebagai negara dengan penjualan mobil listrik terbanyak di dunia. (Dir/Odi)


Baca Juga: Honda HR-V Facelift Terpantau di Malaysia


Sumber: Paultan

Jelajahi Honda HRV

Honda HRV Rp 301,6 - Rp 420,8 Juta Cicilan : Rp 6,88 Juta

Bandingkan & Rekomendasi