Honda Buka Selubung Civic Type R 2023

Honda Buka Selubung Civic Type R 2023

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda memperlihatkan wujud Civic Type R

    Namun baru sebatas itu, belum ada detail informasi soal teknis meski tetap mempertahankan mesin lama
  • Penggemar hatchback sporty Honda Civic Type R bisa bersorak. Honda Motor Co., baru saja memperkenalkan generasi terbaru All New Honda Civic Type R dengan kode FL5. Pasar Jepang akan menjadi yang pertama merasakan keganasan hot hatch ini September mendatang.

    Tim riset All New Honda Civic Type R telah menentukan tiga tujuan utama dalam mengembangkan FL5, “Tercepat” dengan menjadikan model ini sebagai mobil dengan penggerak roda depan (FWD) tercepat. Kemudian “Addictive Feel”, dapat membuat pengemudinya merasa tertantang untuk terus menghasilkan pengalaman berkendara yang mengasyikkan sekaligus menegangkan. Ketiga “Secure Feel”, menghasilkan stabilitas baik ketika berkendara bahkan dalam kecepatan tinggi sekalipun dengan perasaan aman.

    Honda Civic Type R FL5

    Basis pengembangan Civic Type R terbaru berasal dari Civic Hatchback paling anyar. Desainnya dimulai dari modifikasi sasis dibuat lebih rendah serta lebih lebar untuk mendapatkan peningkatan performa berkendara untuk model Type R. Selain itu, jarak pandang ke depan juga dibuat lebih lebar agar dapat memberikan visibilitas yang lebih baik pada pengemudi ketika berkendara dengan kecepatan tinggi.

    Seperti model Honda lain, Civic Type R didesain untuk menciptakan gaya berkendara cepat tidak lupa keindahan di tiap detailnya. Perhatian tersendiri bagi penggemar mobil sport hadir dari desain fener yang lebar, terintegrasi dengan bodi. Bentuknya dibuat mengalir melalui panel samping yang bertujuan meningkatkan kinerja aerodinamika untuk mengontrol aliran udara. Bagian kaki-kakinya hadir pelek 19 inci aluminium dibalut dengan ban Michelin Pilot Sport 4S yang siap diajak di lintasan balap.

    Honda Civic Type R FL5

    Pilihan warna Civic Type R juga beragam. Termasuk warna ikonik Championship White. Pilihan lain adalah Crystal Black Pearl, Sonic Grey Pearl serta Frame Red dan Racing Blue Pearl, kelir baru di model ini.

    Masuk ke bagian interior, Honda melapisi jok dengan kulit suede yang mewah. Karpet lantai Civic Type R berwarna merah, sesuai dengan tema sporty untuk pengemudi maupun penumpang. Sebagai tambahan, instrumen panelnya berwarna hitam dengan desain lingkar kemudi dibalut bahan alcantara.

    Baca Juga: Spyshot Honda Civic Type R Edisi 2023 Lakukan Uji Jalan, Begini Tampilannya

     

    Honda Civic Type R FL5

    Kenyamanan di Civic Type R, terutama untuk momen kecepatan tinggi. Honda menggunakan jok dengan bentuk polihedral tiga dimensi guna menopang tubuh. Bagian jok ini penting untuk memberikan rasa kepercayaan diri dan rasa aman saat melibas tikungan di lintasan balap. Bahan suede pada jok dipilih karena memiliki koefisien gesekan tinggi yang membuat posisi badan lebih stabil. Kebutuhan dasar yang perlu saat merasakan gaya gravitasi tinggi di tikungan atau akselerasi dan deselerasi cepat.

    Aura Type R juga terlihat dari desain meter cluster berukuran 10,2 inci TFT. Honda menyematkan tampilan desain eksklusif pada mode +R. Fitur ini memungkinkan pengemudi mendapatkan informasi secara instan selama di mode Sport. Meter cluster akan menampilkan informasi seperti putaran mesin, indikator putaran sirkuit, dan posisi gigi di bagian atas. Pada bagian bawah akan menampilkan informasi seputar kendaraan yang bisa dipilih pengemudi. Honda memberikan indikator putaran menyala agar bisa memperoleh informasi secara intuitif tanpa memperhatikan indikator saat bersamaan.

    Honda Civic Type R FL5

    Maret lalu, Honda telah melakukan uji coba model prototipe All New Honda Civic Type R di Sirkuit Suzuka, Jepang. Alhasil mencatatkan waktu 2 menit 23,120 detik untuk mobil FWD.

    Beberapa pilihan mode berkendara dapat dipilih. Ada Individual, Comfort, Sport juga +R. Honda juga menyematkan fitur Honda Connect yang menampilkan data telematik kendaraan yang terintegrasi dengan telepon genggam pemilik kendaraan.

    Mesin 2.0 liter VTEC Turbo mendapatkan sejumlah pembaruan untuk mencapai tingkatan lebih dan performa berkendara superior. Sayang belum ada informasi berapa peningkatan daya mesin baru ini. Soal transmisi manual enam percepatannya, Honda membuat perpindahan gigi yang responsif dengan Rev Match control system untuk pengoperasian pedal yang mengikuti keinginan pengemudi saat berkendara agresif di lintasan balap.

    Honda Civic Type R FL5

    Spesifikasi lainnya adalah kehadiran rem cakram Brembo berukuran 350 mm 4 caliper untuk kemampuan pengereman meyakinkan di bagian depan. Honda juga menggunakan sistem knalpot triple exhaust system untuk suara yang lebih sporty serta penggunaan suspensi dual axis strut di depan dan multi link di belakang. Suspensi ini dikembangkan khusus untuk Type R.

    Ada juga fitur Honda LogR. Fungsinya memberikan informasi langsung tentang pergerakan mekanis kendaraan serta perilaku kendaraan yang dihasilkan berdasarkan masukan dari pengemudi. Fitur ini mencakup data serta video ketika mengemudi dan membantu driver mengevaluasi dalam meningkatkan keterampilan mengemudi. Pemesanan sudah dibuka mulai saat ini. Sayangnya belum ada perkiraan harga dari Honda. (STA/ODI)

     

    Baca Juga: Honda Tak Malu-Malu Tampilan Civic Type R 2023, Begini Bentuknya

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Jelajahi Honda Civic Type R

    Model Mobil Honda

    • Honda Brio
      Honda Brio
    • Honda HRV
      Honda HRV
    • Honda BRV
      Honda BRV
    • Honda Civic Type R
      Honda Civic Type R
    • Honda CRV
      Honda CRV
    • Honda Mobilio
      Honda Mobilio
    • Honda Civic RS
      Honda Civic RS
    • Honda City
      Honda City
    • Honda Accord
      Honda Accord
    • Honda City Hatchback
      Honda City Hatchback
    Mobil Honda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Honda Civic Type R Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Honda Civic Type R

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Hatchback

    Artikel Mobil Honda Civic Type R dari Carvaganza