Harga Honda City Hatchback Diumumkan, Dapat Relaksasi PPnBM dan Setara Jazz

Harga Honda City Hatchback Diumumkan, Dapat Relaksasi PPnBM dan Setara Jazz

Honda akhirnya mengumumkan secara resmi harga Honda City Hatchback RS yang diluncurkan sekitar sebulan lalu. Bersamaan dengan pengiriman unit kepada konsumen, model ini ternyata juga mendapat relaksasi PPnBM dari pemerintah. Berapa? Untuk tipe transmisi manual 6-speed dibanderol Rp 289 juta. Sedangkan model dengan transmisi CVT ditawarkan Rp 299 juta. Nilai itu dalam status on the road untuk wilayah Jakarta dan estimasi BBN Mobil Pertama tahun 2021.

Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor mengatakan pengiriman unit mulai dilakukan 8 April 2021. Dalam siaran pers, pihak perusahaan mengatakan akan fokus melakukan proses delivery secepatnya kepada konsumen di seluruh Indonesia. "Honda selalu berusaha untuk memberikan nilai lebih bagi konsumen, dengan produk yang menawarkan berbagai keunggulan dan fitur terdepan, harga value for money, hingga biaya operasional ringan. Kami juga berterima kasih kepada konsumen yang telah sangat antusias melakukan pemesanan dan menunggu pengiriman mobil ini," kata Yusak Billy dalam keterangan resminya hari ini, Jumat (2/4/2021).

Penguman harga ini membuat persaingan pasa hatchback menjadi tetap panas. Semula diperkirakan ia akan lebih mahal dari Honda Jazz yang digantikan, namun kenyataannya sama. Harga Honda City Hatchback bukanlah tertinggi di antara lawannya.

Ia memang lebih mahal dari Toyota Yaris. Varian teratas tipe TRD 7 airbag, dilabeli Rp 273,4 juta (MT) dan Rp 284 juta (AT). Juga sudah mendapat pengurangan berkat PPnBM 0 persen. Mazda2 GT tampil paling mahal dengan nilai Rp 308,8 juta (OTR Jakarta). Wajar karena diimpor utuh dari luar. Fitur keselamatannya pun juga lebih canggih.

Honda City Hatchback RS

Spesifikasi

Tetap ada keunggulan tersendiri dalam diri Honda City Hatchback RS. Desain eksterior bisa jadi salah satunya. Model anyar masih begitu fresh terlihat di jalan. Bentuk hatchback tulen mencirikan karakter sporty khas Honda sebagai penerus Honda Jazz. Apalagi hanya trim RS ditawarkan, tanpa opsi tipe lebih sederhana. Satu-satunya varian langsung diberikan yang paling komplet.

Performa mesin pantas dibanggakan. Dalam level enjin 1.5-liter, ia yang tertinggi. Unit baru walau kapasitas masih serupa. Bedanya terletak di camshaft ganda (DOHC) menggantikan cam tunggal (SOHC) seperti di Jazz. Meski tidak ada perubahan angka output signifikan, Honda mengklaim power sudah keluar di putaran mesin lebih rendah. Daya dihasilkan 121 PS dengan torsi 145 Nm. Efisiensi bahan bakar jelas difokuskan juga. Klaim pabrikan lebih irit 3 persen dibanding mesin lama.

Ada yang paling menarik dari City Hatchback khusus Indonesia. Disediakan pilihan transmisi manual 6-percepatan yang mengundang kenikmatan mengemudi. Rasio lebih banyak dan rapat, diyakini membawa sensasi berbeda dibanding manual 5-speed. Kalau ingin berkendara santai di segala kondisi, girboks CVT pantas dipilih. Toh tersedia paddle shifter guna mengekpsloitasi daya mesin lewat kebebasan mengganti gear.

Baca juga: Honda City Hatchback RS, Apa Kelebihan dan Kekurangannya Ketimbang Jazz RS?

Honda City Hatchback RS

Satu kelebihan yang tak dimiliki lawannya, kabin ekstarluas. Dimensi bodi tergolong besar untuk ukuran hatchback. Panjangnya 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm dan wheelbase 2.600 mm, melebihi lawan Toyota Yaris. Alhasil tercipta ruang lapang. Ditambah kehebatan ULTRA Seat diwarisi dari Honda Jazz dan HR-V. Dudukan kursi dapat dilipat ke atas agar dapat menampung barang berukuran panjang. Berbagai format pengaturan kursi mudah disesuaikan kebutuhan.

Fitur hiburan tak kalah penting agar perjalanan tak membosankan. Terpusat di monitor 8 inci dengan ragam fungsi dan Smartphone Connection. Termasuk di dalamnya Android Auto serta tak ketinggalan Apple CarPlay. Fitur Paling baru ada Remote Engine Start. Menyalakan mesin bisa dari jauh hanya menekan tombol di remote kunci.

Soal peranti keselamatan memang belum dilengkapi Honda Sensing. Tapi semua yang tersedia tergolong sangat cukup. Seperti 6 titik airbag dan masing-masing kursi dilengkapi ELR (Emergency Locking Retractor). Peranti aktif standar termasuk Vehicle Stability Assist (VSA), Hill-Start Assist (HSA), begitu pula ABS+EBD dan BA. Semakin meyakinkan setelah melewati fase uji tabrak ASEAN NCAP. Berkat fitur dan konstruksi baru berhasil diganjar rating 5 bintang.

Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS tersedia dalam 6 pilihan warna, di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Selain aksesoris, pada setiap pembelian Honda City Hatchback RS, Honda juga menawarkan Paket Perawatan yang menjamin biaya perawatan berkala (parts dan jasa) yang lebih terjangkau dan bebas dari kenaikan harga. Konsumen dapat memilih Paket Hemat 1 (4 tahun / 50.000 km) atau Paket Hemat 2 (8 tahun / 100.000 km) yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Seluruh konsumen mobil Honda juga mendapatkan layanan eksklusif yaitu “Experience Honda”. Experience Honda merupakan program layanan bantuan darurat 24 Jam yang diberikan secara eksklusif kepada konsumen Honda. Layanan yang disediakan mencakup bantuan darurat di jalan selama 24 jam (layanan penggantian ban, layanan pengaktifan aki kendaraan, layanan kunci tertinggal dalam kendaraan, layanan pengisian bahan bakar maksimal 5 liter untuk kendaraan yang mogok di jalan akibat kehabisan bensin), serta layanan darurat mobil derek selama 24 jam (derek menuju bengkel resmi Honda terdekat pada saat kendaraan mogok atau terjadi kecelakaan). Konsumen dapat menghubungi layanan Experience Honda di 0-800-14-46632 (bebas pulsa). (Odi/Raju)

Baca juga: Honda City Hatchback Hanya Dijual Satu Varian, Kenapa?

Jelajahi Honda City Hatchback

Model Mobil Honda

  • Honda Brio
    Honda Brio
  • Honda HRV
    Honda HRV
  • Honda BRV
    Honda BRV
  • Honda CRV
    Honda CRV
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
  • Honda Civic Type R
    Honda Civic Type R
  • Honda Civic
    Honda Civic
  • Honda City
    Honda City
  • Honda Odyssey
    Honda Odyssey
  • Honda Civic Hatchback RS
    Honda Civic Hatchback RS
  • Honda City Hatchback
    Honda City Hatchback
  • Honda Civic RS
    Honda Civic RS
  • Honda Accord
    Honda Accord
Mobil Honda

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Honda City Hatchback Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Honda City Hatchback

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Hatchback

  • Yang Akan Datang