jakarta-selatan

Datsun GO VS Rival

  • Agt 30, 2017
  • 1135 Dilihat

Indonesia masih menunggu kelahiran Datsun GO baru. Padahal kompetitornya sudah lebih dulu disegarkan, bahkan dengan mesin dan penampilan baru. Sekarang kita lihat perbandingan Datsun GO melawan Daihatsu Ayla, Toyota Agya dan Honda Brio Satya. Agar lebih adil, semua kompetitor kita ambil yang transmisi manual, Ayla tipe X MT, Agya G MT, dan Honda Brio Satya S MT melawan Datsun GO T-Ultimate.



MESIN


Semuanya sudah menggendong mesin 1.2 liter. Tapi cuma Datsun GO yang memakai mesin 3-silinder dengan daya 68 PS dan torsi puncak 104 Nm. Duet Agya-Ayla memakai mesin baru empat silinder 1.2 liter dual VVT-i dengan tenaga 88 PS serta torsi 108 Nm. Sementara Brio Satya, juga empat silinder, tenaganya paling besar, 90 PS dengan torsi 110 Nm.




mesin Ayla
Mesin 4-silinder baru Agya-Ayla

DIMENSI


Segi dimensi, jarak sumbu roda GO dan Agya-Ayla sama-sama 2.450 mm. Sedang Brio Satya paling pendek, yakni 2.345 mm. Hasilnya, kabin Brio Satya jadi yang paling sempit, khususnya buat penumpang baris kedua. Dimensi bodinya, Datsun GO paling panjang dan lebar serta tinggi yang setara dengan Satya. Namun, Agya-Ayla sedikit lebih tinggi dan memberikan head room lebih baik.



EKSTERIOR


Kelengkapan di sektor eksterior dimenangkan Agya yang sudah dibekali lampu depan utama projector, LED position dan lampu kabut. Ayla juga mirip, tapi tipe 1.2 X MT tidak dilengkapi lampu kabut. Datsun dan Brio Satya masih memakai lampu halogen dan tanpa ada lampu kabut.




Pelek hitam di Datsun GO Special Version
Hanya Datsun GO yang dilengkapi pelek 15-inci

Dari samping, cuma Datsun GO T-Ultimate yang terlihat memakai pelek alloy berukuran 15 inci. Agya-Ayla juga sudah memakai alloy dengan ukuran 14 inci. Sedang Brio Satya S masih menggunakan pelek baja 14 inci. Di buritan, Agya G dan Brio Satya S sudah menyediakan wiper pada kaca belakang. Datsun GO belum punya fitur itu.



INTERIOR


Semuanya menggunakan material kain pada pembungkus jok. Datsun GO T-Ultimate menggunakan perpaduan dua warna. Begitu juga Brio Satya. Sedang kabin Agya-Ayla didominasi warna hitam dengan sentuhan ornamen krom. Oh ya, Datsun GO T-Ultimate sudah dilengkapi power window di pintu depan dan belakang, jadi tak perlu lagi repot dengan engkol putar. Kompetitornya juga sudah semua memakai power window.


dashboard Go+


Soal hiburan, Datsun GO T-Ultimate menawarkan headunit audio 1DIN dengan konektivitas port USB dan AUX untuk memainkan musik. Ayla 1.2 X juga sama, headunit 1DIN. Tapi bisa memutar cakram CD dan MP3 selain dari port USB dan AUX. Agya G lebih lengkap, dengan headunit audio 2DIN dan sudah mendukung koneksi dengan Bluetooth. Brio Satya kurang lebih sama, tapi belum ada fitur Bluetoothnya.



SAFETY


Ini yang tak boleh dilupakan. Fitur keselamatan harus diutamakan. Datsun GO hanya menyediakan satu kantung udara untuk pengemudi. Brio Satya sudah dual SRS airbags. Sedang duet Agya-Ayla lebih lengkap, menawarkan dua kantung udara depan, sensor parkir belakang dan stabilizer.




HARGA


HARGA-Datsun-GO-VS-Rivals

Perbandingan harganya? Datsun GO T-Ultimate dibanderol Rp 126,4 juta. Toyota Agya 1.2 G MT Rp 135,1 juta, Daihatsu Ayla 1.2 X MT Rp 125,25 juta dan Honda Brio Satya S Rp 131,5 juta. Harganya beda tipis antara Datsun GO T-Ultimate dan Ayla 1.2 X. Sedang Toyota Agya 1.2 G paling tinggi tapi menawarkan fitur yang paling lengkap dibanding yang lainnya.


Baca Juga: Lima Fakta Unik Datsun GO

Shares

Video Datsun Go Cross

Lihat video terbaru Datsun Go Cross untuk mengetahui interior, eksterior, performa, dan lainnya.

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi
Pilih kota untuk memulai pencarian
Atau pilih dari daftar kota populer