Daihatsu Rocky Hybrid Segera Lahir, Pakai Teknologi Mirip Nissan e-Power

Daihatsu Rocky Hybrid Segera Lahir, Pakai Teknologi Mirip Nissan e-Power

Daihatsu Rocky dan kembarannya Toyota Raize dikabarkan bakal mendapat penyegaran minor. Malah sempat berhembus isu akan tersedia varian hybrid. Isu itu ternyata menjadi valid setelah ada bocoran informasi dari diler di Jepang. Daihatsu Rocky dengan sebutan e:Smart muncul gambar iklannya di dunia maya.

Menurut laporan dari situs Creative311, Rocky versi hybrid dijadwalkan mendebut pada November 2021. Sedangkan gambar yang seperti teaser iklan direncanakan untuk pengumuman pada 1 Oktober 2021 atau sebulan sebelum peluncuran.

Terlihat siluet muka Rocky dengan grafis mesin di bonnet. Tapi belum memperlihatkan wajah baru hasil minor change. Lalu terpampang jelas Rocky e:Smart beserta tanggal peluncuran. Sekaligus ditegaskan logo Daihatsu berlatar biru sebagai penanda varian hibrida.

Rocky hybrid

Baca Juga: Yang Perlu Diketahui Tentang Fitur Eco Idle di Daihatsu Terios Baru

Paras anyar Rocky terlihat di gambar berikut. Tak banyak, cuma mengubah pola grille menjadi model honeycomb. Menggantikan bentuk garis horizontal yang terlalu sederhana. Selebihnya masih sama seperti Rocky versi Jepang. Ingat, tidak total sama dengan rakitan lokal. Muka Rocky Jepang dapat dibedakan dari area fog lamp. Terdapat Daytime Running Light (DRL) LED dalam bentuk batang vertikal. Sementara di sini tidak ada. Lalu ada emblem e:Smart menempel di fender.

Sistem hybrid yang dipakai merupakan pengembangan terbaru. Sekaligus menjadikan produk Daihatsu pertama pengguna e:Smart Hybrid. Menyajikan mode berkendara listrik 100% layaknya BEV murni. Meski belum ada data jarak yang bisa ditempuh. Sistem mampu bekerja cerdas mengombinasikan daya dihasilkan baterai dan mesin ICE untuk menyuplai energi listrik ke motor tergantung kondisi berkendara. Sehingga efisiensi bahan bakar meningkat drastis tanpa perlu kapasitas baterai terlalu besar.

Mesin utama berupa unit 3-silinder 1,2-liter. Ya, mesin baru yang sudah bisa dinikmati konsumen Indonesia lewat Rocky trim 1.2L. Memang disiapkan untuk model hybrid ini sekaligus tersedia dalam trim sendiri. Berarti New Rocky menyajikan dua opsi powertrain anyar selain unit 1,0-liter turbo. Di e:Smart Hybrid, mesin 1.2L berperan sebagai generator penyuplai listrik. Kapasitas kecil dan putaran mesin relatif stabil, paling pas untuk mengisi ulang energi listrik di baterai. Tujuan utama memang lebih ke efisiensi.

Rocky hybrid

Jadi, e:Smart mirip e-Power garapan Nissan. Di pasar lokal terkenal lewat Kicks e-Power. Bahkan terungkap pula fitur baru Smart Pedal yang perannya persis seperti e-Pedal punya Nissan. Membuat operasional berkendara makin mudah hanya memakai satu pedal saja, baik untuk akselerasi maupun deselerasi. Pengereman langsung berfungsi ketika injakan throttle dikurangi. Tersedia dalam beberapa model sebagai pengatur kekuatan deselerasi. Bisa pilih mode Normal atau Eco. Kalau belum terbiasa dengan sistematis pedal semacam ini, bisa saja dimatikan.

Trim 1.2L dan 1.2L Hybrid masuk sebagai varian baru New Rocky di Jepang. Jumlah tipe semakin beragam selain line-up 1,0L turbo. Bahkan harganya pun sudah tertera melalui bocoran.  Varian hybrid mengisi lini atas dengan dua opsi. New Rocky 1.2 e:Smart X (2WD) dibanderol 2.116.000 yen (Rp 270,7 juta). Sedangkan New Rocky 1.2 e:Smart Premium G (2WD) dilabeli harga 2.350.000 yen (Rp 300,6 juta). (Odi/Tom)

Sumber: Creative311

Baca juga: Mengulik Desain Daihatsu Xenia 2022, Tampilannya Total Berganti

Jelajahi Daihatsu Rocky

Model Mobil Daihatsu

  • Daihatsu Terios
    Daihatsu Terios
  • Daihatsu Xenia
    Daihatsu Xenia
  • Daihatsu Ayla
    Daihatsu Ayla
  • Daihatsu Rocky
    Daihatsu Rocky
  • Daihatsu Sigra
    Daihatsu Sigra
  • Daihatsu Gran Max PU
    Daihatsu Gran Max PU
  • Daihatsu Gran Max MB
    Daihatsu Gran Max MB
  • Daihatsu Sirion
    Daihatsu Sirion
  • Daihatsu Luxio
    Daihatsu Luxio
Mobil Daihatsu

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Daihatsu Rocky Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Daihatsu Rocky

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang