Daftar Kendaraan Listrik yang Bisa Ditemui di GIIAS 2021

Daftar Kendaraan Listrik yang Bisa Ditemui di GIIAS 2021

Elektrifikasi masih menjadi tema pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang berlangsung 11-21 November 2021 di ICE BSD Tangerang. Ini sejalan dengan rencana pemerintah pimpinan Presiden Joko Widodo yang tengah berlari untuk menyambut era kendaraan listrik dengan beragam peraturan dan kebijakan yang mengarah pada produk mobilitas ramah lingkungan.

Berdasarkan pantauan tim redaksi Oto.com, beberapa merek menampilkan setidaknya satu model dengan teknologi listrik. Ini membuat pengunjung melihat sesuatu yang berbeda dibanding dengan model-model bermesin konvensional yang masih mendominasi pameran ini.

Berikut daftar kendaraan listrik di GIIAS 2021:

Wuling

Pabrikan China ini menghadirkan mobil listrik dengan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV). Produk ini menjadi mobil listrik terlaris di pasar China dengan capaian penjualan lebih dari 650.000 unit. Ukurannya sesuai dengan nama yang disandang dan Wuling menjualnya dengan banderol harga sekitar Rp 60 jutaan di negara asal.

Rencananya, kendaraan listrik ini akan ditawarkan dan dibuat di Indonesia di pabrik Wuling di Cikarang pada 2022 mendatang. Pastinya akan menjadi produk yang menarik terlebih jika harga resminya hadir. Bentuknya pun bisa berubah, sebab saat ini yang diperkenalkan adalah platform GSEV sehingga bentuk akan menyesuaikan selera masyarakat Indonesia.

Toyota

Toyota

Merek ternama asal Jepang ini menghadirkan lini lengkap kendaraan elektrifikasinya yakni dengan teknologi hybrid. Di lantai pameran terdapat All New C-HR Hybrid, All New Camry Hybrid yang baru saja diperkenalkan sebelum GIIAS serta Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) yang mendapat sentuhan warna biru Blue Bird karena telah menjadi armada ramah lingkungan perusahaan taksi tersebut.

Selain produk hybrid terdapat pula Toyota Coms dan C+Pod yang menjadi kendaraan resmi di kawasan ITDC Bali yang mengusung tema ramah lingkungan. Ada juga penampakan e-Pallete yang merupakan bus nirawak yang sempat digunakan pada ajang Tokyo Olimpiade 2020 beberapa waktu lalu. Sayang kendaraan murni EV ini belum bisa dibawa pulang pengunjung pameran.

Lexus ES Hybrid

Lexus

Merek premium Lexus hadir dengan New Lexus ES 300h. Sedan premium ini mendapat penyegaran di sisi eksterior dan interior. Mesinnya menggunakan 2.5L dengan perpaduan motor listrik dan transmisi otomatis e-CVT. Mesinnya menghasilkan tenaga 215 hp dan torsi mencapai 221 Nm.

Sedan terbaru ini hadir dengan fitur Lexus Safety System+ yang terdapat fitur seperti Pre-Collision System, Lane Tracing Assist dan Lane Keep Assist. Lexus ES 300h dibanderol dengan harga Rp 1,12 miliar on the road. Model ini melengkapi model elektrifikasi lainnya seperti UX 300e full electric dan UX 250h hybrid.

Nissan

Salah satu pemain di segmen elektrifikasi adalah Nissan yang hadir di pameran GIIAS dengan model hybrid Kicks e-Power serta Nissan Leaf. Kicks e-Power menawarkan sensasi berkendara mobil listrik dengan teknologi hybrid yang anti takut kehabisan daya. Sedangkan Leaf hadir sebagai jawaban untuk mobilitas listrik murni yang menawarkan jarak tempuh hingga 311 kilometer.

Soal harga, Leaf dibanderol mulai Rp 649 juta sedangkan Kicks e-Power hadir dengan harga Rp 479 jutaan.

MG 5 EV

MG

Morris Garage (MG) Motor datang dengan produk MG 5 EV. Ini merupakan kendaran listrik dengan bentuk station wagon dan menjadi yang pertama di Indonesia. Bentuknya modern dengan kemampuan jelajah hingga 380 km.

Mobil ini menggunakan teknologi permanen magnet synchronous, 3 mode regenerative braking, sistem pengendali untuk on-off automatic headlight, ditambah LED taillight dan LED 3rd brake light untuk pencahayaan maksimal. Kapasitas bagasi hingga 1.456 liter. Harganya belum diinformasikan oleh pihak MG Indonesia. Kehadiran model ini melengkapi kedatangan MG ZS EV yang sudah diperlihatkan beberapa waktu lalu namun tetap belum diketahui kapan akan ditawarkan untuk konsumen Indonesia.

Baca juga: GIIAS 2021: Parade Mobil Konsep, Dari Sedan Mewah Sampai City Car Mungil Bertenaga Listrik

Hyundai Propechy Concept

Hyundai

Merek Hyundai hadir dengan pilihan kendaraan elektrifikasi yang cukup lengkap. Pabrikan Korea Selatan ini menawarkan Kona Elektrik, dan Ioniq untuk penggemar kendaraan ramah lingkungan. Ioniq ditawrakan mulai Rp 630 jutaan dan Hyundai Kona elektrik di angka Rp 690 jutaan.

Di lantai pameran Hyundai juga hadir kendaraan konsep Prophecy. Model ini menunjukkan arah masa depan produk Hyundai termasuk di dalamnya teknologi otonom.

Minicab MiEV

Mitsubishi

Mitsubishi hadir dengan kendaraan hybrid Outlander PHEV. SUV dengan teknologi hybrid ini mesin konvensionalnya dapat menjadi pembangkit daya serta menjadi penggerak roda. SUV ini ditawarkan dengan harga Rp 890 juta dari sebelumnya ditawarkan dengan harga Rp 1,3 miliar.

Selain Outlander PHEV, di lantai pameran Mitsubishi juga memperlihatkan kendaraan Minicab MiEV. Mobil ini dipajang pertama kali pada ajang Tokyo Motor Show 2011 dan menunjukkan kemampuan Mitsubishi menciptakan kendaraan niaga yang ramah lingkungan. Jarak tempuhnya bisa mencapai 150 km dengan tenaga 41 ps dan torsi 196 Nm. Mobil ini hanya dipajang sebagai kendaraan pameran dan belum ada kabar akan ditawarkan di Indonesia.

Oto Media Group

Hello electric

Selain booth pameran masing-masing merek di atas, pengunjung GIIAS 2021 juga dapat menemukan kendaraan listrik tersebut di lantai pameran OTO Media Group dengan tema “Love the Earth, Electrify Now”. Terdapat beberapa produk yang hadir yakni Mitsubishi Outlander PHEV, Toyota C-HR Hybrid, Nissan Leaf, Hyundai Kona Electric, Nissan Kicks e-Power dan mobil konsep Binus ASO School of Engineering (BASE) yang mengikuti kegiatan kompetisi Shell Eco Marathon. (Sta/Raju)

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Mobil Baru yang Ada di GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil