GIIAS 2021: Parade Mobil Konsep, Dari Sedan Mewah Sampai City Car Mungil Bertenaga Listrik

GIIAS 2021: Parade Mobil Konsep, Dari Sedan Mewah Sampai City Car Mungil Bertenaga Listrik

Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 tidak lepas dari kehadiran mobil baru dengan beragam teknologi menarik di dalamnya. Selama pameran yang berlangsung 11-21 November 2021 di ICE BSD Tangerang Selatan itu, hampir semua pabrikan yang berpartisipasi memamerkan kendaraan di berbagai segmen yang juga siap untuk ditebus oleh konsumennya.

Di samping itu, beberapa brand yang terlibat dalam ajang GIIAS 2021 juga saling beradu gengsi untuk memamerkan teknologi masa depan yang akan disematkan pada kendaraan konsepnya. Terdapat lebih dari tiga kendaraan konsep yang dipamerkan pada ajang GIIAS 2021 yang menawarkan paket yang futuristik baik dalam urusan desain hingga fitur-fitur yang disematkan di dalamnya.

Lexus LF-30 Electrified Concept

Lexus LF-30 Electrified Concept

Salah satu pabrikan yang cukup rutin membawa kendaraan konsep di ajang GIIAS adalah Lexus Indonesia, kali ini pabrikan tersebut memboyong LF-30 Concept yang memiliki perawakan crossover. LF-30 Concept sendiri merupakan kendaraan listrik masa depan yang akan dibekali dengan fitur otonom dan memudahkan mobilitas setiap penggunanya.

Desainnya sangat kental dengan aura sport dan didominasi oleh garis-garis atletis yang didasari oleh visi Lexus dalam mengadirkan kendaraan BEV di masa depan. Selain itu ruang interiornya pun dibuat dengan material berkelas ala Lexus yang menampilkan kesan elegan dan mewah.

Belum ada informasi detail tentang kapasitas baterai yang akan digunakan, namun Lexus LF-30 direncanakan menggunakan penggerak empat roda serta dukungan transmisi shift by wire.

Di samping itu tersedia pula fitur tambahan lain seperti Lexud Advance Posture Control dan Airporter yang akan disematkan pada Lexus LF-30. Pada ajang GIIAS 2021 Lexus LF-30 Concept tersebut hadir dengan kelir hitam dan permainan lampu LED di beberapa bagiannya. Kabarnya pabrikan akan memproduksi kendaraan ini dalam waktu dekat dan mengisi segmen crossover/hatchback.

Hyundai Propechy Concept

Hyundai Propechy Concept

Selanjutnya tersedia pula Hyundai Propechy Concept yang merupakan cikal bakal dari suksesor Hyundai Ioniq. Ia akan menjadi wajah baru sedan EV yang dijual oleh Hyundai di masa depan dengan menawarkan sentuhan mewah pada paket fitur yang beragam.

Produsen otomotif Korea Selatan yang juga menanamkan investasinya di Indonesia, menampilkan konsep aerodinamika terdepan dan teknologi berkendara otonom. Pada sisi kemudi, mobil konsep EV itu memakai dua joystick sebagai alat kendali mobil.

Hyundai juga menampilkan E-GMP (Electric Global Modular Platform), sebuah platform masa depan untuk EV yang dikembangkan oleh Hyundai Motor. Dengan menerapkan platform tersebut, Hyundai akan meluncurkan setidaknya 23 model EV baru hingga akhir 2025 dan akan memasok sebanyak lebih dari satu juta unit EV ke penjuru dunia.

Mobil listrik lain yang ditampilkan Hyundai adalah KONA Electric dan IONIQ Electric, termasuk KONA Electric yang ditandatangani Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke Ulsan, Korea Selatan pada 26 November 2019.

Honda SUV RS Concept

Honda SUV RS Concept

Selanjutnya tersedia Honda SUV RS Concept yang digadang-gadang akan mengisi segmen baru di jajaran keluarga Honda. Bahkan kendaraan konsep ini dikabarkan akan menjegal duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Dengan menyandang emblem RS, SUV konsep ini juga menawarkan tampilan desain eksterior yang kental akan aura sporty. Selanjutnya Honda SUV RS ini juga akan dibekali dengan fitur-fitur standar varian RS yang sudah dipasarkan di Indonesia.

Pada umumnya pengenalan mobil konsep yang dilakukan oleh Honda merupakan sebuah sinyal bahwa akan lahir kendaraan baru dalam waktu dekat. Jika ditujukan untuk menghadang laju Toyota Raize dan Rocky harusnya SUV RS konsep akan masuk jalur produksi pada tahun depan.

Wuling GSEV

Wuling GSEV

Pada GIIAS 2021, Wuling menunjukkan dua mobil listrik berplatform Small Electric Vehicle (GSEV) yang menjadi mobil terlaris (terjual lebih dari 650.000 unit) di pasar China sebagai market otomotif terbesar di dunia. Sesuai dengan namanya merupakan kendaraan listrik berukuran mini.

Platform yang digunakan oleh GSEV sebenarnya sudah digunakan oleh kendaraan serupa dan dijual di Tiongkok. Menariknya Wuling membanderolnya dengan harga Rp 60 juta dan merupakan kendaraan listrik dengan harga paling terjangkau saat ini.

Kehadiran Wuling GSEV ini juga sebagai salah satu sinyal bahwa Wuling Motors akan bersiap untuk menghadirkan kendaraan listrik mini tersebut ke tanah air. Selain wujudnya yang unik, Wuling GSEV ini juga dikabarkan akan menawarkan fitur pendukung kenyamanan dan keselamatan di dalamnya.

“Pengenalan GSEV oleh Wuling di GIIAS 2021 merupakan langkah nyata komitmen kami untuk mendukung program pemerintah Indonesia dalam hal percepatan elektrifikasi kendaraan," kata Han Dehong, Vice President of Wuling Motors. (Ndo/Raju)

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil