Bukan di Indonesia, Suzuki Siap Luncurkan Swift Baru di Thailand

Bukan di Indonesia, Suzuki Siap Luncurkan Swift Baru di Thailand
Gambar
Review Pengguna

Kawasan Asia Tenggara tampaknya jadi tujuan berikutnya Suzuki Swift terbaru. Bukan Indonesia, melainkan Thailand, yang rencananya memasarkan Swift generasi terbaru, semester pertama tahun depan. Sebelumnya, pada Februari lalu, mobil ini diketahui melakukan uji coba di negeri gajah putih dengan tertutupi kamuflase.

Suzuki Swift 2017 di Eropa

Namun bisa dikatakan peluncuran Swift anyar ini terbilang lama untuk kawasan Asia Tenggara. Pasalnya, Suzuki sudah memperkenalkan generasi baru produk hatchback ini di Jepang Desember 2016 (khusus untuk pasar Jepang), dan penjualan untuk pasar global sudah mulai sejak Maret 2017.

Untuk Thailand, mobil ini diperkirakan bermesin dual-jet berkapasitas 1,2 liter, mampu menghasilkan daya hingga 91 PS dengan torsi 118 Nm. Sementara untuk pilihan transmisi ada manual lima percepatan dan Continously Variable Transmission (CVT). Hal ini berbeda dengan Swift di Eropa, yang punya beberapa pilihan mesin mulai dari 1.0 liter tiga silinder dengan turbocharged dan 1,2 liter dual-jet serta pilihan hybrid 1,2 liter dual-jet.

Swift 2017-3

 

Seperti diwartakan sebelumnya, Swift anyar diproduksi dengan menggunakan platform Heartect. Platfrom ini sebelumnya sudah digunakan Suzuki untuk Ignis dan Baleno. Swift baru memiliki dimensi panjang 3.840 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.500 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya mencapai 2,450 mm. Angka ini lebih pendek 20 mm dibanding model sebelumnya.

Tidak hanya menggunakan platform baru, mobil ini juga didesain Suzuki lebih modern. Ini terlihat dari bagian grille depan yang diapit lampu depan LED. Sementara lekuk serta garis-garis desain pada bodi, menjadikannya tampil lebih sporty dan agresif. Pada bagian pilar A dan B juga dibalut warna gelap, dengan pilar C berwarna setengah hitam. Fitur itu memberikan efek floating roof atau atap mengambang. Ini menjadikan Swift baru tampak lebih segar dibanding model sebelumnya.

Swift 2017-2

 

Bagian interior, untuk kabin mobil ini juga mengalami pembaruan. Seperti sisi dashboard, panel instrumen di beberapa bagian dan lubang AC baru, serta sudah didukung dengan climate control. Untuk sistem hiburan juga diberikan layar sentuh yang dapat terkoneksi dengan Apple CarPlay maupun Android Auto selain dari konektivitas standar.

Lantas bagaimana dengan di Indonesia? Tampaknya belum ada kabar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjual kembali Swift di Indonesia. Malah di pertengahan tahun ini, Suzuki menghentikan penjualan Swift. (Dir/Odi)

Baca Juga: Mengintip Wajah S-Cross Terbaru

Sumber: