• Wishlist

Bukan BMW Seri-3 yang Terlaris di Indonesia, Tapi SUV Ini

Bukan BMW Seri-3 yang Terlaris di Indonesia, Tapi SUV Ini

BMW Group Indonesia catat kenaikan jualan 11% pada 2019. Total transaksi yang dikumpulkan 3.675 unit. Kalau dielaborasi, torehan 2.943 unit dari BMW dan 732 unit MINI. Termasuk di dalamnya certified used car. Dan bukan pula sedan Seri-3 yang merajai pasaran. Namun SUV seri X banyak digemari konsumen sini.


BMW X1 facelift model terlaris di Indonesia


Khusus penjualan kendaraan baru BMW, naik 6% pada 2019 menjadi 2,500 unit. Tahun sebelumnya hanya 2.360 mobil. Permintaan kuat jenis Sports Activity Vehicle (SAV) berkontribusi terhadap pertumbuhan volume penjualan. BMW X3 terbaru mencatat pertumbuhan tertinggi, dengan peningkatan 119% (265 unit). Kemudian diikuti X5 sejumlah 327 unit. Lalu tiga model terlaris BMW pada 2019 ialah X1 dengan kontribusi 26% dari total penjualan. Sedan Seri-3 (24%) dan BMW Seri-5 (17%).


"Perusahaan alami pertumbuhan pada 2019. Ini berarti, BMW Indonesia telah memilih strategi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Meski ada sejumlah halangan. Ini termasuk penurunan volume industri otomotif secara keseluruhan, perubahan peraturan dan ketidakpastian yang disebabkan pemilu. Di sisi lain, peluncuran New BMW X3 sDrive20i dan New BMW X1 sDrive18i xLine menunjukkan, BMW mendengarkan pelanggan. Dari segi harga dan spesifikasi," papar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia, dalam laporan penjualan.


Capaian Mini


Mini mencetak rekor baru pada 2019. Penjualannya melonjak 700 unit (terkerek 34,6% dari angka tahun sebelumnya 520 mobil). Penjualan Mini Countryman meningkat tajam dengan pengiriman 273 unit naik 46.8% dari 186 unit pada 2018). Sementara penjualan Mini 3-Door juga naik menjadi 260 unit.


Seri 3 sedan terlaris BMW


"Tahun ini jadi periode yang menantang. Namun sangat menarik bagi BMW dan MINI. Kami menghadapinya dengan jajaran model inovatif dan rencana strategis yang baik. Tentu untuk menangkan segmen pasar target baru. BMW Group Indonesia yakin dapat mencapai pertumbuhan yang kuat di Indonesia. Indonesia memiliki basis konsumsi domestik yang besar dan kelas menengah ke atas yang terus tumbuh," imbuhnya.


Jaringan Diler Resmi


Agar lebih dekat dengan pelanggan, BMW Indonesia tingkatkan variasi juga kualitas customer touch point tahun ini. Segera tambahkan satu lokasi baru dari 18 tempat yang ada. Mini bakal menjangkau fans di Bandung dengan membangun showroom anyar. Mereka tampilkan desain ekspresif, suasana premium dan fun khas gaya pabrikan.


"Ucapan terima kasih kepada pelanggan di Indonesia, seluruh mitra jaringan diler resmi BMW dan Mini. Mereka semua berkontribusi besar pada hasil positif BMW dan Mini. Terlepas dari berbagai tantangan di Indonesia, BMW Group memiliki target untuk terus perkuat posisi dan menjadikan tahun ini penuh kesuksesan. Perusahaan bakal kenalkan lebih banyak rangkaian kendaraan anyar. Ada BMW M8 Gran Coupé, New Mini Clubman bersama dengan edisi khusus lainnya," pungkas Ramesh.


Penjualan Mini turut berkontribusi pada kenaikan sales


Market Dunia


Secara global, BMW Group laporkan rekor penjualan kesembilan yang diraih secara berturut-turut pada 2019. Jumlahnya 2.520.307 unit BMW, MINI dan Rolls-Royce dikirimkan ke pelanggan di seluruh dunia. Atau naik 1,2% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada akhir tahun lalu, terdapat 500.000 kendaraan listrik dari BMW Group digunakan di seluruh dunia. Maka BMW Group mengukuhkan posisi sebagai perusahaan mobil premium selama 16 tahun berturut-turut. (Alx/Tom)


Baca Juga: BMW Seri-3 Bertenaga Listrik Tengah Diuji, Pakai Basis Long Wheelbase

Jelajahi BMW X1

BMW X1 Rp 840 Juta Cicilan : Rp 19,17 Juta

Bandingkan & Rekomendasi