MG ZS Segera Meluncur, Siapa Saja Lawannya?

MG ZS Segera Meluncur, Siapa Saja Lawannya?
Gambar
Review Pengguna

Segmen SUV kompak lima penumpang bakal kedatangan MG ZS. Ia mengaspal dengan estimasi banderol di bawah Rp 300 juta, lebih ekonomis dari beberapa punggawa Jepang. Meski titel Morris Garage ber-DNA Inggris, sebetulnya mereka berinduk pada korporasi SAIC, yang juga mewadahi merek Wuling. Ialah pemberi nyawa MG, kembali ke kancah otomotif. Sekaligus meramu produknya jadi memiliki daya saing.

Unit ZS yang disiapkan berbekal mesin 1,5-liter, bertabur fitur mengemudi dan keamanan, hingga dihias panoramic roof. Dari padanan itu, siapa saja yang pantas menjadi rival MG?

Honda HR-V

Honda HR-V turut berkontribusi pada penjualan positif tahun lalu

Honda HR-V menjadi lawan di garda depan. Mereka benar-benar berada di satu segmen, SUV kompak lima penumpang. Secara dimensi juga sepantar. Panjangnya 4.294mm, lebar 1.772mm, sementara tinggi 1.580mm. Dan tertanam amunisi 1.5 liter bertenaga 118 Hp dan torsi 145 Nm. Selisih tipis dengan ZS, yang sanggup memuntahkan daya 114 Hp dan torsi 150 Nm dari kubikasi sama.

Bicara styling, HR-V boleh dibilang atraktif. Garis-garis tubuh berkesan Coupe, dikemas dengan imbuhan futuristis di fasad hingga ke interior. Proporsi aman untuk memuaskan konsumen hari ini. Apalagi dengan kekuatan merek Honda, yang tentu lebih dulu melekat di benak masyarakat. Bukan hal mudah untuk mematahkan popularitasnya.

Namun jika benar MG sanggup melego kurang dari Rp 300 juta, HR-V jadi sedikit terasa mahal. Paling tidak jika dilihat dari pembekalan fitur. ZS sanggup menyediakan transmisi otomatis, atap tembus pandang hingga belakang, enam airbag, kontrol traksi, Curve Brake Control, hingga hampir segala yang dimiliki Honda. Dan tentu menjadi poin menarik untuk si pendatang baru.

Mazda CX-3

Mazda CX-3 masih dijual di bawah CX-30

MG bakal berhadapan juga dengan Mazda CX-3. Proporsi dimensi dan format penumpang setara. Namun, harganya berada jauh di atas kedua mobil tadi. Eurokars melego CX-3 mulai Rp 414 juta hingga Rp 464 juta OTR. Tentunya dengan alasan.

Di balik bonet dapur pacunya lebih besar. Mazda memasang mesin empat silinder SKYACTIV-G 2.0 liter, bertenaga 146 Hp dan torsi 196 Nm. Fiturnya juga lebih optimal. Selain itu, prestise Mazda sulit disamakan dengan produk Jepang lain. Ia sanggup memanjakan konsumen dengan estetika desain dan nuansa kabin berkelas. Karena itu, rasanya CX-3 tak bakal sering dikaitkan dengan MG, ketimbang HR-V. Segmentasinya sedikit lebih tinggi.

Chevrolet Trax

Chevy Trax

Trax sebetulnya memenuhi kriteria untuk rival MG. Sayang, Chevrolet hengkang dari Tanah Air. Saudara dekat MG ini tak akan berniaga lagi. Hanya unit sisa yang masih dijual sampai sekarang. Tapi jangan takut, layanan purnajual tetap tersedia.

SUV ringkas ini memiliki daya Tarik tersendiri. Pertama, soal diskon Chevrolet Trax dalam rangka cuci gudang yang mereduksi harga besar-besaran. Dan secara produk, Trax tidaklah buruk. Sumber penggerak berkonfigurasi empat silinder 1.400 cc Ecotec, turbocharger. Ya, berkat induksi paksa ia bisa mengail tenaga 138 Hp dan torsi 200 Nm. Sangat memuaskan bagi yang berorientasi di sektor teknis.

Di dalam kabin memang cenderung standar. Khas gaya Amerika, dashboard dibuat presisi mengotak. Cukup membosankan. Letak layar hiburan dan tombol-tombol tak seatraktif kawan-kawannya. Pun jauh dari kata mewah.

Namun bekalan fiturnya lumayan lengkap. Enam airbag dihadirkan sebagai standar. Lantas Hill Start Assist, Electronic Stability Control, ABS, EBD dan Predictive Brake Assist juga tersedia. Adapun sunroof yang jarang tersedia di kelas ini.

Low SUV

mitsubishi xpander driving impression

Tiga mobil tadi merupakan rival utama dari MG ZS. Namun belum berhenti di situ. Dari posisi harga dan bekalan mesin, ia juga beririsan dengan jajaran LSUV tujuh penumpang. Sebutlah Toyota Rush dan Daihatsu Terios, sama-sama bermain di mesin 1.5 liter dan dibanderol kurang dari Rp 300 juta.

Meski outputnya tergolong kecil, 102 Hp dan torsi 136 Nm, mereka memiliki dimensi lebih besar. Otomatis besaran kabin baik-baik saja untuk mengakomodir tujuh orang. Cukup. Selain itu, rentang harganya dimulai dari Rp 250 juta sampai Rp 270 jutaan. Dengan berbagai opsi trim level dan transmisi.

Selanjutnya yang masih segar, Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7. Sama, mereka juga mengusung jantung pacu 1.5 liter dengan harga tak sampai Rp 300 juta. Dua mobil ini pun kurang lebih memiliki poin persis dengan Terios dan Rush. Begitu juga Honda BR-V.

Baca Juga: Hindari Corona, Agya dan Ayla Terbaru Meluncur dengan Cara Unik

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store