All New Kia Grand Carnival Goda Kaum Hawa Lewat Desain Baru

All New Kia Grand Carnival Goda Kaum Hawa Lewat Desain Baru

Segmen MPV mewah Tanah Air tak pernah kehilangan penggemar. Bahkan belakangan beberapa agen pemegang merek (APM) datang dengan model-model baru yang menawarkan tampilan dan paket yang tidak biasa dari sebelumnya. Yang terbaru adalah All New Kia Grand Carnival.

Awalnya kita dikejutkan oleh kedatangan Hyundai Staria yang menawarkan desain bak pesawat ruang angkasa dengan konfigurasi 9-penumpang. Selanjutnya pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, PT Kreta Indo Artha yang merupakan agen pemegang merk KIA di Indonesia meluncurkan All New Kia Grand Carnival.

Jika Anda mengenal sosok Carnival pada beberapa tahun lalu dipastikan akan dibuat takjub oleh desain eksterior dan interior yang ditawarkan pada generasi terbarunya ini. Kia Grand Carnival memiliki tampilan yang jauh lebih maskulin dengan DNA SUV di eksteriornya bahkan ruang kabinnya diset untuk dapat menampung 11-penumpang sekaligus lengkap dengan barang bawaan di belakangnya. Keduanya memang menggunakan basis platform yang sama yakni Hyundai – KIA K3 dan mampu mengakomodasi ruang kabin yang lega.

Kia Grand Carnival

Ubahan yang terdapat pada All New Kia Grand Carnival ini juga sejalan dengan perkenalan identitas Kia global melalui logo dan slogan yang juga dikenalkan pada ajang GIIAS 2021. Kehadiran Kia Grand Carnival juga merupakan pengganti dari Kia Sedona yang berada di segmen yang sama. Sementara itu Kia memiliki alasan bahwa akan menggunakan kode yang lebih ringkas untuk setiap kendaraannya di masa depan, salah satunya Kia Grand Carnival untuk segmen MPV.

Kehadiran Kia Grand Carnival ke Indonesia sendiri juga didorong oleh kebutuhan konsumen yang semakin lama semakin berkembang. Hal tersebut disampaikan oleh Marketing & Development Division Head of KIA, Ario Soerjo di ajang GIIAS 2021. Desain Kia Grand Carnival yang kini lebih condong ke arah kendaraan tangguh seperti SUV didorong oleh langkah pabrikan yang ingin menawarkan sebuah pengalaman baru dari kendaraan-kendaraan KIA.

Terlebih lagi, okupansi yang ditawarkan oleh Kia Grand Carnival mencapai 11-penumpang dikabarkan terinpirasi dari MPV berukuran besar yang laris di Amerika dan Australia. Di daerah tersebut kendaraan dengan konfigurasi penumpang yang banyak sangat diminati oleh konsumen terlebih lagi oleh ibu-ibu yang sibuk dengan kegiatan sehari-hari bersama anaknya.

Baca juga: GIIAS 2021: Kia Luncurkan Grand Carnival, MPV Mewah 11 Penumpang

Kia Grand Carnival

“Kendaraan dengan daya angkut banyak seperti ini sebenarnya sudah populer di beberapa daerah di Amerika. Kalau kita lihat beberapa ibu-ibu di sana menggunakan kendaraan MPV besar agar dapat mengakomodasi kebutuhannya saat mengantar anak sekolah dan membawa beberapa teman sekolah anaknya untuk berkeliling,” kata Ario Soerjo.

Hal tersebut pula yang ingin ditawarkan oleh KIA lewat Grand Carnival di tanah air dengan memberikan pengalaman yang berbeda dari sebuah MPV. All New Kia Grand Carnival sendiri memiliki panjang 5.155 mm dengan lebar 1.995 mm dan tinggi 1.775 mm hal tersebut lah yang membuatnya mampu menampung 11 penumpang dalam satu kabin.

Selanjutnya All New Kia Grand Carnival juga dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS yang terdiri dari Smart Cruise Control, Lane Follow Assist & Lane Keep Assist dan Forward Collision Avoidance Asisst serta Blind Spot Avoidance Assist. Seluruh fitur tersebut tersedia untuk memberikan keselamatan ekstra saat berkendara di jalan raya.

Kia Grand Carnival

Di samping itu, All New Kia Grand Carnival juga menyediakan peranti hiburan yang tak kalah menarik di dalamnya, terdapat layar hiburan berukuran 12,3 inci dengan konektivitas smartphone Appel Car Play dan Android Auto di setiap variannya.

Pada sektor performanya sendiri All New Kia Grand Carnival dibekali dengan mesin 4-silinder 2.2 liter Smartstream CRDi yang menghasilkan tenaga 220 hp dan torsi puncak mencapai 441 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang juga bekerja mengalirkan tenaga ke roda depan.

Bagaimana dengan harga? PT Kreta Indo Artha membanderol All New Kia Grand Carnival dengan harga mulai dari Rp 886 juta untuk varian Premiere, sementara itu harga untuk varian Dynamic yang berada di bawahnya belum diumumkan pada GIIAS 2021. (Ndo/Raju)

Baca juga: GIIAS 2021: Kia Seltos Tambah Varian Baru, Ada Pilihan Mesin Diesel

Jelajahi KIA Grand Carnival

Model Mobil KIA

  • KIA Sonet
    KIA Sonet
  • KIA Seltos
    KIA Seltos
  • KIA Picanto
    KIA Picanto
  • KIA Rio
    KIA Rio
  • KIA Sonet 7-Seater
    KIA Sonet 7-Seater
  • KIA Grand Sedona
    KIA Grand Sedona
  • KIA K2700
    KIA K2700
  • KIA Grand Carnival
    KIA Grand Carnival
Mobil KIA

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil KIA Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil KIA

Bandingkan & Rekomendasi