5 Alasan Hyundai Stargazer Jadi Low MPV Wajib Dilirik untuk Mudik

Berkali-kali mengulas, tapi selalu terkesima

5 Alasan Hyundai Stargazer Jadi Low MPV Wajib Dilirik untuk Mudik

Hyundai memang secara serius memperlihatkan komitmennya untuk pasar Indonesia dengan menciptakan kendaraan yang hanya ditawarkan di Tanah Air bahkan langsung diproduksi secara lokal. Berulang kali pengujian telah dilakukan Oto.com. Kali ini kesempatan hadir dengan membawa Stargazer varian Prime iVT, varian tertinggi, melewati jalur Pantura menyambut musim mudik Lebaran 2024. Kini kita tengok kembali mengapa low MPV ini memang layak dilirik sebagai kendaraan keluarga terutama untuk kebutuhan mudik nanti.

1. Kabin Lapang

Modal awal sebagai MPV dijawab oleh Stargazer dengan tawaran ruang interior yang lapang. Stargazer menawarkan panjang sumbu roda 2.780 mm yang membuat penumpang merasakan kenyamanan ruang kaki dan kepala, baik di baris kedua maupun ketiga.

Konfigurasi captain seat juga menambah kesan premium. Sepanjang perjalanan susur jalur Pantura, penumpang merasakan kenyamanan lewat konfigurasi ini yang menawarkan arm rest serta kehadiran table tray untuk kegiatan di dalam kendaraan. Jok baris kedua juga masih bisa diatur jaraknya, maju dan mundur, untuk kenyamanan mendapatkan ruang kaki yang lebih lapang.

Bahasan soal baris ketiga dimulai dari cara masuk. Kursi baris kedua bisa dilipat dengan one tumble alias satu sentuhan tuas. Saat masuk ke baris ketiga, penumpang ditawarkan pegangan tangan yang hadir pada pilar C. Ini membantu penumpang masuk ke dalam dengan nyaman.

Duduk di baris ketiga masih tetap nyaman, meski harus berkompromi dengan penumpang baris kedua untuk mendapatkan ruang kaki yang lebih lapang. Sandaran punggung baris ketiga juga masih nyaman dengan sudut maksimal 60 derajat apabila tidak ada barang bawaan pada bagasi. Kursi baris ketiga bisa dilipat rata lantai untuk menghadirkan ruang penyimpanan lebih besar yakni 585 liter dari 200 liter jika kursi baris ketiga ditegakkan. Ini modal penting bagi kendaraan keluarga yang kerap membawa banyak bawaan.

Hyundai Stargazer

2. Fitur Kenyamanan

Stargazer menawarkan banyak ruang penyimpanan di seluruh kabin. Pada area dasbor saja terdapat dua ruang penyimpanan tertutup serta area kosong di bagian tengah untuk meletakkan telepon genggam, atau kacamata. Cup holder hadir di beberapa tempat seperti door trim, konsol tengah, bahkan pada baris ketiga yang membuat penumpang di seluruh baris tidak kesulitan menaruh minuman kesayangan.

Hadir juga blower AC dengan tiga tingkat semburan di baris kedua. Paada bagian belakang konsol tengah,terdapat dua port USB untuk pengisian daya gawai dengan ruang penyimpanan. Opsi pengisian daya lebih mudah dengan kehadiran wireless charger di baris pertama dengan tambahan port USB serta soket 12V.

Jok sudah berbalut kulit yang menambah kenyamanan selama perjalanan jauh. Sepanjang perjalanan, head unit 8 inci dengan sambungan gawai seperti Android Auto dan Apple CarPlay membantu menghabiskan waktu. Kemudahan sambungan ini memudahkan pengemudi untuk mendengarkan musik kesukaan dan navigasi yang langsung terhubung ketika sudah terkoneksi dengan head unit. Pengalaman hiburan dibuat lebih baik dengan kehadiran enam speaker yang tersebar di kabin, dimana pengaturan suara lebih detil bisa diakses lewat head unit.

3. Fitur Keselamatan

Segmen low MPV sebelum kehadiran Stargazer masih irit fitur. Kehadiran Stargazer yang membawa Hyundai SmartSense dan fitur telematik Bluelink, menggugah segmen yang telah mature.

Fitur ADAS ini juga yang menjadi tawaran menarik sepanjang perjalanan susur jalur mudik. Hyundai SmartSense menawarkan beberapa fitur seperti forward collision-avoidance assist, lane following assist, high beam assist, lane keeping assist, blind-spot collision-avoidance assist, rear cross traffic collision-avoidance assist serta kehadiran rear view monitor.

Sepanjang jalur tol, hampir seluruh fitur digunakan secara maksimal. Termasuk kemudahan cruise control yang membuat perjalanan panjang menjadi lebih nyaman. Sepanjang jalur Pantura, fitur yang paling banyak terasa penggunaannya adalah blind spot warning serta lane keeping assist. Ini membantu pengemudi mengetahui kondisi sekitar kendaraan utamanya saat hendak mendahului kendaraan lain di jalanan yang relatif sempit. Selain itu kombinasi rear view monitor dengan rear cross traffic collision memudahkan untuk keluar dari area parkir secara mundur.

Sedikit bicara tentang fitur BlueLink. Fitur ini menghubungkan kendaraan dengan pengemudi lewat aplikasi di telepon pintar. Pengemudi bisa memantau kondisi kendaraan miliknya termasuk dalam kondisi darurat. Selain itu, lewat telepon genggam, pengemudi bisa menyalakan mesin kendaraan, mengatur suhu AC di dalam kabin, serta menemukan posisi kendaraan lewat kemudahan genggaman tangan.

Baca Juga: Hyundai Indonesia Siapkan 6 Mobil Baru Sepanjang 2024

Stargazer Prime

4. Tawaran Performa

Stargazer menggunakan mesin Smartstream G1.5 MPI 4 silinder 1.497 cc yang di atas kertas menawarkan tenaga 115 ps dan torsi 143,8 Nm. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi iVT canggih yang memiliki cara kerja berbeda dengan transmisi CVT biasa. Pada transmisi ini terdapat 2 katrol dan sabuk baja sebagai pengganti gir transmisi. Transmisi ini bekerja dengan modulasi tekanan sistem katrol pada transmisi sehingga dapat menyesuaikan tekanan dari pengemudi dan kondisi pengemudi.

Sepanjang perjalanan di Pantura, mesin dan transmisi bekerja dengan baik menghantarkan tenaga meski di putaran rendah. Saat hendak mendahului kendaraan lain, tenaga cepat dirasakan untuk melesatkan mobil, tanpa hentakan kasar, untuk mencapai kecepatan yang diinginkan.

Hadir juga mode berkendara yang bisa dipilih untuk kebutuhan yakni Eco, Normal, Sport dan Smart. Sepanjang perjalanan di jalur Pantura, mode yang dipilih kebanyakan Normal sebab dengan mode ini rasanya cukup untuk berkendara di jalur alternatif mudik tersebut. Selain itu, jika ingin raihan tenaga instan, transmisi Stargazer menyediakan mode manual dengan menggeser tuas dari posisi D ke arah kanan. Pengemudi bisa mengatur posisi gigi sesuai kebutuhan dengan mengarahkan tuas ke bawah untuk menurunkan, dan ke atas untuk menaikkan posisi gigi.

Soal pengendalian, Stargazer menawarkan kemudahan untuk bermanuver. Hyundai menggunakan steering model column dengan motor driven power steering (C-MDPS) yang terasa presisi. Suspensinya pun bekerja meminimalkan gejala limbung. Penggunaan MacPherson Strut di depan dan Coupled Torsion Beam Axle (CTBA) di belakang menghadirkan karakter tebal pada suspensi, tidak terlalu keras juga tidak terlalu lembut untuk melibas beragam kontur jalan.

Beberapa kali bertemu dengan lubang di jalur Pantura yang cukup dalam, suspensi Stargazer mampu meredam dengan baik. Selain itu kehadiran pengereman cakram di depan dan belakang memudahkan kebutuhan perlambatan kecepatan secara singkat. Fitur ABS, EBD dan BA serta electronic stability control dan hill start assist, menambahkan rasa berkendara di tengah cuaca hujan deras dan kontur jalan naik dan turun.

5. Efisiensi

Momen susur jalur alternatif untuk mudik ini juga dijadikan kesempatan untuk kembali melihat tawaran efisiensi dari low MPV Hyundai ini. Jalur yang ditempuh dari Jakarta adalah tol melewati tol layang MBZ. Tim kemudian keluar tol di gerbang Cikampek untuk kemudian masuk ke jalur Pantura hingga ke Cirebon.

Total pulang pergi menempuh jarak kurang lebih hampir 500 km, tepatnya sekitar 480 km. Gaya berkendara dibuat senormal mungkin menggambarkan kebutuhan ketika mudik nantinya. Gambaran lalu lintas terhitung lancar di area tol dan sedikit mengalami kemacetan di Pantura dikarenakan pengerjaan perbaikan jalan, kecelakaan atau bertemu dengan pasar menjelang berbuka puasa.

Lewat informasi MID, hasil konsumsi bahan bakar setelah total berkendara 12 jam adalah 16,3 km per liter. Angka ini konstan diperlihatkan saat kendaraan masuk Pantura hingga ke Cirebon. Selama di jalur tol, sempat memperlihatkan angka 17 km/liter.

Capaian ini jelas jadi modal penting sebagai kendaraan untuk mudik bersama keluarga. Lewat tawaran fitur dan performa mesin, Stargazer layak dilirik untuk perjalanan jauh lewat beragam rute.

Saat ini Stargazer ditawarkan dalam empat pilihan varian yakni Active, Essential, Style dan Prime. Varian termurah model ini ada di Active dengan transmisi manual yang dibanderol Rp249 jutaan.

Harga Hyundai Stargazer:

  • Active MT Rp249.600.000
  • Active iVT Rp262.600.000
  • Essential MT Rp261.400.000
  • Essential iVT Rp275.300.000
  • Style iVT Rp305.300.000
  • Prime iVT Rp320.900.000

(STA/ODI)

Baca Juga: Hyundai Stargazer Prime iVT Jadi Pilihan yang Menarik, Berikut Skema Cicilannya

Setyo Adi Nugroho

Setyo Adi Nugroho

Pemuda asal Yogyakarta yang gemar fotografi dan dunia otomotif. Adi, begitu ia disapa, sudah cukup lama berkecimpung di jurnalisme. Khususnya otomotif. Salah satu poin paling menarik dari dirinya, sang bapak mengoleksi motor Honda Supra. Berlanjut sampai dirinya yang tetap setia menggunakan moped atau motor bebek Honda Supra di tengah terpaan gelombang skutik.

Baca Bio Penuh

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer
  • Hyundai Stargazer X
    Hyundai Stargazer X
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
Harga Mobil Hyundai

Jangan lewatkan

Promo Hyundai Stargazer, DP & Cicilan

  • Stargazer Active MT DP Rp 12,36 Juta Angsuran Rp 5,11 Juta x 60 Bulan Rp 247,2 Juta OTR Lihat Promo
  • Stargazer Active IVT DP Rp 13 Juta Angsuran Rp 6,38 Juta x 60 Bulan Rp 260 Juta OTR Lihat Promo
  • Stargazer Essential MT DP Rp 13,3 Juta Angsuran Rp 19,54 Juta x 12 Bulan Rp 258,8 Juta OTR Lihat Promo
  • Stargazer Essential IVT DP Rp 14,67 Juta Angsuran Rp 20,57 Juta x 12 Bulan Rp 272,5 Juta OTR Lihat Promo
  • Stargazer Style IVT DP Rp 15,04 Juta Angsuran Rp 7,35 Juta x 60 Bulan Rp 300,8 Juta OTR Lihat Promo
  • Stargazer Prime IVT DP Rp 15,59 Juta Angsuran Rp 5,9 Juta x 60 Bulan Rp 316,2 Juta OTR Lihat Promo

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang
  • Hyundai i20 2024
    Hyundai i20 2024
    Rp 270 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Hyundai Ioniq 5 N
    Hyundai Ioniq 5 N
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Hyundai Kona Electric 2024
    Hyundai Kona Electric 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Hyundai Seven Concept
    Hyundai Seven Concept
    Rp 974,42 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Sep, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Mobil Hyundai Stargazer Terbaru di Oto

Oto
  • Hyundai New Stargazer Essential, Perubahan sama Harga Sebanding? | First Impression
    Hyundai New Stargazer Essential, Perubahan sama Harga Sebanding? | First Impression
    17 Aug, 2023 .
  • Hyundai Stargazer Active, Varian Bawah Jadi Keren! | Road Test
    Hyundai Stargazer Active, Varian Bawah Jadi Keren! | Road Test
    22 Jun, 2023 .
  • Hyundai Upgrade Stargazer Active, Harga Tetap Sama | First Impression
    Hyundai Upgrade Stargazer Active, Harga Tetap Sama | First Impression
    15 May, 2023 .
  • Jajal Hyundai Stargazer Varian Prime CVT Paling Menarik | Road Test
    Jajal Hyundai Stargazer Varian Prime CVT Paling Menarik | Road Test
    30 Dec, 2022 .
  • Hyundai Stargazer 2022, Review Lengkap Eksterior, Interior, dan Tes Jalan!
    Hyundai Stargazer 2022, Review Lengkap Eksterior, Interior, dan Tes Jalan!
    26 Jul, 2022 .
Tonton Video Mobil Hyundai Stargazer

Bandingkan & Rekomendasi

Hyundai Stargazer
Hyundai Stargazer
Rp 272,5 Juta
4.83 (6 Ulasan)
Harga Stargazer
Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander
Rp 312,9 Juta
Harga Xpander
Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga
Rp 262,8 Juta
Harga Ertiga
Toyota Avanza
Toyota Avanza
Rp 272,5 Juta
Harga Avanza
Nissan Livina
Nissan Livina
Rp 287 - 320 Juta
Harga Livina
Mesin 1497
1499
1462
1329
1499
Panjang 4460 mm
4595 mm
4395 mm
4395 mm
4510 mm
Lebar 1780 mm
1750 mm
1735 mm
1730 mm
1750 mm
Tinggi 1695 mm
1730 mm
1690 mm
1665 mm
1695 mm
Ground Clearance 195 mm
225 mm
180 mm
195 mm
200 mm
Tempat Duduk 7
7
7
7
7
Jenis Transmisi Manual
Manual
Manual
Manual
Manual
Sabuk Pengaman Belakang Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Radio AM/FM Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Bandingkan Sekarang

Tren MPV

  • Yang Akan Datang
  • BYD D9
    BYD D9
    Rp 1,056 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Mitsubishi Xpander Hybrid
    Mitsubishi Xpander Hybrid
    Rp 405,5 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jun, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Lexus LM 2024
    Lexus LM 2024
    Rp 30,63 Milyar Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Toyota Avanza 2024
    Toyota Avanza 2024
    Rp 294,5 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Agu, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Honda Odyssey 2024
    Honda Odyssey 2024
    Rp 590,72 Juta Perkiraan Harga Jakarta Selatan
    Perkiraan Diluncurkan Jul, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
Mobil MPV Yang Akan Datang

Artikel Mobil Hyundai Stargazer dari Carvaganza

  • GIIAS 2023: Hyundai Stargazer X Meluncur Mulai Rp325,6 Juta
    GIIAS 2023: Hyundai Stargazer X Meluncur Mulai Rp325,6 Juta
    Setyo Adi, 10 Agu, 2023
  • Ini Dia Tampang Hyundai Stargazer X Tanpa Kamuflase, Siap Launching di GIIAS 2023
    Ini Dia Tampang Hyundai Stargazer X Tanpa Kamuflase, Siap Launching di GIIAS 2023
    Bangkit Jaya, 07 Agu, 2023
  • Hyundai Stargazer Berbenah Luar Dalam, Ini Daftar Lengkap Pembaruannya
    Hyundai Stargazer Berbenah Luar Dalam, Ini Daftar Lengkap Pembaruannya
    Alvando Noya, 18 Jul, 2023
  • Hyundai Stargazer Dapat Upgrade Varian Tengah, Ganti Nama & Tambah Fitur
    Hyundai Stargazer Dapat Upgrade Varian Tengah, Ganti Nama & Tambah Fitur
    Muhammad Hafid, 17 Jul, 2023
  • Tampilan Hyundai Stargazer Versi Crossover, Interior Juga Berubah
    Tampilan Hyundai Stargazer Versi Crossover, Interior Juga Berubah
    Anjar Leksana, 21 Jun, 2023

Artikel Mobil Hyundai Stargazer dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Mau Kredit Hyundai Stargazer Prime IVT, Simak Skema Cicilannya
    Mau Kredit Hyundai Stargazer Prime IVT, Simak Skema Cicilannya
    Alvando Noya, 23 Feb, 2024
  • Simulasi Cicilan Syariah Hyundai Stargazer Essential IVT 2023
    Simulasi Cicilan Syariah Hyundai Stargazer Essential IVT 2023
    Anjar Leksana, 24 Jul, 2023
  • Harga New Hyundai Stargazer Prime IVT 2023 Naik Rp4,4 Juta, Ini Ubahannya
    Harga New Hyundai Stargazer Prime IVT 2023 Naik Rp4,4 Juta, Ini Ubahannya
    Anjar Leksana, 20 Jul, 2023
  • Hyundai Meluncurkan Stargazer Varian Essential Pengganti Trend, Apa yang Berubah?
    Hyundai Meluncurkan Stargazer Varian Essential Pengganti Trend, Apa yang Berubah?
    Anindiyo Pradhono, 17 Jul, 2023
  • Hyundai Indonesia Konfirmasi Peluncuran New Stargazer
    Hyundai Indonesia Konfirmasi Peluncuran New Stargazer
    Anjar Leksana, 12 Jul, 2023
  • Hyundai Stargazer Prime: Pantas Menjadi Benchmark Baru
    Hyundai Stargazer Prime: Pantas Menjadi Benchmark Baru
    Wahyu Hariantono, 14 Sep, 2022
  • First Drive Hyundai Stargazer Prime: Fokus untuk Keluarga
    First Drive Hyundai Stargazer Prime: Fokus untuk Keluarga
    Setyo Adi, 25 Jul, 2022

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*