Beda Harga Tipis, Pilih Yamaha Grand Filano Hybrid Connected atau Honda Vario 160?

Beda Harga Tipis, Pilih Yamaha Grand Filano Hybrid Connected atau Honda Vario 160?

Yamaha Indonesia resmi merilis Grand Filano Hybrid Connected. Ia merupakan produk kedua di kelas Classy Yamaha. Desainnya lebih fashionable dan high-class serta fitur-fiturnya tergolong canggih. Harganya Rp27 juta untuk tipe Neo dan Rp27,5 juta buat versi Lux. Dari banderol itu, unit anyar selisih tipis dengan Honda Vario 160 CBS yang dilego Rp26,5 juta. Bila Anda punya bujet di angka itu, baiknya pilih mana?

KEY TAKEAWAYS

  • Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

    Dibanderol Rp27 juta
  • Honda Vario 160 CBS

    Ditawarkan dengan harga Rp26,5 juta
  • Desain

    Yamaha Grand Filano Hybrid Connected mengusung tema "The Next Level of Fashion". Wujudnya ala retro modern dengan tema mewah dan elegan. Desain bodinya dinamis, mengalir landai dari depan hingga belakang. Lampu utama atau headlamp terpasang di atas. Covernya berbentuk diamond. Sementara sepasang sein minimalis menempel secara vertikal di bawah atau tiap sisi fairing depan. Bagian tengahnya diberi ‘dasi’ yang menyerupai skuter Eropa.

    Grand Filano

    Buat kemudahan berkendara di perkotaan, ia menggunakan floor dek rata. Panel bodi samping tak ada lekukan tajam, melainkan garis-garis tegas. Sedang bagian belakang dibuat ringkas dan tetap ada unsur modern. Menariknya, skutik baru mengadopsi pengisian bensin di area dek depan seperti Yamaha Freego.

    Vario 160 CBS mengusung skutik bergaya sportif. Memiliki garis-garis desain tegas. Bagian depan dibuat seperti model bertingkat. Sistem pencahayaan depan masih mengandalkan Dual Keen LED Headlight. Dilengkapi pula dengan lampu sein vertikal di atas lampu utama.

    Menyesuaikan dengan tameng depan, panel tengah terlihat sedikit menggembung. Ia juga mengusung floor dek rata. Panel bodi samping diisi dengan stiker bertuliskan Vario 160. Sementara bagian buntut menerapkan motif modern. Pakai desain stop lamp dan sein terpisah. Bentuknya meruncing ke atas.

    Honda Vario 160

     

    Rancang Bangun

    Grand Filano hadir dengan tipe rangka underbone. Secara dimensi Yamaha Grand Filano Hybrid Connected memiliki panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.155 mm. Ground Clearance 125 mm dan tinggi tempat duduk 790 mm. Sedang tangki bahan bakar minyak (BBM) berkapasitas 4,4 liter atau lebih kecil dari Fazzio, yang ukurannya 5,1 liter. Berat isi mencapai 100 kg.

    Suspensi mengandalkan teleskopik di depan dan tunggal dengan model unit swing di belakang. Pengereman kombinasi rem cakram dengan tromol. Untuk ban pakai ukuran yang sama dan jenisnya tubeless, yaitu 110/70 dengan pelek 12 inci.

    Vario 160 mengadopsi rangka berteknologi eSAF (enhanced smart architecture frame). Klaimnya dapat membuat dia semakin lincah dan mudah dikendarai. Sementara dimensi terdapat perbedaan yang cukup signifikan, yakni 1.929 x 679 x 1.088 mm (PxLxT). Vario 160 lebih panjang. Tapi jarak terendah ke tanah 140 mm dan tinggi tempat duduk 778 mm. Buat kapasitas tangkinya sebesar 5,5 liter. Bobot keringnya 115 kg.

    Grand Filano

    Urusan kaki-kaki gunakan suspensi depan teleskopik dan belakang pakai swing arm yang dimaksimalkan shockbreaker tunggal. Sementara diameter roda 14 inci. Dibungkus pakai ban berukuran 100/80 (depan) dan 120/70 (belakang). Kedua ban sudah berjenis tubeless. Pengereman cakram di depan dan tromol di belakang. Dibantu dengan teknologi pengereman CBS.

    Mesin

    Yamaha Grand Filano dibekali dengan mesin 125 cc, SOHC, 1-silinder, 2-katup, pendingin udara, dan sudah berpengabut injeksi Blue Core Hybrid. Dari lembar spesifikasi, output yang dihasilkan mencapai 8,2 Hp di 6.500 rpm dan torsi puncak 10,4 Nm di putaran 5.000 rpm.

    Menariknya, Grand Filano juga dibekali dengan teknologi hybrid ringan serupa Fazzio. Teknologi Blue Core Hybrid memiliki dua sumber tenaga yang saling bersinergi, yakni daya yang diproduksi dari mesin konvensional serta yang disuplai dari Electric Power Assist Start (EPAS). Guna mendukung 2 sektor tadi ada sejumlah komponen yang saling menunjang, antara lain Smart Motor Generator (SMG), baterai (aki), dan Starter Generator Control Unit (SGCU). Berfungsi untuk memberikan tambahan power pada 3 detik pertama saat tuas gas diputar.

    Honda Vario 160

    Dilengkapi pula dengan sistem One Push Start yang membuat mesin cepat menyala dengan satu sentuhan. Serta dilengkapi fitur Stop & Start System yang berfungsi mematikan mesin secara otomatis saat motor tidak digunakan sehingga lebih menghemat bahan bakar.

    Sementara lawannya menggendong mesin 156,9 cc yang dijejali empat klep, SOHC, berpendingin cairan serta teknologi enhanced Smart Power Plus (eSP+). Menurut data pabrikan, ia mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,3 Hp pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 13,8 Nm di kitiran 7.000 rpm.

    Mesin eSP yang ada pada dirinya juga terintegrasi dengan Alternating Current Generator (ACG starter). Sistem itulah yang membuat suara mesin menjadi lebih halus saat dihidupkan. ACG starter juga menjadi dasar dari pengaplikasian fitur Idling Stop System (ISS).

    Grand Filano

    Fitur

    Seluruh sektor pencahayaan sudah mengusung teknologi LED. Buat di bagian depan diberikan Unique LED Position Light. Lebih lanjut ada Electric Power Socket dan di bawahnya terdapat Spacious Front Pocket yang bisa dibuka tutup saat membawa barang. Dirinya sudah menggunakan Smart Key System (keyless) yang dilengkapi dengan fitur Answer Back System untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor.

    Grand Filano Hybrid-Connected semakin unggul dengan penyematan fitur-fitur canggih. Utamanya memiliki TFT Sub Display. Selain terdapat digital speedometer berwarna, ada pula animasi seperti Welcome dan Goodbye Message, Odometer, Fuel Consumption, serta Power Assist Indicator.

    Buat kepraktisan ada bagasi sebesar 27 liter dan sudah diberikan lampu LED di dalamnya. Cukup membantu ketika mencari barang malam hari. Kemudian Convenience Hook Carabiner, gantungan dengan sistem pengunci model carabiner sehingga lebih praktis saat membawa banyak barang. Footpeg buat pembonceng bisa dilipat, jadi secara estetika lebih baik dan rapi. Pakai jok model menyatu dengan desain premium bertekstur bordir yang unik.

    Honda Vario 160

    Serta Smart Front Refuel buat pengisian bahan bakar agar praktis tanpa membuka jok. Tak lupa pula lampu Hazard untuk memberi tanda dalam situasi darurat.

    Sementara Vario 160 sudah dibenamkan Combi Brake System (CBS). Lalu ada USB charger type A dengan daya maksimal 5V 2.1A, kompartemen kiri cukup lega, bagasi ukuran 18 liter, sistem pencahayaan semuanya sudah berteknologi LED, Side Stand Switch, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti-Theft Alarm, serta panel instrumen full digital yang pakai teknologi negative display.

    Varian dan Harga

    Grand Filano Hybrid-Connected Lux dengan desain jok premium memiliki warna Lux White Pearl dan Lux Matte Blue. Dipasarkan dengan harga Rp27,5 juta. Kemudian versi Neo hadir dengan pilihan empat pilihan warna, di antaranya Neo Dull Blue, Neo Red, Neo Beige, dan Neo Black. Dibanderol Rp27 juta OTR Jakarta.

    Grand Filano Hybrid Connected

    Buat Vario 160 tipe CBS tersedia cat Active Black, Grande Matte Red, dan Grande Matte Black. Dari ketiga pilihan yang ditawarkan, hanya Active Black yang punya stripe sporty. Tampak pada tameng depan tiap sisi dan di panel bodi belakang.

    Grande Matte Red sesuai dengan namanya, kombinasi merah doff dengan hitam. Sedang Grande Matte Black semua tubuhnya berkelir serbahitam. Dan di tipe ini tidak memakai embel 3D bertuliskan Vario 160, melainkan hanya stiker silver. Ia dibanderol Rp26,5 juta OTR DKI Jakarta.

    Simpulan

    Dari ulasan yang sudah diberikan, Grand Filano Hybrid Connected dan Vario 160 CBS sangat cocok untuk dipakai sehari-hari. Dari segi fitur dan kenyamanan sama-sama dimiliki keduanya. Tapi bila diperinci lagi, skutik Yamaha punya teknologi konektivitas, tambahan tenaga dari hybrid ringan, TFT sub display berwarna, dan Smart Front Refuel buat pengisian bahan bakar agar praktis tanpa membuka jok.

    Honda Vario 160

    Sedang produk Honda punya mesin lebih besar dan bertenaga, pengereman CBS, remote dengan Anti-Theft Alarm dan punya klaim catatan konsumsi bahan bakar. Sementara perihal harga tidak terlampau jauh, hanya selisih Rp400 ribuan dari versi bawah skutik Yamaha. Bila ingin skutik ala retro modern dengan fitur canggih bisa pilih Grand Filano Hybrid Connected. Sementara jika Anda mau skutik berpenampilan sporty, Vario 160 CBS bisa jadi opsi menarik. Jadi tinggal sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

    (BGX/TOM)

    Baca juga: Selisih Rp5 Jutaan, Beli Yamaha Grand Filano atau Honda Scoopy?

    Komparasi Honda Vario 160 vs Yamaha Grand Filano Hybrid Connected

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Bandingkan & Rekomendasi

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature