Pilihan SUV Bekas Dengan Anggaran Rp 350 Jutaan

Pilihan SUV Bekas Dengan Anggaran Rp 350 Jutaan

Jika sebelumnya, OTO.com memaparkan aneka pilihan MPV bekas, maka sekarang gilirannya untuk kelas SUV. Ya, Sport Utility Vehicle (SUV) sendiri merupakan salah satu segmen yang sedang berkembang dan masih sangat potensial disamping LCGC. Beberapa alasan yang menjadikan SUV menjadi incaran saat berburu mobil adalah tampilan bodi, mesin yang lebih besar dan juga daya angkut penumpangnya yang sama atau hampir setara dengan Multi Purpose Vehicle (MPV).

Untuk penelusuran kali ini, setidaknya ada tiga indikator yang menjadi batasan yakni harga jual bekas berkisar Rp 350 Juta, usia kendaraan maksimal lima tahun dan lokasi perburuan berlangsung di satu tempat sentra penjualan mobil bekas yakni Mobil88-Cilandak, Jakarta.

Berbeda dengan 'hunting' MPV yang memakan waktu 2 jam, kali ini kami hanya menghabiskan durasi kurang dari 1,5 jam. Pasalnya, pilihan SUV di tingkat harga ini tidaklah sebanyak MPV. Kami pun memutuskan tiga model yang bisa direkomendasikan ke Anda ketika mencari SUV bekas Rp 350 Jutaan dan ada yang model 7-seater dan 5-seater.

Perlu ditambahkan juga bila harga yang tertera di bawah ini tidak bisa dijadikan sebagai barometer yang mengikat, karena nilai jual mobil bekas bisa fluktuatif tergantung dari tipe/varian, kondisi mobil, usia mobil sampai dengan ketersediaan stok di pasaran.

Lalu SUV mana sajakah yang masuk dalam rekomendasi CarBay? Berikut ulasannya.

Toyota Fortuner VNT 2.5 G A/T 2013

Fortuner VNT di Mobil88

Ketika kami berkunjung ke gerai Mobil88, salah satu model SUV yang masuk ke dalam kriteria harga pertama kali ialah Toyota Fortuner, tepatnya model facelift dari generasi Fortuner pertama. Memang, ketika pengamatan kemarin, terdapat 6 unit mobil Fortuner bekas, namun karena setengahnya merupakan tipe 2.5 G A/T VNT, maka kami pun merekomendasikan varian ini. Untuk kisaran banderol dari tipe keluaran tahun 2013 tersebut, dimulai dari Rp 350 Juta – Rp 361 Juta, tergantung dari odometer dan kondisi kendaraan.

Berbicara penampilannya, SUV Toyota ini, masih tampak gagah. Dari bagian depannya terlihat radiator grill yang besar, hood scoop di atas kap mesin, lampu depan berkonsep projector. Kemudian di area samping, tampak roof rail yang menempel di sepanjang atap dan kaki kaki yang ditopang velg berdiameter R17. Lalu di buritannya terdapat spoiler belakang yang sporty dan lampu belakang bergaya tiga dimensi serta emblem identitas dari VNTurbo

kelengkapan Fortuner VNT

Masuk ke dalam kabinnya, terasa mewah dan lapang, berkat lapisan jok berkelir warna beige, panel bernuansa hitam yang menghiasi area atas palang kemudi, sandaran tangan di pintu, tuas transmisi dan area tengah dashboard. Bertugas untuk memanjakan penumpang, Toyota melengkapi Fortuner ini dengan head unit 2DIN berdimensi 6,1 inci touchscreen yang mampu memutar keping DVD hingga terkoneksi dengan iPod dan kisi penyejuk udara di langit-langit (ceiling air conditioner) yang mendistribusikan kesejukan kepada seluruh penumpang.

Berperan sebagai sistem pendorong tenaga dari SUV berukuran panjang 4,7 meter ini, teraplikasi mesin diesel 4-silinder berkapasitas 2.5L dengan kode 2KD-FTV, DOHC plus peranti VN Turbo Intercooler. Adapun kemampuannya adalah memproduksi daya maksimum 144 PS dan momen puntir sebanyak 343,2 Nm yang dikawinkan dengan peranti pendistribusi tenaga ke roda belakang via transmisi otomatis 4-percepatan.

Untuk urusan fasilitas keselamatan berkendara, Fortuner 2.5 G A/T VNT dilengkapi dengan Corner dan Parking Sensor yang membantu pengendara saat bermanuver di kepadatan lalu lintas ataupun saat parkir serta fitur pengereman ABS (Anti-lock Braking System).

Mitsubishi Pajero Sport Exceed A/T 2012

Pajero Sport Exceed cukup menarik

Rival abadi dari Toyota Fortuner ini, Mitsubishi Pajero Sport, juga terdaftar di dalam list SUV bekas pilihan 350 Jutaan versi CarBay. Varian yang kami temui adalah Pajero Sport Exceed 4x2 lansiran tahun 2012 bertransmisi otomatis dengan harga jual bekas Pajero Sport Rp 329 Juta. Perlu ditambahkan juga, bila varian Exceed pernah menduduki kasta tertinggi dari Pajero Sport sebelum PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors meluncurkan versi Dakar dan edisi penyegarannya. Exceed dahulu dipasarkan dengan sistem berpenggerak 4x2 dan 4x4.

Perihal bahasa rancang bodi yang diaplikasi oleh SUV berbobot kosong 2 Ton ini berkonsep modern dan dinamis. Aura modern terasa dari grill depan beraksen palang horizontal berlapis chrome, lampu utama yang mengusung projector dan lampu belakang model kombinasi sein serta rem dengan lampu mundur dibagian bawah bumper. Sedangkan, unsur dinamis tampak dari rumah roda yang besar dan tebal, velg berukuran R17 serta roofrail di atas atap mobil.

Fitur Pajero Sport

Bagaimana dengan interiornya? Pajero Sport Exceed lebih mengedepankan sporty dan mewah. Dimana gaya sporty diwujudkan pada speedometer berkonsep tiga lingkaran, center instrumen panel di bagian atas dashboard yang bisa menampilkan informasi suhu pendingin udara dan sistem pendukung lainnya, serta audio switch control di palang stir. Kemudian, nuansa mewah timbul dari wood panel yang melapisi trim pintu dan konsol tengah dashboard, serta jok yang menampung 7-penumpang dengan balutan kulit warna beige.

Dalam rangka mendukung ketangguhan dari Pajero Sport, brand otomotif berlambang tiga berlian ini, menginstalasi jantung mekanis peminum solar 4D56 berkonfigurasi 4-silinder yang berkekuatan 2.5 L lengkap dengan turbocharged dan intercooler. Kompetensi yang dimilikinya adalah menyemburkan tenaga sebesar 136 PS dan torsi 314 Nm dengan mode pemindah transmisi otomatis 4-percepatan yang dibekali mode Sport.

Lalu apa sajakah fitur pendukung keselamatan berkendara yang dimiliki tipe Exceed? Menurut data spek, SUV Mitsubishi ini diakomodasi dengan Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), SRS Airbag untuk melindungi penumpang depan dan pengemudi, Reinforced Impact Safety Evolution (RISE) Body, serta sensor mundur.

Honda CR-V 2.4 A/T 2013

CR-V satu-satunya bermesin bensin

Referensi kami bukan hanya SUV diesel bertubuh besar dengan daya tampung 7-penumpang, karena pilihan berikutnya adalah SUV berbahan bakar bensin berukuran medium namun kapasitas mesinnya tidak jauh berbeda. Ya, Honda CR-V varian 2.4 L buatan tahun 2013, rupanya dibanderol seharga Rp 360 Juta dan tentu masuk dalam kriteria kali ini. Sebagai informasi tambahan, PT Honda Prospect Motor (HPM) memang meniagakan CR-V di Tanah Air dalam dua pilihan mesin i-VTEC yakni 2.0 L SOHC dan juga 2.4 L DOHC.

Untuk gaya eksteriornya, Honda CR-V kami akui 'tampan' dan paling mendekati konsep SUV perkotaan sehingga cocok bagi Anda yang sedang memburu 'teman perjalanan' di dalam kota. Hal ini diperkuat dengan penggunaan grill modern model tiga palang horizontal, lampu depan dinamis dengan projektor, velg berukuran besar 18 inci, dan bagian buritan yang dipermanis oleh lampu belakang beraksen menyiku plus kaca bagasi yang melengkung.

CR-V terasa mewah

Berpindah ke area dalam dari SUV 5-seater berdimensi panjang 4,5 meter ini, terasa nuansa modern dan mewah. Dimulai dari jok berlapis kulit dengan tekstur wood panel beraksen gelap, speedometer dengan Multi Information LCD Display, fitur ECON Mode yang memandu pengemudi berkendara efisien hingga power seat adjustment yang mengatur posisi driver seat secara elektrik. Lalu untuk peranti hiburan selama perjalanan tertanam integrated head unit 2DIN yang dapat memutar keping CD, USB sampai terkoneksi dengan iPod dan iPhone.

Kemudian, bagaimanakah performa yang dimilikinya? Tipe Honda CR-V yang masuk ke dalam daftar ini didukung dengan pabrik tenaga i-VTEC DOHC 2.4 L berstandar EURO 4 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 190 PS dan memproduksi torsi 222 Nm. Agar distribusi daya tersebut sempurna, maka Honda membenamkan transmisi otomatis 5-tingkat percepatan yang bisa diatur juga via paddle shift yang tersembunyi di balik lingkar kemudi.

Nah, tidak mau kalah dengan dua model rekomendasi sebelumnya, fitur keselamatan yang dimiliki oleh CR-V terdiri dari ABS, EBD serta tambahan Brake Assist (BA) pada sistem deselerasinya, dual SRS Airbag untuk bangku baris pertama, Vehicle Stability Assist (VSA) yang menjaga kestabilan berkendara dan rangka bodi G-force control technology (G-CON).

Baca Juga: Mobil Favorit Taksi 'Online'

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil