5 Fungsi Roda Mobil yang Tak Banyak Diketahui

5 Fungsi Roda Mobil yang Tak Banyak Diketahui

Ada satu pertanyaan sederhana, apa sih itu roda dan apa fungsinya? Jawaban yang paling sering diberikan adalah agar mobil dapat berjalan dengan sempurna. Namun sebenarnya tidak hanya itu saja. Masih ada beragam fungsi lainnya dari roda.

Sebelumnya, kita harus akui jika roda adalah penemuan yang paling jenius di bidang transportasi. Ya, tanpa roda, tidak ada kendaraan. Menurut sejarahnya, roda pertama kali di digunakan oleh bangsa Sumeria sekitar 3500 tahun sebelum Masehi. Buktinya terdapat di kuil peninggalan bangsa Sumeria. Di dinding kuil itu ada relief yang menggambarkan orang sedang naik kereta beroda. Bangsa Sumeria adalah bangsa yang tinggal di Mesopotamia. Sekarang wilayah itu bernama Irak.

Di Mesopotamia pula ditemukan sebuah benda bulat dengan poros di bagian tengahnya. Diperkirakan benda itu adalah sebuah tatakan untuk membuat tembikar. Ini membuktikan bahwa pada saat itu orang Sumeria tahu prinsip kerja gerak lingkaran. Dengan kereta beroda itu bangsa Sumeria pergi ke mana-mana, sampai ke negeri bangsa lain. Akibatnya, bangsa seperti Mesir, India, China, dan Roma, ikut membuat kereta beroda. Begitu juga bangsa Asiria yang mengusai Mesopotamia pada tahun 2500 sebelum Masehi.

Di era modern, pada tahun 1845, seorang insinyur Inggris bernama Thomson, menemukan ban hidup. Ban hidup adalah ban yang berongga dan berisi udara hingga ban jadi “empuk.” Ban yang dipasang di sekeliling roda itu terbuat dari kulit binatang. Kemudian pada tahun 1870, Dunlop mengganti ban hidup itu dengan karet. Roda dengan ban karet itulah yang digunakan sampai sekarang.

Nah berikut fungsi roda:

1. Menopang Seluruh Berat Mobil

Fungsi roda yang pertama adalah menopang seluruh berat mobil. Ya, roda mobil yang letaknya ada di bagian empat sisi mobil dan terhitung paling bawah memang harus mampu menopang seluruh berat mobil. Seberapa pun berat mobil tersebut, roda akan berusaha untuk menopangnya. Namun Anda jangan sampai lupa bahwa tetap ada batas ketahanan untuk menopang dari kerja roda. Jika Anda tidak memperhatikan berat mobil, khususnya saat membawa cukup banyak barang, maka roda dapat mengalami masalah hingga rusak sampai tidak bisa digunakan.

2. Menyerap Getaran

Fungsi lainnya dari roda adalah menyerap getaran. Dengan letaknya yang harus bersentuhan mengenai permukaan jalan, pasti ada banyak sekali getaran selama Anda berkendara. Sebenarnya sudah ada shock absorber yang berguna untuk meredam getaran. Namun roda lebih berguna untuk menyerap getaran, lalu baru diteruskan ke shock absorber hingga saat mencapai kabin mobil, tidak akan terlalu terasa.

Kemampuan menyerap getaran ban mobil dikarenakan bahannya yang terbuat dari karet dan dalamnya berisi udara bertekanan. Hasil yang diberikan dari fungsi ini adalah kenyamanan dan kenikmatan sepanjang Anda berkendara.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Fungsi Teknologi Keselamatan Terkini: ABS, EBD, ESC dan BA

ban mobil

3. Memindahkan Tenaga Mesin ke Permukaan Jalan

Mesin mobil dapat bekerja maksimal untuk memberikan tenaga yang besar hingga bisa berjalan sepanjang hari. Namun tanpa adanya roda, tenaga mesin tidak akan bisa sampai ke permukaan jalan.

Tenaga mesin dan roda saling bekerja sama hingga Anda bisa berkendara dengan baik. Selain itu, roda juga harus memiliki kontak yang baik dengan jalan. Apa alasannya? Tentu untuk menghindari masalah seperti tergelincir atau slip. Keamanan Anda akan terus terjaga dari masalah ini jika menggunakan kualitas roda terbaik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi ban secara berkala bersama layanan bengkel resmi.

4. Menjalankan Fungsi Pengereman

Selain memindahkan tenaga mesin, roda juga harus mampu menyalurkan upaya pengereman ke permukaan jalan. Jadi tidak hanya untuk sistem kerja akselerasi saja, roda harus mampu membawa tenaga pengereman hingga dapat menurunkan kecepatan atau berhenti.

5. Mendukung Kinerja Sistem Kemudi Mobil

Fungsi terakhir dari roda adalah mendukung kinerja sistem kemudi mobil. Dengan kehadiran roda, Anda dapat mengarahkan atau membelokkan mobil dengan sangat mudah. Hanya perlu memutar kemudi ke arah yang Anda inginkan saja.

Terlihat jelas bahwa roda sangat membantu setiap sistem kerja mobil. Dimulai dari tenaga mesin, pengereman, hingga sistem kemudi. Jadi sekarang Anda dapat memberikan jawaban lebih banyak ketika ditanya tentang fungsi roda. Selain itu, Anda juga wajib mengecek seluruh kondisi kaki-kaki mobil, termasuk roda, secara berkala. Dengan posisinya yang langsung berhadapan dengan permukaan jalan, sistem kaki-kaki mobil wajib tetap dalam kondisi prima sepanjang penggunaan. (Raju)

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil