Mengenal Perbedaan Fungsi Teknologi Keselamatan Terkini: ABS, EBD, ESC dan BA

Mengenal Perbedaan Fungsi Teknologi Keselamatan Terkini: ABS, EBD, ESC dan BA

Aspek keselamatan berkendara terus jadi perhatian pabrikan mobil. Terutama dalam hal teknologi penghela laju kendaraan yang kini semakin canggih. Ambil contoh ABS, EBD, BA, hingga ESC. Fitur ini sekarang banyak menjamah kendaraan di level menengah seperti LMPV dan LSUV. Semua berhubungan erat dengan sistem pengereman agar penghuni kabin tetap aman. Atau setidaknya sanggup meminimalisasi dampak kecelakaan. Dan mereka memiliki tugas masing-masing saat kendaraan melesat.

ABS

Yang paling pertama Anti-lock Braking System (ABS), berkaitan dengan sistem pengereman di mobil. Secara umum, fungsinya mencegah roda mobil terkunci. Terutama saat kendaraan mengerem dengan mendadak dalam kondisi tertentu atau darurat. Nah, benefit dari teknologi ini, mobil berbekal ABS dapat menghindar ketika mengerem tiba-tiba.

Sedangkan mobil tanpa ABS, pada saat mengerem secara mendadak roda bakal terkunci. Sehingga tabrakan pun sukar terhindarkan. ABS terdiri dari tiga komponen utama yakni sensor kecepatan di masing-masing roda. Lalu katup dari hidrolik yang mengarah ke setiap pompa rem untuk mengembalikan tekanan rem hidrolik dikontrol oleh komputer. Terakhir, modul kontrol. Siungkat kata, peranti ini membuat jarak pengereman menjadi lebih pendek. Kemudian daya cengkram ban masih bisa didapatkan.

EBD

Untuk mendukung ABS, ada juga fitur EBD atau Electronic Brakeforce Distribution. Peranti bertanggung jawab dalam mendistribusikan daya pengereman ke seluruh roda mobil. Sistem EBD masih berhubungan dengan Anti-lock Braking System. Mereka berdua kerja barang untuk menyesuaikan pengereman di semua roda. Tentu bergantung pada masing-masing kebutuhan.

EBD secara otomatis mampu menyesuaikan pengereman di setiap roda. Juga, memastikan as roda depan dan belakang tak terkunci. Berkat fitur ini, pengereman di bagian belakang lebih optimal. Namun lagi-lagi bergantung pada bobot kendaraan itu sendiri. Kemudian ia juga dapat menambah traksi kendaraan saat berada di jalan. Perangkat terkandung tersusun atas beberapa komponen. Yakni sensor kecepatan roda, sensor bobot kendaraan, brake force modulators dan Electronic Control Unit (ECU).

Baca juga: Ketahui Cara Kerja Mesin Turbo di Mobil Modern dan Benefit yang Diberikan

Rem ABS

BA

Braking Assist dikenal juga dengan Emergency Braking Assist. Perangkat berfungsi saat pengendara berhenti di situasi darurat. Sistem rem sontak bekerja lebih cepat ketika melakukan pengereman mendadak. Jadi kendaraan lebih aman bisa tersisip fitur ini. Sistem bekerja berkat sensor ECU langsung mendeteksi pengereman darurat yang dilakukan pengendara. Misalnya saat Anda menginjak pedal rem cukup dalam. ECU membaca bahwa mobil dalam keadaan darurat, sehingga daya pengereman ditingkatkan. Brake Assist dipastikaan tersedia di mobil yang telah dilengkapi oleh ABS.

ESC

Electronic Stability Control (ESC) merupakan fitur yang memungkinkan mobil lari stabil, juga mencegah kecelakaan. Jika kendaraan Anda memiliki perangkat ini, tersedia sensor di roda. Tugasnya bisa mendeteksi selip dan juga mengatur pengereman. Ambil contoh, jika ada hal yang tak sesuai terdeteksi pada sensor. Maka ESC kembali menyesuaikan. Misalnya, sudut kemudi tiba-tiba berubah atau ban terdeteksi kehilangan traksi ketika berbelok. Ia langsung kembali menstabilkan kondisi mobil.

Jadi, keempat sistem pengereman itu bisa menambah keamanan dan keselamatan berkendara. Bahkan bisa menjadi nilai jual pabrikan kepada konsumen Indonesia. Segala risiko kecelakaan bisa ditekan lebih kecil. Sekadar contoh, Wuling Cortez sebagai medium MPV ini mengusung sistem ABS, EBD, dan BA. Saat Anda berkelana ke luar kota bersamanya, dibilang semakin mantap dan percaya diri. Melalui perjalanan berbelok atau terjal dan rusak yang membuat pengendara harus mengerem tiba-tiba, relatif aman dijalani. (Alx/Raju)

Baca juga: Seleksi Crossover Mungil Masa Kini: Pilih Kia, Toyota, Daihatsu, atau Nissan?

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil