Tips Mengemudi Anti Stres di Musim Hujan

Tips Mengemudi Anti Stres di Musim Hujan

Belakangan, beberapa wilayah di Indonesia mengalami kondisi cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang. Kondisi ini biasa terjadi di akhir tahun dan mempengaruhi berbagai kondisi kehidupan, termasuk diantaranya kondisi berkendara.

Berkendara di musim hujan memiliki beragam resiko seperti kemacetan parah, pohon tumbang, banjir atau bahkan mobil mogok. Kondisi tersebut membuat pengemudi rentan menjadi stres dan tertekan. Kondisi ini termasuk berbahaya jika dilakukan bersamaan dengan kondisi mengemudi. Pengemudi dapat marah-marah dan membahayakan kondisi berkendara.

Berikut tips singkat agar bebas stres saat berkendara di musim hujan:

Pertama adalah berdamai dengan keadaan. Ini langkah paling sederhana untuk menghadapi stres. Menyadari kondisi yang tidak dapat dihindari dan siap menerima resikonya membuat tekanan lebih berkurang. Gunakan waktu untuk menenangkan diri sejenak dari beragam aktivitas yang menyita konsentrasi agar tetap fokus dan waspada saat mengemudi.

Kedua, membuat kabin mobil menjadi tempat yang nyaman. Usahakan membuat kabin mobil seperti di ruang favorit di dalam rumah. Pastikan terjaga kebersihannya dan tambahkan pengharum kabin agar suasana terasa lebih homy. Pastikan AC mobil dingin dan perangkat hiburan seperti head unit juga kondisi wiper di kaca berfungsi dengan baik.

tips mengemudi

Tips ketiga adalah mengatur posisi duduk senyaman mungkin. Posisi berkendara yang tepat dapat mengantisipasi beragam kondisi juga membuat suasana lebih rileks dan tenang. Posisikan duduk tidak terlalu tegak yang membuat cepat lelah, tapi juga tidak terlalu rebah karena akan menyulitkan dalam mengantisipasi kondisi jalan. Usahakan memegang lingkar kemudi dengan rileks namun tetap dapat melakukan manuver dengan cepat dan aman.

Tips keempat adalah menciptakan daftar lagu kesenangan saat berkendara. Mendengarkan musik salah satu aktivitas rekreasi dan menenangkan selama perjalanan. Ini digunakan untuk mengurangi paparan sumber stres secara terus menerus di jalan. Pilih musik yaung disukai dan dapat memperbaiki mood namun juga jangan terlena saat mendengarkan musik. Pastikan tetap fokus saat mengemudi.

Kelima, pilih rute perjalanan terbaik. Manfaatkan peta digital lewat telepon genggam. Pantau informasi terkini lalu lintas di berbagai media seperti laporan kondisi rute apakah ada banjir, atau pohon tumbang. Majukan jadwal berpergian sehingga memiliki waktu ekstra jika ada masalah di jalan dan membuat pikiran lebih tenang.

Baca juga: Tips Aman dan Nyaman Mengemudi di Jalan Tol Saat Musim Hujan

safety driving

Keenam, saat macet gerakkan badan untuk melemaskan otot yang tegang selama berkendara. Lakukan peregangan untuk memperlancar peredaran darah dan mengurangi stres. Lakukan dengan menggerakkan kaki, jari tangan dan leher. Gerakkan sesuai dengan cara peregangan yang biasa dilakukan.

Cara ketujuh adalah tetap menjaga emosi saat mengemudikan mobil. Jangan terpancing emosi saat ada pengguna jalan lain melakukan kesalahan seperti memotong lajur. Jangan mengikuti melakukan manuver agresif yang membahayakan pengguna jalan yang lain. Menjaga emosi, energi tubuh tidak terkuras untuk hal yang tidak penting dan menjauhkan diri dari stres.

Kedelapan adalah menjaga kondisi kendaraan tetap prima. Ini salah satunya dengan melakukan perawatan rutin terutama dibagian-bagian penting untuk menghadapi kondisi musim hujan. Untuk pemilik Toyota, manfaatkan servis berkala di Auto2000 atau Toyota Home Service yang bisa datang ke rumah untuk melakukan pengecekan.

“Stres yang terlalu tinggi saat mengemudi mobil dapat memicu berbagai masalah. Oleh sebab itu, AutoFamily perlu mencegah stres saat mengemudi mobil, sementara Auto2000 membantu lewat servis berkala untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima. Segera kunjungi website Auto2000.co.id untuk mendapatkan promo perawatan kendaraan sekarang juga,” ucap Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangannya, Jumat (3/12/2021). (Sta/Raju)

Baca juga: 7 Tips Mengemudi Aman dan Nyaman di Tengah Hujan Deras dan Angin Kencang

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil