Kenali Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mengantisipasinya

Kenali Penyebab Mobil Terbakar dan Cara Mengantisipasinya

Mobil terbakar tiba-tiba saat diam atau tengah dikemudikan sering terjadi. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan. Penyebabnya cukup banyak mulai dari korsleting sampai kegagalan komponen. Namun, perlu diketahui kelalaian pengguna menjadi penyumbang terbesar. Suzuki Indonesia pun berbagi informasi soal penyebab dan cara mengatasinya.

“Banyak asumsi pemicu terbakarnya mobil tiba-tiba, salah satunya karena hubungan pendek arus listrik,” ucap Riecky Patrayudha, 4W, 2W & Marine Service Director, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

1. Benda Asing dalam Ruang Mesin

Kain lap atau lainnya bisa saja tertinggal di bawah kap mesin. Memeriksa area itu, terutama usai mencuci kendaraan sangat penting. Lantaran material itu dapat memicu kebakaran ketika mengering, apalagi kalau jatuh dekat saluran pembuangan gas.

2. Kebocoran Pelumas

Oli mesin merupakan material mudah terbakar. Periksa selalu tutup pelumas terpasang benar, terutama usai servis dan perawatan. Bila sampai bocor, lalu terciprat ke knalpot panas bisa menimbulkan kebakaran. Tak hanya tutup, perhatikan pula kondisi dapur pacu. Sekat (seal) yang sudah tak baik, atau usia mesin uzur dapat berkontribusi dalam kebocoran minyak pelindung komponen itu.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Tekanan Oli Berkurang dan Cara Memeriksanya

3. Arus Pendek

Arus pendek biasanya terjadi akibat memasang aksesori kelistrikan. Jika ingin menambahkan komponen, gunakan sekring yang terpasang jauh dari sumber listrik, untuk mengantisipasi kabel meleleh. Pastikan pula terminal konektor tidak longgar guna menghindari panas berlebih. Ada baiknya aktivitas ini dilakukan di bengkel resmi agar tepat. Selain karena prosedurnya jelas dan sesuai standar, komponen yang digunakan terjamin.

xpander kebakar

4. Pemasangan Aksesoris Tak Sesuai Spesifikasi

Bohlam menjadi sasaran pemilik kendaraan dalam modifikasi. Tak jarang unitnya digantikan dengan spesifikasi watt lebih besar agar menghasilkan pencahayaan lebih mumpuni. Namun, hal ini justru menguras daya aki, dan berpotensi menciptakan panas yang mengakibatkan kebakaran. Hindari memasang, apalagi memakai produk aftermarket yang kualitasnya belum tentu terpercaya dan sesuai.

5. Parkir Dekat Bahan Mudah Terbakar

Cobalah hindari memarkirkan mobil di dekat sampah kertas, plastik atau ranting dan daun kering cukup berbahaya. Jika benda itu menempel ke knalpot nantinya punya kemungkinan terbakar. Kalau terpaksa, bersihkan area sekitar terlebih dahulu.

Baca Juga: Lima Cara Mudah Membuat Mobil Lama Anda Jadi Modern

6. Powerbank Tertinggal di Soket Pengisian

Power outlet biasanya dimanfaatkan pengguna mobil bukan hanya untuk gawai komunikasi, tapi juga powerbank. Bila memang melakukannya, jangan sekali-kali melupakan. Unit yang masih terpasang di soket dapat menyebabkan korsleting pada baterai dan punya probabilitas meledak.

7. Korek Api di Kabin

Ditujukan bagi perokok yang aktif di dalam kabin. Sering kali korek api gas ditinggal di kabin untuk memudahkan pengguna. Namun, ini sangat berbahaya. Guncangan atau suhu yang tinggi bisa menginisiasi korek api gas meledak. (Hfd/Odi)

Baca Juga: 5 Komponen agar Mobil Ekstra Aman Anti Begal dan Maling

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store