Lima Cara Mudah Membuat Mobil Lama Anda Jadi Modern

Lima Cara Mudah Membuat Mobil Lama Anda Jadi Modern

Ada saja alasan yang membuat Anda bosan dengan mobil lama kesayangan. Mungkin sudah terlalu kuno ketika melirik daftar kelengkapan mobil baru saat ini. Bahkan bisa jadi kalah modern dengan LCGC sekalipun. Namun jangan dulu gegabah beli mobil baru, ada berbagai cara mudah agar tunggangan tetap up-to-date.

Head Unit Touchscreen

air gesture memudahkan

Head unit 2DIN dengan CD Player pernah menjadi kebanggaan mobil mewah. Sekarang, sistem infotainment touchscreen eksis di mobil sekelas LCGC. Kalau tak mau ketinggalan zaman, mengganti head unit boleh dijadikan jalan keluar. Bukan hanya layar sentuh, sistem infotainment turut membuka jalan Anda kepada fitur-fitur lain.

Banyak seleksi head unit touchscreen beredar di pasaran sesuai bujet. Minimal konektivitas eksternal seperti Bluetooth dan USB dimiliki. Ada juga sistem berbasis Android, atau menyajikan konektivitas gawai seperti Apple CarPlay dan Android Auto. Kalau sudah mengadopsi sarana hiburan seperti ini, bukan tidak mungkin alat navigasi dan display kamera mundur hadir dalam kabin.

Baca Juga: Manfaatkan Fitur Tersedia di Mobil, Bisa Menjadi Tameng Kala Musim Hujan

Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

TPMS aftermarket

Sensor pemantau tekanan angin ban lazim ditemukan di jajaran mobil premium. Belum banyak diadopsi oleh kasta rendah, namun perlahan terjadi. Wuling Confero saja sekarang sudah mengadopsi fitur ini. Mobil lama Anda? Coba cek lagi.

Andai tidak ditemukan, kini ada trik mudah untuk merasakannya karena sudah beredar sistem TPMS eksternal. Tanpa perlu mengotak-atik kelistrikan, terdapat perangkat tambahan untuk membaca tekanan dari tutup pentil ban. Pasang komponen sesuai aturan manual book dan semua beres. Harganya juga bersahabat, mulai dari Rp 250 ribuan di situs jual beli online.

OBD Vehicle Tracking System

OBD GPS

Keterhubungan mobil dengan gawai belum menjadi standar pada passenger car. Pasalnya, telematics biasa digunakan para pengelola armada, namun bukan berarti tidak penting untuk penggunaan pribadi. Ia mengirimkan berbagai data ke smartphone untuk Anda pantau secara langsung mulai dari lokasi, status mesin (nyala/mati), sampai peringatan kecepatan. Pemakaian mudah, ‘plug n play’ di soket OBD dan sambungkan melalui aplikasi smartphone.

Dashcam

Fitur canggih E-Mirror, pertama di segmennya

Rekaman gambar bersifat krusial ketika terjadi insiden di jalan raya. Dapat dijadikan bukti ketika suatu saat terlibat kecelakaan atau menjadi saksi. BMW menawarkan Advance Car Eye 2.0 sebagai aksesori opsional, sementara Suzuki membekali XL7 trim teratas dengan fitur kamera perekam. Meski bukan bawaan pabrikan, banyak komponen aftermarket beredar di pasaran.

Air Purifier

Pemurni udara di mobil

Lewat perangkat air purifier, udara kabin disaring kembali agar tetap segar selama perjalanan. Walau belum menjadi komponen standar di mayoritas mobil anyar, Air purifier eksternal bisa menjadi solusi agar mobil terasa up-to-date sekaligus meningkatkan kenyamanan berkendara. Hanya membutuhkan power 12V, sistem penjernihan udara bakal menyaring gas NO2, SO2, dan partikel PM2.5 sekaligus alergen. (Krm/Odi)

Baca Juga: Tips Berkendara Hemat dengan Bijak Memanfaatkan Teknologi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store