Karet, Komponen Penting Kendaraan di Musim Hujan

Karet, Komponen Penting Kendaraan di Musim Hujan

Komponen kendaraan yang memerlukan perawatan dan perhatian salah satunya adalah karet. Pada kendaraan bahan karet hampir digunakan di seluruh bagian dan memiliki peran penting agara kendaraan dapat bekerja dengan baik.

Sayangnya, perawatan karet jarang diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Selain itu, komponen karet ada banyak dan tidak hanya ban saja. Ada karet pintu, bushing, mounting, karet wiper dan tentu saja ban.

Saat musim hujan seperti ini, komponen karet pada kendaraan sebagian besar dirasakan manfaatnya jika dalam kondisi baik. Rifta Sungkar, brand Ambassador Mitsubishi mengungkapkan perawatan komponen karet pada kendaraan bisa dilakukan dengan mudah.

karet mobil

"Untuk ban bisa terlihat, tetapi untuk komponen lain bisa berbeda. Karet jadi penting karena menyangkut unsur keamanan dan kenyamanan berkendara," ucap Rifat dalam acara virtual bersama Mitsubishi, Selasa (21/12/2021).

Pertama dari komponen ban yang mudah terlihat. Pemilik kendaraan wajib mengetahui arti angka yang ada di dinding ban karena ada yang menunjukkan umur ban serta ukuran ban. Ini karena ban memiliki masa pakai yang disarankan tidak lebih dari lima tahun. Rifat menyarankan, untuk mobil baru ada baiknya bannya menggunakan produksi yang sesuai dengan tahun produksi kendaraan.

Guna mempertahankan kondisi ban, jangan lupa untuk memeriksa tekanan udara pada ban. Pihak pabrikan biasanya sudah memberikan ukuran tekanan udara yang disarankan pada plat di pintu bagian pengemudi. Patuhi untuk mendapatkan performa ban yang maksimal di segala kondisi.

"Jangan lupa untuk melakukan spooring balancing secara berkala. Selain itu jangan lupa melakukan pemeriksaan pada ban cadangan. Set tekanan sedikit lebih tinggi dari standar untuk berjaga-jaga apabila dalam kondisi darurat. Bisa juga melakukan rotasi untuk menyama ratakan pemakaian ban," ucap Rifat.

Baca juga: Pahami Sistem Kelistrikan untuk Merawat Kendaraan Anda

tips wiper

Soal karet wiper, ini adalah peralatan penting yang dibutuhkan saat musim hujan. Periksa kondisi karet secara berkala, perhatikan apakah karet wiper getas. Rifat mengungkapkan jika memasuki musim hujan ada baiknya menjadi patokan untuk mengganti karet wiper dengan yang baru. Ini karena kondisi wiper saat musim panas atau kemarau bisa mempengaruhi saat wiper bekerja di musim hujan.

"Ada baiknya wiper diperiksa secara berkala. Paling takut kalau pas dipakai ada kotoran yang ikut tersapu, ini bisa membuat pandangan terganggu. Jadi bersihkan wiper sebelum berpergian," ucap Rifat.

Komponen karet paling penting ada di bagian pintu. Kondisi karet ini mempengaruhi kekedapan suara di dalam kabin. Secara berkala karet pintu bisa dicek kondisi perekatnya, apakah masih merekat baik atau ada yang terlepas.

Rifat mengungkapkan, ada beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi performa karet kendaraan. Pertama adalah panas yang membuat karet mudah aus. Kemudian kotoran yang menempel yang membuat karet lebih cepat getas. "Cara perawatannya cukup mudah. Gunakan pembersih silikon pada bagian karet kendaraan. Untuk ban, lakukan rotasi secara berkala. Serta pastikan tekanan udara ban selalu pas dan sesuai rekomendasi," ucap Rifat. (Sta/Raju)

Baca juga: Jangan Lupa Merawat Rem Selama Musim Hujan

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil