5 Tips Aman Membawa Bayi Saat Perjalanan Jauh dengan Mobil

5 Tips Aman Membawa Bayi Saat Perjalanan Jauh dengan Mobil

Ada saatnya Anda melakukan perjalanan jauh bersama keluarga. Momen yang tentunya menyenangkan. Tapi bagi Anda yang memiliki momongan, mengajak di kecil berkendara tentu saja membutuhkan perhatian dan persiapan khusus. Sebab, penumpang anak-anak jelas berbeda jauh dari penumpang dewasa, baik dari segi karakter hingga kebutuhan.

Pertama yang harus diingat, sebaiknya bawa bayi yang berusia lebih dari enam bulan. Ini penting karena struktur tulang dan ototnya sudah lebih kuat untuk menopang kepala. Bila terjadi goncangan, bayi pun tetap aman dan nyaman di dalam mobil.

Nah, agar perjalanan Anda dan si kecil tetap aman dan nyaman, berikut tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil.

1. Tentukan jadwal perjalanan

Sebelum mulai perjalanan jauh, sebaiknya Anda menentukan jadwal perjalanan terlebih dulu. Persiapkan waktu keberangkatan, istirahat sampai rute yang dipilih. Waktu paling ideal adalah dua jam berkendara, kemudian istirahat. Pastikan perjalanan Anda bukanlah perjalanan yang mengejar waktu. Pasalnya, perjalanan jauh dengan membawa bayi biasanya memakan waktu yang lebih lama. Waktu paling ideal adalah dua jam berkendara, kemudian istirahat.

Terdengar membosankan memang kalau terlalu banyak berhenti, tapi ini demi kenyamanan dan keselamatan si kecil. Terlalu lama duduk di car seat juga tidak baik. Anda tentu memerlukan jeda waktu istirahat untuk mengganti popok si kecil. Bisa juga muncul kemungkinan lain seperti bayi rewel atau mabuk perjalanan. Gunakan waktu istirahat untuk membawa bayi keluar dari mobil dan melakukan berbagai hal. Ini juga bisa mengurangi tingkat kebosanannya sepanjang perjalanan.

Tips Child Car Seat

2. Siapkan perlengkapan bayi

Selanjutnya, tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil adalah cermat menyiapkan perlengkapan bayi. Bawa satu tas atau wadah khusus yang memuat kebutuhan bayi seperti pakaian ganti, popok, susu dan botol susu, tisu basah, makanan bayi, perlengkapan mandi bayi, hingga alat makan bayi.

Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan darurat yang berisi obat-obatan bayi, termometer, plester pereda demam, obat luka, hingga pelembap kulit khusus bayi. Melakukan persiapan dengan cermat akan membuat perjalanan Anda dengan bayi menjadi lebih nyaman karena bebas dari rasa khawatir.

3. Selalu gunakan child car seat

Tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil tidak bisa terlepas dari baby seat. Child seat adalah tempat duduk khusus yang memang dirancang untuk bayi dan anak-anak. Tempat duduk khusus ini mampu menahan gerak bayi sekaligus meredam guncangan.

Child car seat meminimalisir resiko kecelakaan pada bayi. Selalu letakkan kursi bantu ini di bagian belakang pengemudi. Khusus bayi dengan berat di bawah 13 Kg atau di bawah dua tahun, posisinya menghadap ke belakang. Tujuannya agar kepala bayi terjaga oleh punggung car seat, sehingga tidak akan terempas ketika mobil berhenti mendadak. Sementara untuk bayi di atas tiga tahun, bisa pakai convertible car seat yang bisa diposisikan menghadap depan. Selain karena masalah keselamatan, child car seat juga berguna membuat bayi duduk mandiri. Tidak mengganggu penumpang lain yang ada di dalam mobil.

Beberapa kendaraan sudah ada teknologi Isofix yang merupakan fitur keamanan pasif untuk penumpang. Dengan Isofix ini, Anda bisa memasang child seat sendiri namun tetap terjamin keselamatannya.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kondisi Saat Mengemudi Mobil, Ini Tipsnya

Tips Child Car Seat

4. Buat suasana nyaman untuk bayi

Selain karena lelah, biasanya bayi akan menangis karena merasa jenuh. Hal ini sering terjadi saat bayi diajak bepergian jauh dengan mobil. Mereka merasa jenuh karena harus berada di kabin mobil yang membuat ruang gerak terbatas. Untuk mengatasinya, Anda bisa menciptakan suasana yang nyaman bagi bayi di dalam kabin mobil.

Bawa beberapa mainan kesukaan si kecil untuk membuatnya merasa familiar dengan suasana di dalam mobil. Anda juga bisa melapisi jok mobil dengan selimut tebal untuk membuat bayi merasa nyaman. Atau, Anda bisa juga memutar musik kesukaannya dan bernyanyi bersama. Lalukan interaksi supaya si kecil tidak bosan.

5. Selalu tenang

Semua hal sudah dilakukan, tapi bayi tetap saja menangis. Maka kamu harus tetap tenang dan berpikir positif. Tepikan mobil, ajak bayi keluar dari kabin untuk mendapat suasana baru. Terkadang, yang menyebabkan perjalanan jauh bersama bayi jadi melelahkan justru bukan karena si kecil. Bisa jadi karena kekhawatiran berlebih yang Anda rasakan sebagai orang tua. Hasilnya, Anda pun tidak tenang selama perjalanan dan saat tiba di tempat tujuan, badan menjadi lelah.

Itulah kenapa bersikap tenang juga menjadi salah satu tips membawa bayi perjalanan jauh dengan mobil. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa semuanya akan baik-baik saja. Jika memang takut ada yang terlewat, coba buat checklist yang berisi daftar perlengkapan untuk perjalanan. (Raju)

Baca juga: Tips Aman Memasang Aksesoris Mobil, Pastikan Ada Garansi

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil