• Wishlist

Yamaha Mio S vs Fino Grande, Wanita Harus Pilih Mana?

Yamaha Mio S vs Fino Grande, Wanita Harus Pilih Mana?

Yamaha baru saja merilis produk barunya, Mio S. Skuter ini ditujukan untuk pengendara wanita. Cukup unik, lantaran Fino Grande pun memiliki segmentasi yang sama. Lalu, jika Anda wanita yang akan membeli motor, pilih mana? Kami bantu menentukannya dengan sebuah komparasi.

Secara umum, motor ini dibangun dari DNA skuter kompak Yamaha yang sama. Mesin yang digunakan pun sama, unit 1-silinder 125 cc dengan teknologi Blue Core. Rem cakram di bagian depan, tromol belakang dengan suspensi monoshock pada sisi kiri motor.

Desain

Fino Grande Ban Lebar (2)

Retro vs elegan, singkatnya begitu untuk menggambarkan perbedaan desain dua motor ini. Yamaha Mio S sebagai spesies baru di keluarga skuter kompak Yamaha, disajikan dengan tampilan yang elegan dan lebih simpel. Eksteriornya jauh dari lekuk agresif dan garis tajam. Lantas mengapa kami sebut elegan? Tentu bukan hanya berdasar klaim pabrikan garputala. Pendekatannya mirip NMax. Menggunakan decal atau body stripe yang minim. Penguat unsur mewahnya, ada pada tebeng berwarna kontras bodi dalam lekuk yang sederhana.

WhatsApp Image 2017-10-18 at 2.02.30 PM

Fino Grande menguatkan kesan retro. Dengan tujuan utama, melawan hegemoni Honda Scoopy yang sudah memulai lebih dulu. Aksentuasi bergaya klasik dikedepankan. Nuansa bulat seperti skuter klasik Italia. Bodi di muka, spakbor, hingga bodi samping tak memiliki sudut tajam. Lampunya pun unik, dengan desain yang tak biasa. Bahkan sein berbentuk oval bagai daun.

Fitur

Jika Anda mencari fitur, maka Yamaha Fino Grande pilihannya. Fiturnya terbilang paling lengkap. Bahkan di antara lini skuter kompak di bawah Rp 20 jutaan, Fino berjaya. Sebut saja kunci magnetik canggih yang mereka sebut Advance Key System (AKS), lalu penyala-mati mesin otomatis, Smart Stop System (SSS), hingga lampu LED yang hemat daya.

Feat Yamaha Fino 02

 

Mio S, memang fiturnya lebih minim. Beberapa yang kami sebut ada di atas, motor ini belum punya. Jikapun ada yang sama, adalah lampu LED, ban tubeless dengan ukuran lebar, hingga answer back system. Fitur terakhir memudahkan pemilik mencari motornya. Jikapun ada yang tak dimiliki Fino, lampu hazard. Fitur ini bisa diaktifkan untuk menyalakan sein bersamaan secara frekuensial pada keadaan darurat.

Varian

Fino sejatinya ada beberapa varian; Sporty, Premium dan Grande. Ketiga varian ini memiliki ketersediaan fitur yang berbeda. Sporty dan Premium kurang lebih sama, hanya tak dilengkapi LED dan SSS seperti pada Grande. Tampilan ketiganya berbeda, hanya dari warna bodi dan decal saja. Sedang desainnya masih serupa.

Start stop Fino
Fitur SSS Ada di Yamaha Fino Grande

 

Mio S yang memang dicipta untuk kenyamanan wanita, hanya memiliki perbedaan warna. Ada hijau, biru, merah, putih dengan kombinasi warna yang kontras. Tapi di luar Mio S, masih ada varian Mio lain. Tentu kami tak bisa mendeskripsikannya di sini karena model tersebut tak komparatif dalam bahasan ini.

Harga

Parameter ini, mungkin Mio S bisa menjadi motor wanita dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan fiturnya yang mencukupi, skuter ini ditawarkan dengan banderol Rp 15,75 juta. Nominal yang masih rendah untuk skutik 125 cc. Harga ini cukup jauh dengan Fino Grande yang memiliki fitur terlengkap, harganya mencapai Rp 18,5 juta.

Baca juga: Komentar Isyana Untuk Yamaha Mio S

Jelajahi Yamaha Mio S

Yamaha Mio S Rp 16,92 Juta Cicilan : Rp 385.938

Bandingkan & Rekomendasi

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store