jakarta-selatan
kali dibagikan

Versys-X 300, Motor Penjelajah Kawasaki Untuk Pemula

  • 14 Nov, 2016
  • 2756 Kali Dilihat

Di samping BMW Motorrad dan divisi roda dua Suzuki yang menggunakan panggung EICMA 2016 untuk memperkenalkan adventure bike bermesin sedang, Kawasaki juga tidak mau ketinggalan. Buktinya, brand yang identik warna hijau ini turut memboyong Versys-X 300. Melihat dari namanya, model ini merupakan anggota keluarga motor penjelajah dan menggendong jantung mekanis bervolume 300 cc.


Sebelumnya Kawasaki sudah memiliki dua varian Versys yakni 650 dan 1000. Sehingga dengan kehadirannya bisa menambah pilihan baru bagi konsumen. Jika diperhatikan, strategi ini pula yang diterapkan oleh produsen otomotif asal Jerman lewat BMW G 310 GS dan rival senegaranya via Suzuki V-Strom 250.


Kawasaki Versys-X 300 Diperkenalkan di EICMA 2016


Dalam fase pengembangannya, Kawasaki sengaja mempersiapkan motor terbaru ini untuk dapat digunakan dalam berbagai kondisi. Baik mengarungi jalanan aspal maupun pergi berpetualang. Perihal pabrik tenaganya, Versys-X ini dipersenjatai oleh mesin Ninja 300 cc berkonfigurasi 2-silinder. Performanya diperkirakan mampu menyajikan daya 35,4 PS dan torsi 24,4 Nm yang dihantarkan ke roda belakang melewati transmisi manual 6-percepatan.


Berbicara desain, Kawasaki menerapkan 'benang merah' Versys terhadap produk ini. Hal tersebut tampak dari posisi duduk yang tinggi, jok menyatu, stang lebar, visor depan bernuansa transparan, tangki bbm besar dan lekukan aerodinamika di bawah lampu utama.


Selain itu, wujud knalpotnya dibuat besar dengan kombinasi warna hitam plus aluminium, adanya penambahan pelindung blok mesin dan rack dibelakang sebagai tempat menyokong top box. Ya, biasanya, para konsumen Versys menggunakan motornya untuk touring jarak jauh yang membutuhkan penyimpanan barang bawaan.


Kawasaki Versys-X 300 Tampak Stang Dan Speedometer


Bertugas sebagai layar pemantau kondisi berkendara, Versys-X 300 ditanamkan instrumen cluster berkonsep digital analog. Dimana besarnya putaran mesin ditunjukkan jarum dan layar berlatar belakang oranye yang berisikan penunjuk waktu, posisi gigi, indikator bahan bakar dan suhu mesin, kecepatan sampai  odometer.


Nah, guna mendukung kesenangan berkendara dan membuatnya berbeda, brand motor asal Negeri Sakura ini juga telah menyiapkan beberapa aksesoris Versys 'junior'. Seperti handguard, pelindung bodi hingga peranti penerangan tambahan.


www.kawasaki.com Kawasaki Versys X-300 Aksesoris


Sayangnya, belum ada pernyataan mengenai harga Versys-X 300. Menurut penelusuran kami di laman kawasaki.com, motor petualang Kawasaki ini dipasarkan dalam dua varian. Yakni yang dilengkapi peranti Anti-lock Braking System (ABS) dan non ABS. Untuk urusan warna tersedia kelir Candy Lime Green (hijau) dan Metallic Graphite Gray (abu-abu).


Akankah motor ini masuk ke Indonesia? Merujuk dari informasi TPT Kementerian Perindustrian, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) telah mendaftarkan tipe ini beberapa waktu lalu. Tetapi bukan berkapasitas 300 cc, melainkan 250 cc. Wajar saja, mengingat pajak yang dikenakan berbeda dan segmen pasar yang lebih potensial.


Lalu, kapankah waktu peluncuran Versys-X 250 di pasar domestik? Kami memprediksi agen pemegang merek motor Kawasaki ini akan memberikan kejutan tersendiri pada tahun 2017.


Baca Juga : GESITS Sukses Jalani Pengujian Sejauh 1.200 km

Harga dan Promo Varian Versys X 250

  • City | Rp 62 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 10 Juta
    Angsuran Rp 3 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • Tourer | Rp 73 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 11 Juta
    Angsuran Rp 3 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Kawasaki Versys X 250

Lihat video terbaru Kawasaki Versys X 250 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Kawasaki Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi