MotoGP: Portugal Digadang Jadi Laga Pamungkas

MotoGP: Portugal Digadang Jadi Laga Pamungkas

Lokasi baru penyelenggara MotoGP 2020, bakal diumumkan 10 Agustus 2020. Namun beredar rumor Sirkuit Algarve, Portugal dipilih sebagai tempat hajatan yang rencananya berlangsung pada pekan ketiga November mendatang.


Prediksi tersebut bahkan diungkap secara terang-terangan oleh Autosport. Diyakininya Grand Prix Portugal dipilih sebagai laga pamungkas, setelah adanya kepastian mengenai pelaksanaan ajang Formula 1 di sana, Oktober mendatang. Selain itu, balapan lain yakni World Superbike (WSBK) bakal digelar lebih dulu akhir pekan ini. Meski begitu, belum ada putusan resmi dari pihak Dorna Sports maupun federasi balap dunia (FIM).


Sirkuit Estoril


Jika benar adanya, helatan dipastikan berlangsung pada 20-22 November 2020. Lintasan yang juga dikenal dengan nama Sirkuit Estoril ini memiliki panjang lintasan 4,5 km. Lay out-nya terbilang menantang lantaran menghadirkan kombinasi tikungan patah dan cepat (rolling speed). Secara keseluruhan terdapat 15 tikungan (sembilan ke kanan dan enam ke kiri), yang jelas menuntut Michelin untuk menyediakan karet bundar asimetris - penerapan kompon lebih tebal pada salah satu sisi ban. Dalam hal ini mestinya diaplikasikan untuk sisi kanan.


Baca Juga: Setahun Tanpa Prestasi, Akhirnya Rossi Kembali Podium


Tentu saja mesti ada pengujian lebih dulu dari produsen ban asal Prancis itu. Selain mempelajari desain, Michelin juga harus mengenal lebih dalam karakter lintasannya. Ditujukan untuk mendapat racikan kompon tepat bagi pembalap. Ada kemungkinan sesi ini berlangsung tengah musim nanti. Namun, lagi-lagi khalayak harus menunggu dulu pengumuman resmi dari Dorna.


Sesuai pernyataan sebelumnya, MotoGP Estoril digadang menjadi satu-satunya agenda tambahan musim ini. Saat itu disebutkan bakal ada satu lagi balapan setelah putaran Valencia (Spanyol). Secara keseluruhan, terdapat 14 seri untuk kategori MotoGP, semua balapan berlangsung di daratan Eropa. Satu keuntungan didapat lantaran pengaturan baru. Biaya pengiriman perlengkapan tim menjadi lebih efisien, karena semuanya dapat ditempuh via jalur darat.


Jadwal motogp 2020


Putaran itu juga sekaligus menggantikan beberapa sirkuit lain yang kepalang batal menggelar MotoGP. Mulai dari Sirkuit Mugello (Italia), Assen (Belanda), Sachsenring (Jerman) dan Silverstone (Inggris). DIlanjutkan kemudian pembatalan terhadap GP di Sirkuit Motegi (Jepang), Phillip Island (Australia) dan Sirkuit Austin (Circuit of The America). Lantas beberapa hari lalu, Dorna beserta FIM dan IRTA juga memutuskan untuk mengurungkan pelaksanaan event serupa di Thailand (Chang International Circuit), Argentina (Termas de Rio Hondo) dan Malaysia (Sirkuit Sepang). Total ada sembilan sirkuit hilang pada MotoGP 2020.


Baca Juga: Fabio Quartararo, Si Anak Ajaib Calon Juara Musim 2020


Seri lanjutan MotoGP bakal dilangsungkan kembali akhir pekan ini. Sirkuit Brno (Republik Ceko) ditunjuk sebagai tuan rumah. Para pembalap teratas seperti Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) atau Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) akan kembali berusaha menunjukkan aksi terbaik. Namun, jjangan lupakan keberadaan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati). Di MotoGP 2018, dia tampil sebagai juara. Upaya serupa juga dibuatnya kala bertarung di musim selanjutnya. Sayang, kali itu Dovi harus menyerahkan kemenangan kepada Marc Marquez.


Di sini, sepak terjang rider Repsol Honda sendiri terbilang beringas. Tiga kemenangan diraihnya sejak berkompetisi di kelas utama. Dia pun tercatat sebagai pemegang rekor lintasan sejak 2016 silam. Sayang, aksinya bakal terhalang oleh cedera. Seperti diketahui, Marquez baru saja menjalani operasi pemasangan plat titanium kedua pada lengan kanan. Itu dilakukan setelah ia mengalami peradangan karena bersikeras tampil di seri kedua. Menurut keterangan pihak dokter, Marquez dalam kondisi baik-baik saja pascaoperasi kemarin (3/8). Akan tetapi, kepastian mengenai keikutsertaannya di MotoGP Brno baru akan diumumkan besok atau lusa. (Ano/Odi)


Sumber: Autosport


Foto: Pata Yamaha WSBK


Baca Juga: Jadwal Resmi MotoGP 2020 hanya 14 Seri, Balapan Pamungkas bukan di Valencia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store