MotoGP: Marquez Jalani Operasi Kedua, Absen Lagi di Seri Brno?

MotoGP: Marquez Jalani Operasi Kedua, Absen Lagi di Seri Brno?

Marc Marquez terpaksa masuk ke ruang operasi untuk kedua kalinya. Pembalap tim Repsol Honda itu diharuskan memasang kembali plat titanium baru untuk menggantikan plat pertama yang rusak. Menurut informasi resmi tim, tindakan itu berjalan lancar meski mengancam keikutsertaannya di seri MotoGP Brno (Republik Ceko).

Seperti diterangkan dalam situs resmi Honda Racing Corporation (HRC) kemarin (3/8), aktivitas ini dilakukan lantaran terjadi kerusakan akumulatif pada lengan kanan, khususnya tulang humerus. Tak dijelaskan apa penyebabnya, walau jelas kondisi itu terjadi sebagai akibat dari keinginan keras Marquez untuk tampil di seri kedua (GP Andalusia).

Bayangkan, setelah dua hari menjalani operasi, ia langsung kembali ke Sirkuit Jerez. Saat itu, Marquez tampak dalam kondisi yang benar-benar siap balap. Keyakinannya memuncak, pasca-tim medis MotoGP memberinya izin untuk mengendarai Honda RC213V. Padahal pengetesan terhadapnya terbilang berat. Bagaimana tidak, Marquez diwajibkan melakukan push-up dalam hitungan cukup banyak. Tanpa disangka, tahapan ini mampu dilewati The Baby Alien.

Baca Juga: Tim Petronas Sempat Ragukan Kemampuan Rossi

Alhasil, nama Marquez pun masuk dalam daftar pembalap di putaran itu. Hanya saja ia harus menunggu dulu satu hari karena Marquez dan tim sepakat untuk memulai kegiatan di hari kedua (FP3, FP4 dan kualifikasi) saja. Sayang, langkahnya terhenti pada sesi perebutan starting grid. Kali itu, Marquez cuma melahap satu putaran (tanpa ada pencatatan waktu) dan lantas kembali ke paddock. Tak lama berselang, muncul pengumuman pengunduran diri Marquez dari laga.

Marc Marquez operasi lagi

Ternyata di sinilah puncak dari masalah yang dialami Marquez. Usai mengganti perlengkapan balap, dia terlihat keluar dari hospitality tim dengan kondisi tangan kanan bengkak. Marquez sendiri membenarkan kejadian itu. "Semacam ada peradangan. Lengan saya menjadi sedikit lebih besar dan mungkin menekan saraf. Ini membuat saya kehilangan tenaga di beberapa tikungan. Memang tidak seperti yang saya harapkan. Tapi, dalam hal ini Anda harus jujur terhadap tubuh dan memahami situasinya. Itulah yang saya lakukan," kata Marquez dari kutipan Crashnet.

Keputusan bijak walau agak terlambat. Pasalnya Dr. Xavier Mir mesti melakukan pekerjaan serupa terhadap Marquez. Dijelaskan sang pembedah, tangan kanannya mengalami akumulasi stres sehingga membuat plat titanium yang menopang humerus rusak.

Baca Juga: Fabio Quartararo, Si Anak Ajaib Calon Juara Musim 2020

"Marquez menjalani operasi 13 hari yang lalu dan hari ini dia kembali ke ruang operasi. Operasi pertama berhasil. Dia juga tidak merasakan sakit selama periode ini dan selalu mengikuti saran medis yang diberikan. Namun, tekanan yang berlebihan telah menyebabkan masalah ini. Di luar dugaan, plat itu tidak cukup (kuat). Akumulasi stres di area yang dioperasi menyebabkan plat mengalami kerusakan. Jadi hari ini plat titanium (pertama) telah dilepas dan diganti dengan yang baru. Sekarang kita harus menunggu 48 jam untuk memahami waktu pemulihan," terang Mir dari Rumah Sakit Universitari Dexeus.

Pertanyaannya, apakah Marquez bisa melakoni balapan MotoGP Brno akhir pekan ini? Probabilitas itu cukup kecil bila berkaca dari pengalaman pada seri kedua lalu. Kendati menggunakan plat yang lebih kuat, bukan tidak mungkin risiko peradangan bakal terjadi lagi nanti. Di satu sisi, upaya Marquez mengejar ketertinggalannya musim ini pasti jadi lebih berat ke depan. Sebagai informasi, sampai saat ini belum ada satu poin pun didulangnya. Sementara rival seperti Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) sudah mencatat 50 poin berkat dua kemenangan beruntun di Sirkuit Jerez. Kita tunggu saja kepastian dari sang juara dunia ini, lusa nanti. (Ano/Odi)

Sumber: Honda Racing Corporation, Crashnet

Baca Juga: Jadwal Resmi MotoGP 2020 hanya 14 Seri, Balapan Pamungkas bukan di Valencia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store