jakarta-selatan

Spesifikasi Lengkap Viar Vortex 250, Lawan Kawasaki Versys-X250

  • 03 Sep, 2018
  • 12466 Kali Dilihat

Nama Viar Vortex 250 melambung lantaran diajak menjelajah dari Jakarta ke Himalaya. Perjalanan solo menembus 15.000 km, digawangi Pendiri Komunitas Freeriders Indonesia, Gunadi. Motor seperti apakah Viar Vortex 250, sampai ada yang berani menungganginya untuk bertandang?


Vortex ke himalaya


Wajar bila banyak yang belum tahu lantaran dirakit Viar, yang notabene brand lokal asal Semarang. Viar juga lebih dikenal sebagai pembuat motor roda tiga untuk keperluan angkut gas, galon dan sampah. Selain itu, peluncuran Viar Vortex 250 yang dilakukan di Jakarta Fair Kemayoran 2018 lalu, tanpa ingar-bingar. Ingin tahu lebih detail spesifikasinya? Simak bahasan berikut:


Desain


Tampilan kuda besi ini mirip Kawasaki Versys-X250. Maklum sama-sama motor jenis touring yang berkapasitas mesin 250 cc. Walau dirakit lokal, namun Vortex 250 pada dasarnya rebranding dari motor asal Cina Zongshen RX3 atau Cyclone RX3 di Amerika Serikat.


Ciri khasnya pakai windshield, engine guard dan punya dua boks samping dan satu boks belakang. Roda dengan pelek jari-jari berukuran 100/80-18 inci di depan dan 130/70 di belakang untuk melewati berbagai medan jalan. Tidak ketinggalan suspensi depan sudah pakai upside down dan belakang monoshock. Secara dimensi, Vortex 250 punya panjang 2.130 mm, lebar 868 mm, tinggi 1.260 mm dan jarak terendah ke tanah 210 mm. Posisi stang dibuat tinggi dan pijakan kaki agak ke depan, sehingga rileks saat diajak berkendara.



Fitur


Sistem pencahayaan LED baik di lampu depan, belakang dan sein. Fungsi LED untuk meningkatkan visibilitas berkendara terutama di malam hari. Selain itu, panel instrumen sudah kombinasi. Panel digitalnya bisa memberikan informasi beragam dari mulai kecepatan, konsumsi bahan bakar, jam, temperatur dan lain-lain. Sementara panel analog cuma menunjukkan putaran mesin. Menariknya lagi, tersedia konektivitas USB dan power charger yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai gadget.


Mesin


Vortex 250 dibekali mesin berkapasitas 249 cc satu silinder berteknologi SOHC. Jantung mekanis ini mampu memuntahkan torsi puncak 22,5 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 25,15 PS pada 9.000 rpm. Sistem penyemprotan bahan bakar sudah injeksi. Transmisi pakai 6-percepatan manual. Dipakai menjelajah kemampuan mesinnya sudah lebih dari cukup, apalagi ditambah tangki bensin berkapasitas 15 liter.


Harga


Viar menjual Vortex 250 seharga Rp 51,1 juta (OTR Jakarta). Banderol ini cukup murah bila dibandingkan dengan kompetitornya, Kawasaki Versys-X250 yang dipasarkan Rp 62,3 juta (OTR Jakarta) untuk varian tanpa boks. (Lod/Odi)


Baca Juga: Viar Vintech Tantang Kawasaki W175 di Segmen Retro

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Motor Viar Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi