• Wishlist

Seberapa Irit Konsumsi BBM Yamaha Mio S?

Seberapa Irit Konsumsi BBM Yamaha Mio S?

Irit sering jadi patokan konsumen membeli motor. Lantaran itu tiap sesi test ride, kami selalu lakukan uji irit. Kini, Yamaha Mio S yang dapat giliran.


Pengujiannya dilakukan manual dengan metode full to full. Maklum panel instrumen skutik pabrikan garputala masih analog, tidak bisa memberi data konsumsi bahan bakar rata-rata. Jadilah kami mengisi penuh tangki bensinnya terlebih dulu dengan bahan bakar RON 90 (Pertalite). Kemudian mengajak Yamaha Mio S berkeliling Jakarta.


Uji BBM Mio S 2018


Berbagai kondisi jalan dilalui, mulai dari kemacetan sampai lengang. Konturnya juga berbeda-beda, ada kalanya menanjak serta turunan. Soal gaya berkendara, kami lakukan senatural mungkin. Artinya, tidak mengikuti perintah eco indicator. Saat jalanan lengang, tuas gas tidak segan-segan diputar dalam untuk berakselerasi. Sebaliknya, ketika bertemu kemacetan pasti melaju pelan.


Setelah menempuh jarak 134 Km, kami isi lagi tangki bensin Mio S sampai penuh. Alhasil dibutuhkan bahan bakar 3,19 Liter. Maka konsumsi bahan bakar rata-ratanya, 42 Kpl. Dengan kata lain skutik berbobot 94 Kg ini sanggup melaju sejauh 176,4 Km, bila tangki bensin sebesar 4,2 Liter miliknya diisi penuh. Catatan yang cukup baik untuk motor berkapasitas 125 cc.


Bagaimana performa Mio S?


Jantung mekanisnya yang berkonfigurasi satu silinder SOHC, sanggup melontarkan torsi puncak 9,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga maksimal 9,5 PS pada 8.000 rpm. Persis dengan Mio series: Mio M3 dan Mio Z. Kemampuan ini lebih dari cukup untuk skutik berdimensi mungil.


Yamaha Mio S baru


Akselerasinya mantap. Bobot stang terlalu ringan jadi kekurangan, rada menyulitkan kami mendapat feel saat bermanuver. Bantingan suspensi terasa cukup keras, bahkan kerap mentok ketika melakukan pengereman mendadak atau melewati jalan bergelombang.


Sensasi ini juga dirasakan di Mio lain, karena platformnya memang sama. Meski sudah pakai ban yang lebih lebar dari Mio M3, 80/80-14 di depan dan 100/70-14 di belakang (persis Mio Z), namun cengkeraman karet bundarnya kurang sip.


Kelebihan lain dari Mio S, sangat ramah untuk pemilik tinggi 168 cm. Kaki dengan mudah menapak ke aspal saat duduk di joknya. Hal ini tentu meningkatkan rasa percaya diri ketika menungganginya, sekalipun untuk pemula.


Baca Juga: Skutik murah, BeAT atau Nex II?

Jelajahi Yamaha Mio S

Yamaha Mio S Rp 16,92 Juta Cicilan : Rp 385.938

Bandingkan & Rekomendasi