Royal Enfield Bakal Punya Motor Listrik

Royal Enfield Bakal Punya Motor Listrik
Gambar
Review Pengguna

Royal Enfield segera memasuki babak baru. Brand roda dua asal Inggris itu, dipastikan memiliki motor listrik. Bahkan kabar terbarunya, sang motor siap mejeng di helatan EICMA 2020. Sementara sosoknya tetap mewarisi DNA khas yang sudah dibentuk pihak pabrikan.

Royal Enfield Elektrik

Seperti kita ketahui, motor-motor Royal Enfield sangat kental dengan nuansa klasik nan retro. Pun begitu dengan teknologi. Jadul, lantaran masih mengandalkan sistem pengabutan bahan bakar karburator. Namun hal itu sedikit demi sedikit, mulai bergeser. Ditandai dengan hadirnya mesin dua silinder dan sistem injeksi.

Antusiasme pasar pun tampak semakin positif. Padahal Interceptor 650 dan Continental GT 650 yang menggendong mesin baru, dibanderol mahal. Pasalnya, kedua model ini menjadi produk pertama, yang mengaplikasi mesin dua silinder Royal Enfield. Kendati begitu, inovasi mereka tak berhenti di sana.

Kendaraan berbasis niremisi pun nyatanya menjadi fokus lanjutan. Apalagi, terapan itu sudah dilakukannya sejak tahun lalu. Bahkan, Vinod Dasari selaku CEO Royal Enfield sudah mencobanya secara langsung. "Pusat teknologi Royal Enfield di Inggris telah memasang sepeda motor yang ada menjadi sepeda motor listrik. Dan, ini luar biasa. Saya juga sudah mengendarainya sendiri," ucap Dasari kepada CNBC.

Tentu menjadi sesuatu yang baru bagi khalayak. Sama halnya dengan Royal Enfield. Namun, pencanangan ini memang sudah menjadi tujuan mereka dalam menyongsong era elektrifikasi. Walau begitu, mereka tak lantas merilisnya begitu saja. Seperti dikutip dari RideApart.com, Dasari menyebut Royal Enfield membutuhkan adaptasi dengan teknologi listrik. Setidaknya 2-3 tahun sebelum pihak pabrikan siap mengenalkannya ke pasar.

Meski sudah ada rumor, toh motor listrik ini dikenalkan pertama kali di EICMA 2020. Rasanya juga proyek ini memang sudah masuk dalam agenda mereka. Mengingat Dasari sendiri menyebut, Royal Enfield memajang produk baru, yang setiap kuartal selama lima sampai enam tahun ke depan. Lagi-lagi hal itu belum bisa dijelaskannya secara detail. Termasuk pula soal produk.

Tapi ada satu hal yang pasti. Utamanya jika masyarakat bertanya soal desain. Dasari menegaskan, motor listriknya tetap berpenampilan klasik. "Kami ingin mempertahankan DNA Royal Enfield. Siapa tahu Anda ingin memiliki Royal Enfield listrik bergaya retro," sahutnya.

Kita tunggu saja, seperti apa debut motor listrik Royal Enfield. Jika hanya menjual tampang retro, dia harus bisa lebih ciamik dari motor garapan Aston Martin. Ya, produsen mobil asal Inggris itu, juga sudah merambah ke ranah roda dua. Segmentasinya juga menyasar ke kendaraan ramah lingkungan. Dan, model yang disajikannya jua klasik. (Ano/Van)

Sumber: RideApart

Baca Juga: Suzuki Thunder Board Tracker Jawara Final Suryanation Motorland 2019

Jelajahi Royal Enfield Interceptor 650

Bandingkan & Rekomendasi

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store