• Wishlist

Produk Motor Baru, Suzuki: Kami Masih Mengamati

Produk Motor Baru, Suzuki: Kami Masih Mengamati

Produk motor baru Suzuki tahun ini masih abu-abu. Artinya, belum ada kejelasan maupun indikasi bakal segera diluncurkan. Dikatakan oleh divisi roda dua Suzuki Indomobil Sales (SIS), pabrikan masih mengamati perkembangan pasar untuk bisa meluncurkan produk anyar. Padahal, beberapa nominasi sudah disiapkan sebelumnya. Tapi masih belum bisa dipastikan bakal hadir atau tidak.


Suzuki DR150 berbasis Haojue NK150


Salah satunya, motor dual purpose Suzuki DR150 yang sempat viral pada awal tahun lalu. Ramai penampakan di dunia maya. Bahkan tim Oto.com sempat melihat unit tes di gudang Suzuki. Namun sampai saat ini, belum ada kabar baik terkait perkenalan, apalagi penjualan.


"Kalau kita lihat, hampir semua brand sudah masuk ke dual purpose. Sementara kami tahu marketnya terbatas. Dan ini juga menjadi satu pertimbangan buat kami, untuk masuk ke pasar itu. Kami akan tetap terus memerhatikan market di dual purpose," ujar Yohan Yahya, 2W Sales & Marketing Department Head PT SIS saat ditemui di Jakarta, Selasa (04/02).


Begitu juga dengan model lain. Lebih spesifik, motor matik bongsor. Ya, Suzuki punya unit model yang bisa jadi alternatif pesaing dengan Yamaha NMax dan Honda PCX. Ialah Burgman. SIS pernah memamerkan Burgman versi mesin kecil, yakni Burgmaan Street 125. Produk pasar India itu dipajang pada palagan PRJ Kemayoran tahun lalu sebagai unit tes minat pasar. Namun sampai saat ini, SIS masih memikirkan strategi dan pasar untuk memboyongnya.


"Kalau kami lihat matic besar marketnya naik terus. Tentu kami tidak tinggal diam. Kami akan mengamati apa yang terjadi, tentunya kita akan berusaha masuk ke situ. Tinggal menunggu waktu saja," Yohan kembali mengomentari.


Burgman Street 125


Memang Burgman Street 125 tak bisa diadu langsung dengan NMax dan PCX, lantaran jantung mekanisnya lebih kecil. Tapi manufaktur berlogo huruf S punya model yang lebih besar, Burgman 200. Pada 2000-an, Suzuki pernah menawarkan Burgman 200 sebagai unit impor CBU. Namun kurang diminati, lantaran kala itu banderolnya terbilang tinggi. Dan motor skutik bongsor belum populer bagi masyarakat sini.


Sementara kalau mau berandai-andai sekaligus berharap, Suzuki bisa menyiapkan Burgman 150 untuk langsung menghantam NMax dan PCX. Boleh juga bermimpi ada Burgman 250 agar bisa mengacaukan pasar Yamaha Xmax dan Honda Forza. Sah-sah saja punya harapan seperti itu. 


Tapi pada akhirnya, jawaban untuk pertanyaan motor baru Suzuki 2020 di Indonesia adalah "tinggal menunggu waktu saja." Padahal, kalau melihat performa penjualan roda dua yang diklaim positif, kesempatan untuk menyajikan produk baru sewajarnya lebih lancar.


Penjualan Positif pada 2019


Capaian Suzuki Indonesia untuk sepeda motor pada 2019 tercatat positif. Bahkan masih menduduki tiga besar Agen Pemegang Merek (APM) di data resmi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Penjualan mampu dipertahankan, berkat berbagai strategi yang dilaksanakan.


Suzuki NEX II sokong jualan Suzuki 2019


Adapun pada 2019, SIS memperoleh angka penjualan wholesales kendaraan roda dua sebesar 71.861 unit. Ini didominasi oleh model Nex II dan Satria F150 yang berkontribusi sebesar 78 persen dalam penjualan nasional. Motor ikonik Satria F150 masih sangat diminati, bahkan mengalami peningkatan 33,4 persen dibanding 2018.


Raihan gemilang itu tak cuma disebabkan produk mumpuni yang ditawarkan. Tapi Suzuki Indonesia turut menyajikan produk baru sepanjang 2019. Mereka dinilai dapat menarik minat konsumen Tanah Air. Detailnya, yakni GSX-R150 Matte Red Edition, GSX-R150 new feature and color 2019, GSX-S150 new feature and color 2019, Address new color 2019, Address Playful new color 2019, Nex II Cross, Nex II new color 2019 dan Satria F150 new color 2019.


Tak hanya itu, ketersediaan purnajual juga menjadi faktor pendorong capaian positif. Melalui layanan yang maksimal, Suzuki Indonesia berhasil mendapat kepercayaan konsumen. Saat ini, sudah ada 328 outlet tersebar di seluruh Indonesia. Mereka pun mencatat sebanyak 576 ribu motor melakukan perawatan di bengkel resmi outlet. Besarnya minat pelanggan didukung beragam program dan layanan yang dilaksanakan, seperti servis dan gratis biaya jasa di 66 bengkel resmi, 20 titik posko Bengkel Siaga Lebaran, hingga training safety riding. (Hfd/Tom)


Baca Juga: Jaga Kualitas Produk, Pabrikan Recall Suzuki Address FI