jakarta-selatan
kali dibagikan

Pilih Yamaha Aerox 155 Standar, R atau S-Version?

  • 05 Jan, 2018
  • 117511 Kali Dilihat

Yamaha Aerox 155, salah satu tunggangan favorit konsumen. Data Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI) membuktikan, skutik ini sanggup masuk delapan besar motor terlaris selama 2017. Angka distribusinya mencapai 140.831 unit dari Januari sampai November tahun lalu.


Meski begitu, keputusan untuk membeli Aerox tetap tidak mudah. Lantaran masih ada tiga varian, yang bisa membuat Anda bingung mementukan pilihan : Standar, R dan S-Version. Apa perbedaan ketiganya? Varian mana yang paling tepat untuk dipilih? Simak bahasan berikut:


1. Aerox 155 Standar


Yamaha Aerox 155


Ini basis untuk Yamaha Aerox 155 yang lain. Harganya paling murah, cuma Rp 22,85 juta (OTR Jakarta). Tubuhnya memiliki banyak lekukan dan desain buntut menukik ke atas, semakin memperkuat karakter sportifnya. Pilihan warna ada tiga : hitam, merah dan kuning.


Soal fitur, varian standar dilengkapi lampu depan LED hemat daya. Panel instrumennya LCD berukuran 5,8 inci. Tidak ketinggalan ada electric power socket yang berguna mengisi daya baterai smartphone selama berkendara. Kapasitas bagasinya mencapai 25 liter, bisa memuat helm full face serta berbagai peralatan berkendara : jas hujan, sarung tangan dan lain-lain. Kekurangannya, ren belakang belum cakram. Bobotnya juga cukup berat, 116 kg. Kapasitas tangki bahan bakarnya pun tergolong kecil bila dibanding kompetitor, hanya 4,6 liter.


Dibekali jantung mekanis berkapasitas 155,1 cc, Aerox mampu memuntahkan torsi puncak 13,8 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 14,95 PS pada 8.000 rpm. Yamaha juga memberi teknologi variable valve actuation (VVA) agar performa terbaiknya dapat terjaga di setiap rentang putaran mesin.


2. Aerox 155 R-Version



Banderolnya Rp 24,05 juta (OTR Jakarta). Kelebihan R-Version dibanding varian standar, suspensi belakangnya pakai jenis tabung untuk memberikan bantingan lebih berkualitas saat melewati jalan tidak rata. Selain itu, penggunaan rem cakram bergelombang di roda depan, diklaim mampu menghentikan laju Aerox lebih baik.


Tersedia juga balutan cat Movistar, khas motor balap Yamaha di MotoGP untuk varian R-Version ini. Hanya saja harganya beda. Lebih mahal Rp 200 ribu, menjadi Rp 24,25 juta (OTR Jakarta).


3. Aerox S-Version


Yamaha Aerox 155


Aerox tipe tertinggi ini, harganya mencapai Rp 27,2 juta (OTR Jakarta). Paling mahal dibanding varian lain. S-Version punya kelebihan fitur berlimpah. Tambahannya ada rem anti-lock braking system (ABS) untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Ada pula stop & start system (SSS) yang mampu menghemat konsumsi bahan bakar, dengan cara mematikan mesin secara otomatis saat skutik berhenti lebih dari lima detik.


Fitur lainnya, Yamaha memberikan smart key system yang terintegrasi dengan teknologi keyless. Tidak ketinggalan tersedia juga answer back system untuk memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Cara kerjanya cukup tekan tombol yang ada di remote, maka Aerox memberi tahu lokasinya dengan menyalakan lampu dan mengeluarkan suara.


S-Version juga punya tampilan berbeda dibanding varian lain. Pabrikan garpu tala memberinya bodi tanpa stiker alias polos. Tubuhnya hanya dibalut kombinasi dua warna : abu-abu dan putih, serta abu-abu dan biru.


4. Simpulan


Dari ketiganya, cuma Aerox 155 varian standar yang punya harga kompetitif bila dibanding dengan banderol kompetitior. Sebagai gambaran, skutik sekelasnya, Honda Vario 150 eSP dijual Rp 21,175 juta (OTR Jakarta).


Meski demikian, menurut kami varian Aerox 155 R-Version yang paling tepat untuk dipilih. Soal harga, cuma beda tidak sampai Rp 2 jutaan dari standar. Tapi sudah dapat suspensi belakang jenis tabung yang membuat rasa berkendara lebih nyaman dan tampilan lebih kekar. Apalagi jalanan Jakarta tidak semuanya mulus.


Sementara pilihan S-Version agaknya kemahalan, beda hampir Rp 5 juta dibanding varian standar. Fitur smart key system dengan immobilizer di dalamnya, memang mampu mencegah maling. Tapi soal keamanan, Anda bisa menggantinya dengan modifikasi pakai alarm atau menambahkan kunci ganda saat parkir.


Hanya ABS yang cukup sulit digantikan. Tapi harusnya, ini jadi pekerjaan rumah Yamaha dalam menyediakan motor yang punya fitur keselamatan lengkap, meski di varian termurah. Harapan kami, Aerox di masa mendatang sudah seluruhnya dibekali ABS dan rem cakram belakang. (Lodra/RS)


Baca juga: Yamaha Aerox Monoshock, Juara CustoMAXI Banjarmasin

Harga dan Promo Varian Aerox 155VVA

  • Standard | Rp 23 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 2 Juta
    Angsuran Rp 1 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • R-Version | Rp 25 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 2 Juta
    Angsuran Rp 1 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo
  • S-Version | Rp 27 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp 3 Juta
    Angsuran Rp 1 Juta
    Tenor 35 Months
    Lihat Promo

Video Yamaha Aerox 155VVA

Lihat video terbaru Yamaha Aerox 155VVA untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi