Perbedaan Yamaha MX King 150 vs Jupiter MX 150, Ada 12 Macam!

Perbedaan Yamaha MX King 150 vs Jupiter MX 150, Ada 12 Macam!

Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150, dua motor bebek yang berbagi platform. Mulai dari tipe rangka backbone, suspensi depan teleskopik dan belakang monoshock, sampai kapasitas mesin 150 cc.

 

Performa jantung mekanis keduanya juga sama. Depot daya satu silinder SOHC berpendingin cairan, sanggup mengeluarkan torsi puncak 13,9 Nm pada 7.000 rpm dan tenaga maksimal 15,36 PS pada 8.500 rpm. Sistem transmisi 5-percepatan dijadikan sebagai padanan.

 

Meski banyak kemiripan, namun Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150 tetap saja dua motor berbeda. Bila dihitung ada 12 hal yang membedakan si kembar. Apa saja?

1. Lampu Posisi LED

Yamaha MX King MOvistar

Perbedaan pertama, lampu posisi LED di tameng depan MX King 150. Desainnya terinspirasi lampu yang ada di motor sport terbaik milik Yamaha, R1. Sementara Yamaha Jupiter MX 150 tak memiliki lampu posisi, sehingga tampilan tamengnya polos.

2. Tuas Rem dan kopling

Yamaha Jupiter

Materialnya sama, tapi balutan warnalah yang membedakan. Pada MX King 150 dicat hitam, Jupiter MX 150 kelirnya silver.

3. Lampu Depan

Yamaha MX King

 

Keduanya belum dibekali lampu depan LED, namun khusus MX King 150 sudah pakai halogen HS1. Tetap tak bisa menyamai kelebihan lampu LED yang hemat daya dan terang. Tapi, setidaknya, halogen lebih baik dibandingkan bohlam biasa layaknya kepunyaan sang saudara kembar.

4. Desain Lampu Sein Belakang

Dalam rangka menambah kesan sportif, MX King 150 dibekali lampu sein berbentuk runcing. Di sisi lain, kembarannya tetap mengandalkan bentuk oval.

5. Jahitan Jok

Kesan polos dan apa adanya ditampilkan dari jok Jupiter MX. Berbeda dengan saudaranya yang dibekali pola jahitan, sehingga kesan mahal lebih terasa.

6. Panel Istrumen

Instrumen MX King

Fitur Hi Buddy menempel di panel instrumen MX King 150 untuk menyapa pengendara saat mengaktifkan mesin. Bahkan kata "buddy" juga bisa diganti dengan nama Anda supaya terkesan lebih akrab. Berbagai fitur lain juga menyertainya: kecepatan, putaran mesin, gigi netral, termasuk pengukur konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh dan lain-lain.

Sementara Jupiter MX tidak memiliki Hi Buddy. Fiturnya juga lebih sederhana, cuma pengukur kecepatan, putaran mesin, odometer dan indikator gigi netral saja.

7. Warna Suspensi

Suspensi keduanya sama, tapi khusus MX King punya warna kuning di monoshock. Dengan kelir mentereng itu, tampilannya semakin sportif dibanding si adik yang cuma mendapat warna hitam.

8. Pinstripe Pelek

Ciri khas Jupiter MX, peleknya polos berwarna hitam dengan palang 10 berdesain bintang. Sebenarnya sang kakak juga punya tampilan pelek yang tidak beda jauh. Hanya saja, ditambahkan pinstripe mengelilingi peleknya sebagai detail.

9. Pijakan Kaki

Khusus MX King, pijakan kaki layaknya motor sport yang bisa terlipat. Berguna meminimalisir risiko patah saat motor terjatuh. Perbedaannya dengan Jupiter MX, memakai jenis paten (tidak bisa terlipat).

10. Kaliper Rem

Aura sportif memang ingin ditampilkan lebih di MX King. Maka Yamaha memberi kaliper rem carkam depan dan belakang warna emas. Si adik tidak mendapat keistimewaan itu, cuma diberi balutan hitam.

11. Pilihan Warna

JUpiter MX

Jupiter MX didominasi pilihan warna bodi dominan putih : white superior (putih kombinasi biru) dan black sniper (putih kombinasi merah). Cuma ada satu opsi hitam yaitu red corner (hitam kombinasi merah).

MX King 150

MX King kebalikannya, dominasi warna gelap. Grafisnya juga diminimalisir untuk meningkatkan aura mewah. Konsumen bisa memilih tiga cat bodi : matte red (merah kobinasi hitam), matte grey (abu-abu gelap kombinasi kuning) dan matte black (hitam kombinasi hijau terang).

12. Harga

Motor dengan fitur yang lebih banyak dan tampilan sportif, wajar jika dibanderol dengan harga tinggi. MX King dijual Rp 21,95 juta (OTR Jakarta). Sementara Jupiter MX 150 yang lebih polos dipasarkan Rp 18,9 juta (OTR Jakarta). (LOD/IND)

Baca Juga: Naik harga, Xmax tetap dijual online

Baghendra Lodra

Baghendra Lodra

Lodra adalah salah satu anggota tim termuda di oto.com. Meski demikian, pengalamannya di dunia jurnalistik tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia pernah bekerja untuk kantor berita Antara, dan memiliki gelar S2 di belakang namanya. Untuk mobilitas sehari-hari, Suzuki Address menjadi andalannya.

Baca Bio Penuh

Model Motor Yamaha

  • Yamaha Nmax
    Yamaha Nmax
  • Yamaha Fazzio
    Yamaha Fazzio
  • Yamaha Aerox Connected
    Yamaha Aerox Connected
  • Yamaha MX King
    Yamaha MX King
  • Yamaha Nmax Connected
    Yamaha Nmax Connected
  • Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
    Yamaha Grand Filano Hybrid Connected
  • Yamaha WR155 R
    Yamaha WR155 R
  • Yamaha Mio M3 125
    Yamaha Mio M3 125
  • Yamaha Fino 125
    Yamaha Fino 125
  • Yamaha XSR 155
    Yamaha XSR 155
Harga Motor Yamaha

IIMS 2024

Anda mungkin juga tertarik

  • Berita
  • Artikel feature
  • Yang Akan Datang
  • Kawasaki Ninja H2SX
    Kawasaki Ninja H2SX
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Yamaha Niken
    Yamaha Niken
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • Kawasaki Ninja H2R
    Kawasaki Ninja H2R
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BMW R 1200 GS 2024
    BMW R 1200 GS 2024
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan
  • BMW F 800 R
    BMW F 800 R
    Harga menyusul
    Perkiraan Diluncurkan Okt, 2024 Kabari Saya Saat Diluncurkan

Video Motor Yamaha Jupiter MX Terbaru di Oto

Oto
  • Yamaha MX King 150
    Yamaha MX King 150
    29 Mar, 2018 . 18K kali dilihat
Tonton Video Motor Yamaha Jupiter MX

Tren Moped

Artikel Motor Yamaha Jupiter MX dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Yamaha Segarkan Jupiter MX 135 Fi 2022, Tenaga Naik Tipis
    Yamaha Segarkan Jupiter MX 135 Fi 2022, Tenaga Naik Tipis
    Anjar Leksana, 11 Mar, 2022

Bandingkan

You can add 3 variants maximum*