MotoGP: Ini Sirkuit Mandalika di Lombok yang Sudah Disetujui FIM

MotoGP: Ini Sirkuit Mandalika di Lombok yang Sudah Disetujui FIM

Terungkap perjanjian antara Indonesia dengan Dorna Group. Balapan MotoGP dan kejuaraan dunia Motul FIM Superbike terselenggara pada tahun 2021. Lokasi sirkuit berada di Mandalika, kawasan wisata di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.



Penandatangan kesepakatan MotoGP dilakukan antara ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) dengan Dorna (pemegang hak komersial dan tayang MotoGP). MoU terjadi di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019. Dan dilakukan oleh Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna dan Abdulbar M. Mansoer, CEO ITDC. Seremonial disaksikan pula oleh Duta Besar Indonesia untuk Spanyol, Hermono M.A.


“Inilah sebuah proyek yang sangat unik. Sirkuit menggunakan jalan perkotaan, berkelas dunia. Apalagi MotoGP memiliki pengikut yang begitu besar. Indonesia adalah pasar utama bagi kami. Penggemar motorsport yang tinggal di sini dan atmosfer MotoGP akan semakin kuat, begitu sirkuit selesai. Juga, dengan memasukkan Lombok ke dalam kalender gelaran WorldSBK menjadikan penawaran ini lebih menarik. Penggemar lokal memiliki dua acara kelas dunia di lokasi itu sepanjang tahun,” papar Bos Dorna Ezpeleta.



Untuk diketahui, Sirkuit Mandalika bakal memiliki lintasan sepanjang 4,32 kilometer. Terdapat 18 tikungan dan hanya satu lintasan lurus. Konon model balapan yang digelar macam di sini sangat berbeda. Memadukan jalan raya (street circuit) sebagai tempat rider bertarung. Sirkut ini dibangun area paddock dengan 40 garasi untuk operasional tim-tim peserta. Lalu dicanangkan memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk penonton. Selain itu, ada 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites, yang mampu menampung 7.700 penonton.


Banyak manfaat jika sirkuit terealisasi. Acara ini bisa mendatangkan potensi pengunjung dan pengembangan wisata sekitar. “Kami sangat senang telah bermitra dengan Dorna. Senang bisa membawa acara olahraga motor kelas dunia ke Indonesia dan Mandalika di Lombok bersama-sama,” ucap Abdulbar M. Mansoer.



"Street circuit ini akan kami bangun dari awal. Tidak seperti yang ada di Singapura dan Monako. Di MotoGP juga belum pernah ada. Jadi, konsep kami murni street circuit. Ketika tidak sedang dipakai balapan, maka menjadi jalan (raya) kawasan biasa. Kami memperkirakan proses pembangunan sirkuit berjalan cepat. Hanya membangun jalan dan paddock,” imbuhnya.


Desain layout sirkuit Mandalika disetujui FIM Grand Prix Safety Officer, Franco Uncini. Sirkuit ini nantinya bakal dikerjakan oleh perusahaan asal Prancis. Adalah VINCI Construction Grands Projets, pengembang yang bergerak di bidang konsesi dan konstruksi. Area seluas 131 hektar disiapkan untuk membangun kompleks sirkuit. Investasi yang ditanamkan sebesar US$ 1 miliar, setara Rp 14 triliun. (Alx/Odi)


Sumber: Motorsport, Motogp


Baca Juga: MotoGP digelar di Indonesia, Haruskah Optimis atau Sekadar Lagu Lama?


 

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store