• Wishlist

Kawasaki Z900 2020 Makin Mahal, Ternyata Lebih Canggih

Kawasaki Z900 2020 Makin Mahal, Ternyata Lebih Canggih

Kawasaki Z900 2020 meluncur di India. Harganya ternyata melambung jauh dari model lama, padahal tak ada ubahan pada spesifikasi mesin. Namun jika menyasar pada terapan fitur, rasanya wajar bila Kawasaki mengerek naik banderolnya. Dia kini lebih canggih.


Usai perkenalan pertamanya di EICMA 2019, Kawasaki mulai menyebarkan generasi anyar Z900. India menjadi salah satu negara yang mendapat jatah. Sekilas pandang tak ada ubahan pada body work, masih tetap mengedepankan bahasa desain Sugomi. Sementara perbedaan terletak pada alokasi penerangan saja. Memakai lampu jenis LED, pun pada lampu sein.



Lantas, berapa harga Kawasaki Z900 sekarang? Menurut Zigwheels, ia kini dipasarkan mulai dari 850 ribu Rupee atau setara Rp 166 jutaan. Bandingkan dengan Z900 sebelumnya yang dijual Rp 150 jutaan. Tentu meningkat drastis, jika Anda sekadar merujuknya pada tampilan semata. Coba tilik dulu ke area kemudi. Ya, di sana sudah teraplikasi panel meter full digital. Ditampilkan pada layar TFT berukuran besar (10,9 inci). Tak ada lagi padu padan indikator analog-digital, seperti Z900 lawas.


Dari situ pula muncul keberagaman pada diri Z900 baru. Kini dia mendapatkan paketan elektronik, berupa mode berkendara dengan empat opsi: Sport, Road, Rain dan Manual. Tak cuma itu, geng hijau juga sudah mengaplikasi dua pilihan power mode - untuk mengatur besaran keluaran tenaga maupun torsinya. Kedua terapan itu melengkapi fitur kontrol traksi (Kawasaki Traction Control), yang menjadi ciri khas mereka.



Terapan ini penting, mengingat Z900 masuk dalam kategori moge. Jantung mekanisnya berkubikasi 948 cc DOHC dengan 4 silinder. Kemampuan si kuda besi mengail tenaga mencapai 123 Hp di 9.500 rpm, sementara torsinya maksimalnya 98,6 Nm/7.700 rpm. Memang tak ada yang berubah, performa itu hasil ramuan bore x stroke: 73.4 x 56.0 mm, rasio kompresi: 11.8:1 dan throttle body Keihin (DFI 36 mm). Makanya, fitur assist & slipper clutch masih dipertahankan guna meredam aksi liarnya.


Berita menariknya, Kawasaki sudah meningkatkan standar emisi gas buang Z900 menjadi Euro 4. Sementara itu, hal baru lainnya, melibatkan daya cengkeram roda ke aspal. Dengan harga yang lebih mahal tadi, pembeli Kawasaki Z900 2020 mendapatkan sepasang ban baru, Dunlop Sportmax Roadsport. Ban itu diklaim membuat posisi motor ajek, meski tengah bermanuver di jalanan basah. Cocok buat diajak turing. Ditambah lagi pihak pabrikan menambahkan Z900 fitur konektivitas gawai.



Aplikasi Rideology menjadi penghubung pemilik dengan motor. Dari apps ini dapat diketahui pula data fundamental dari Z900. Anda pun bisa merekam data sepanjang perjalanan. Selain total jarak tempuh dan kecepatan, tersaji pula catatan mengenai lean angle. Pengaturan riding mode pun dapat diatur dari ponsel. Lalu jika ada telepon dan email masuk, notifikasi bakal muncul di panel meter digital pada motor.


Mestinya, paket ini juga bakal datang ke Indonesia. Seperti kita tahu, PT Kawasaki Motor Indonesia menjadikannya sebagai salah satu lini di segmen moge. Z900 peruntukan Indonesia dipasarkan Rp 235 juta. Bisa Anda prediksi berapa besaran nominal yang harus dikeluarkan untuk meminang Z900 versi 2020. Apakah layak untuk dibeli? Kita tunggu kedatangannya. (Ano)


Sumber: Zigwheels


Baca juga: Inikah Lima Motor Baru Honda di 2020?