• Wishlist

Kawasaki Ninja ZX-10R Pakai Katup Variabel, Dongkrak Tenaga Hingga 203 PS

Kawasaki Ninja ZX-10R Pakai Katup Variabel, Dongkrak Tenaga Hingga 203 PS

Setelah Kawasaki memberi revisi untuk H2R, kini giliran Ninja ZX-10R dan ZX10-RR. Motor yang didesain para punggawa World Superbike (WSBK) itu, tampil dengan teknologi mesin baru. Pastinya membuat performa lebih buas dari sebelumnya.



Jantung mekanis ZX-10R anyar ditambahkan sistem katup variabel. Gunanya untuk meningkatkan performa, terutama di putaran mesin atas. "Katup variabel berjenis finger-follower menawarkan 20 persen pengurangan bobot di sistem katup. Sekaligus menjadikan profil cam semakin agresif, sehingga berkontribusi pada peningkatan tenaga maksimal hingga 3 PS," seperti dikutip laman resmi Kawasaki Inggris Raya.


Tadinya cuma 200 PS, tenaga ZX-10R meningkat jadi 203 PS. Revisi lain, carbon coating di area mesin, yang berguna mengurangi tingkat keausan. Tak ketinggalan motor sport model 2019 ini, bakal menggunakan kepala silinder yang sama dengan Ninja ZX-10RR. Perubahan itu bisa dilihat dari kover kepala silinder yang dicat merah.



Soal konfigurasi mesin masih sama. Berkapasitas 998 cc empat silinder segaris DOHC dengan pendingin cairan. Sistem transmisi tetap enam percepatan, namun dengan tambahan teknologi dual-direction Kawasaki Quick Shifter (KQS). Fungsinya memudahkan perpindahan gigi tanpa menekan kopling. "Didesain untuk gaya berkendara sportif, KQS bisa digunakan di atas 2.500 rpm," jelas situs Kawasaki.


Geng hijau juga menyediakan varian ZX-10R SE bagi Anda yang ingin tampil beda. Huruf SE di belakang namanya, menandakan ini edisi spesial. Keistimewaan datang dari penggunaan cat baru nan unik, diklaim mampu menghilangkan baret dengan sendirinya. Menarik bukan?



ZX-10RR dapat penyegaran beda lagi. Batang pistonnya kini pakai material titanium, mengadopsi dari teknologi mobil balap Formula dan industri pesawat luar angkasa. Titanium berkontribusi pula pada peningkatan 600 rpm rev limit, serta penambahan tenaga jadi 204 PS tanpa ram air. Momen inersia juga berkurang 5 persen, efeknya handling lebih mudah sehingga pengendara lebih mudah masuk ke tikungan. Menariknya lagi, kuda besi ini hanya diproduksi terbatas untuk 500 konsumen.


Dari tiga produk di atas, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sejauh ini cuma menjual ZX-10R. Meski begitu, tak menutup kemungkinan tahun depan model-model lain juga ikut dimasukkan ke pasar tanah air. Berapa kira-kira harganya? sampai sekarang memang belum ada banderol resmi. Sebagai gambaran, ZX-10R model sebelumnya dijual Rp 460 juta (OTR Jakarta). Versi terbarunya pasti lebih mahal, namun harapan kami gapnya tidak terlalu jauh. (Lod/Odi)


Baca Juga: Kawasaki Buka Showroom Dekat Monas, Berkonsep Museum

Jelajahi Kawasaki Ninja ZX10-R

Bandingkan & Rekomendasi