Indonesia Jadi Tuan Rumah Balap Dunia Motocross MXGP, Digelar di Sumbawa Juni 2022

Indonesia Jadi Tuan Rumah Balap Dunia Motocross MXGP, Digelar di Sumbawa Juni 2022

Kejuaraan balap motor bertaraf internasional kembali digelar di Indonesia. Kali ini event motocross MXGP dipastikan bakal dihelat di Sirkuit Somata, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 24 hingga 26 Juni 2022 mendatang.

KEY TAKEAWAYS

  • MXGP di Indonesia

    Direncanakan berlangsung di di Sirkuit Somata, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB)
  • Jadwal MXGP di Indonesia

    Rencananya dihelat pada 24 hingga 26 Juni 2022
  • Dipilihnya Sumbawa sebagai lokasi gelaran MXGP melengkapi prestasi kesanggupan Indonesia menggelar kejuaraan balap dunia. Sebelumnya Lombok, NTB sukses menghelat balap elite MotoGP, Asia Talent Cup, dan kembali ditunjuk sebagai tuan rumah balap World Superbike (WSBK) di November 2022.

    Sekadar informasi saja MXGP bukan event baru bagi Indonesia. Debutnya dimulai pada 2017 lalu di Pangkal Pinang, Provinsi Belitung. Kemudian berlanjut hingga 2019, namun sayangnya sempat vakum 2 tahun (2020-2021) akibat pandemi COVID-19.

    MXGP

    Baca juga: Nomor Balap 46 Milik Valentino Rossi Dipensiunkan, Pembalap Lain Dilarang Pakai

    Gubernur NTB Zulkieflimansyah menjelaskan alasan Somata Sumbawa dipilih sebagai lokasi balap garuk tanah karena wilayah inimemiliki integrasi dari 3 kawasan yang eksotis. Samota sendiri adalah akronim dari Saleh, Moyo, dan Tambora yang diharapkan bisa meningkatkan perekonomian serta wisata setempat.

    "Dengan komitmen pemerintah daerah kabupaten Sumbawa dan pemerintahan Provinsi NTB, dan dukungan IMI (Ikatan Motor Indonesia) yang luar biasa kami yakin mudah-mudahan MXGP mampu menyuguhkan petualangan yang hebat," kata Zulkieflimansyah.

    Sementara itu Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo juga mengatakan Sport Talenta Indonesia selaku promotor sedang mengebut penataan jalur trek dan space yang masing-masing sudah selesai 30 persen. Adapun untuk infrastruktur penguatan jaringan listrik oleh PLN dan penyempurnaan jalur jaringan serta transfer layanan telekomunikasi oleh Telkom sudah rampung di 50 persen.

    MXGP

    "Akomodasi progres 50 persen dengan ketersediaan 922 kamar dari hotel bintang 4 hingga non bintang di Kabupaten Sumbawa," kata Bamsoet, panggilan karibnya.

    Lebih lanjut dia menjelaskan, menyoal perizinan kejuaraan balap dunia MXGP di Indonesia progresnya sudah 30 persen. Surat Rekomendasi izin keramaian dari Polres setempat juga diterima yang kemudian diteruskan ke Polda dan Mabes Polri.

    "Gairah kegiatan motor dan otomotif di Indonesia semakin meningkat. Ini membuktikan gerakan ekonomi benar bergerak tinggi dan juga sektor promosi pariwisatanya menjangkau hampir seluruh dunia. Sebanyak 1,6 miliar mata tertuju saat MotoGP di Mandalika dan tentu kita harapkan juga miliaran mata tertuju juga di Samota Sumbawa," pungkasnya.

    MXGP

    Harga Tiket Mulai Rp100 Ribu

    Terkait penjualan tiket resmi rencananya baru akan dibuka pada awal Juni mendatang. Menurut Rangga Siswara selaku CFO Rocket Motor Company mengatakan banderol tiket MXGP di Sumbawa akan dijual mulai Rp100 ribu.

    "Untuk harga pembuka di Juni nanti akan dijual Rp 100 ribu. Nanti ada 3 kelas yakni Festival, VIP, dan VVIP. Kami juga bekerja sama dengan ticket provider yaitu Tiket.com dan akan dibuka di Juni dengan sistem penjualan daily (harian) di Jumat, Sabtu, dan Minggu," pungkas Rangga. (Kit/Tom)

    Baca juga: Sirkuit Losail Qatar Tidak Jadi Pembuka MotoGP 2023, Diganti Mandalika?

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Motor Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Motor

    Artikel Motor dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature